Bisakah Bipolar Dan Skizofrenia Sembuh Total?

Aku sangat terinspirasi sekaligus termotivasi ketika membaca post di blog curhat-nya mas Tarjum yang berjudul Gangguan Bipolar dan Skizofrenia Bisa ‘Sembuh Total’!

Tidak berlebihan jika aku katakan Mas Tarjum adalah salah seorang ‘tokoh’ Bipolar yang berprestasi. Kenapa berprestasi? Karena dia mampu mengubah pengalamannya ketika menderita Bipolar semasa remaja menjadi berkah dan dedikasi yang patut diacungi jempol sebagai caregiver bagi para ODB dan penderita penyakit mental lainnya. Dia bahkan sudah menerbitkan buku memoar tentang pengalaman hidupnya yang diterbitkan oleh Gramedia! :D

Motivasi dan doa itu sebenarnya sama kuatnya jika kita meyakini apa yang kita katakan dan harapkan. Ungkapan “Anda adalah apa yang Anda pikirkan” bukan sekedar ungkapan kosong. Meyakini sesuatu membuat kita mengambil tindakan dan pilihan yang mengarahkan kita pada tujuan yang kita tanamkan dalam motivasi.

Sama seperti ketika kita membuat gambaran mental untuk mengambil gelas saat ingin minum. Kan nggak mungkin pada akhirnya kamu malah ngambil piring atau garpu. (Iseng banget kalo gitu mah, hehehe :D) Kalo gelas itu ada diatas meja, maka kamu tentu mengambil jalan menuju meja. Kalo gelas itu ada di rak, maka kamu akan mengambil jalan menuju rak. Rutenya jelas berbeda, sesuai dengan letak obyek yang kita tuju. Sama dengan motivasi dan keyakinan. Kalau seorang penderita Bipolar ataupun Skizofrenia yakin bisa sembuh, maka orang itu akan mengambil jalan dan cara-cara yang memungkinkannya untuk hidup lebih baik dan lebih sehat.

Sudah umum diketahui bahwa Bipolar dan Skizofrenia tidak bisa disembuhkan secara permanen, hanya bisa dikendalikan dengan pengobatan dan metode perawatan yang tepat. Kecuali mungkin melalui cara yang lebih ‘luks’ jika seseorang tidak memiliki batasan dalam biaya, misalnya operasi syaraf atau prosedur medis lainnya. Tapi bukan itu intinya.

Yang terpenting adalah meyakini bahwa kita bisa sembuh dan membangun hidup yang lebih baik,  yang menghebatkan diri sendiri serta orang-orang dalam kehidupan kita. Aku sudah pernah bercerita bagaimana dedikasi dokerku yang begitu hebat saat beliau mau melayaniku meski saat itu hari libur. Dokter selalu memberikan semangat dan keyakinan bahwa aku bisa sembuh. Dia terus mengatakan bahwa aku “bukan ketergantungan sama obat, tapi belum sembuh!” Psikiater merawat pasien-pasiennya seperti merawat burung yang terluka dengan penuh perhatian dan dedikasi. They know what they’re doing. Saat mereka menurunkan derajat kekhawatiran kita tentang hal-hal negatif yang kita rasakan, itu yang membuat kita bisa membayangkan bahwa suatu hari kita akan bisa sembuh seperti burung yang terbang bebas setelah sembuh dari lukanya.

Jadi, bisakah seseorang sembuh total dari Bipolar dan Skizofrenia? Itu adalah pilihan. Pilihan yang dapat mengubah caramu memandang dan menjalani hidup selamanya. Sembuh adalah tujuan. Maka yakinkan dirimu untuk memilih tujuan yang benar. :)

[Lihat link grup Facebook yang dibuat sebagai wadah curhat bagi para penderita Bipolar (dan umum) di menu Komunitas & Support diatas halaman blog ini.]

About these ads

14 pemikiran pada “Bisakah Bipolar Dan Skizofrenia Sembuh Total?

  1. Assalamualaikum, Salut buat anda yang terus berjuang, semoga Allah memberi kebaikan untuk anda sekeluarga.
    1. yakinlah setiap penyakit pasti ada obatnya.
    2. sesungguhnya Allah menciptakan segala sesuatu ini bukan dengan sia-sia (tanpa manfaat). QS Ali Imron : 191
    Wa Allahu a’lam

    • Wa’alaikumsalam. Ammiin. terimakasih atas dukungannya. :)
      ya, saya yakin semua cobaan hidup manusia, apapun bentuknya tidak lain tujuannya adalah agar kita mendekatkan diri kepada-Nya. karena Dia-lah sumber segala hal. dan bantuan serta kesembuhan penyakit bukanlah hal sulit bagi-Nya. :)

    • setuju mbak fitri. saya rasakan kondisi saat shalat dan beribadah itu emang beda. seolah-olah seharusnya semua orang merasakan kestabilan semacam itu sepanjang waktu. Subhanallah. :)

  2. apakah penyakit mental seperti schizo dan bipolar bs diatasi dgn obtan dan brapa lama pengobatanx, nb: maaf klu blh tau dari prtama abang chandra konsumsi obtx brpa x brapa smpai skrg coz sy jg mengalami hal serupa. tks

    • panggil aja saya Ilham. nama chandra cuma sementara saya pake. hehe.
      wah kalo soal lamanya sih nggak tentu ya. bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. emang mesti sabar.
      seringnya saya minum 1×1 aja. dan obatnya cuma dua-tiga macem.
      semuanya kembali ke dokternya bagaimana menganalisa kondisi akasa. dokter pasti melakukan penyesuaian dan nggak jarang mencoba obat-obat yang berbeda yang dinilai lebih cocok. tergantung perkembangan kitanya. kira2 begitu. trims.

  3. insya allah semua penderita bipolar bs sembuh bl ada dukungan’ mau berobat dan disiplin makan obat seperti putri sy tercinta,amin

  4. Apakah penyakit skizofrenia jg akan bsa sembuh, seperti penyakit bipolar? Berapa lama pengobatan bipolar agar bisa sembuh total tanpa kambuh?

    • Saya kurang tahu pastinya, mbak. Minimal berbulan-bulan hingga tahunan. Pengobatan untuk bipolar apalagi skizofrenia memang nggak bisa sebentar.

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s