The 3 Sides of Me

Satu hal yang manis dari seluruh proses naik-turun dan penuh pertimbangan finansial melawan Bipolar adalah menjadi lebih dekat dengan keluarga, lebih dari sebelumnya. Sesungguhnya kita bisa memberi nilai dari hal-hal sederhana seperti menghargai keterbukaan dan sikap saling mendukung. Dan itu mungkin salah satu kunci utama untuk menegakkan sebuah keluarga kecil sekalipun menjadi utuh.

Hikmah lain yang kudapatkan dari pengobatanku adalah buah baik yang sesungguhnya dari pengobatan itu sendiri, yang sebelumnya aku remehkan dan tidak pernah capai. Yaitu aku jadi tahu ‘kawasan mental’ mana yang harus kupilih untuk menjadi lebih positif (‘normal’) di sela-sela episode manik maupun depresi.

Selama menjalani hidup dengan dua kondisi Bipolar itu aku telah menciptakan kebenaran-kebenaran diri yang menyesatkan, dan tidak terbukti membuat hidupku menjadi lebih baik.

Namun setelah bertawakal menjalani pengobatan, aku mulai membuka mataku pada kondisi ketiga yang ternyata adalah kondisi normalku yang sesungguhnya. “Si putih” yang netral dan tenang dan merupakan tujuan yang selama ini aku ingin capai.

Sekarang aku tahu kemana harus memfokuskan energi, terutama di saat mengalami episode.

Aku tidak ingin lagi menjadi sosok dengan mata tertutup Two of Swords. Aku telah mengalami beberapa Death (transformasi) dalam hidup dan aku ingin melanjutkan hidup yang seimbang antara The Moon (otak kanan) dan The Sun (otak kiri) selama berapapun sisa hidupku di bumi ini.

Aku sadar akan visi itu sebab di kehidupan baruku ini, apapun keadaannya, sekalipun yang terburuk, selalu ada The Star… Harapan.

6 pemikiran pada “The 3 Sides of Me

  1. Setuju gan… terbuka, jujur, dan saling mendukung terutama sahabat dan keluarga adalah nilai penting dalam kehidupan.
    Kita belajar segala sesuatu dari pengalaman-pengalaman hidup kita dan itu semua akan menempa kita menjadi lebih matang dan lebih dewasa…. (^.^)
    Makasih gan sudah berkunjung di blog saya…
    Boleh saya menaruh link blognya di website saya?

    Salam

    Ivan
    http://ivanprakasa.wordpress.com/

  2. Ping-balik: Surat Dokter « The Moon Head

  3. Ping-balik: Merindukan Passion | The Moon Head

Tulis Komentar

