Apa Idemu Untuk Fasilitas Pendidikan Yang Menyenangkan?

Waktu ngeliat postingan di blognya mas ded, aku terinspirasi dan bertanya-tanya… Kapan yah Indonesia punya banyak museum sekeren itu?

Mungkin sekarang udah ada beberapa taman hiburan atau tempat rekreasi edukatif yang jadi tempat belajar yang menarik bagi anak-anak. Tapi mungkin belum banyak.

Untuk itu aku punya beberapa ide yang aku harap semoga ada di museum-museum Indonesia di masa depan. Inti dari ide-ide ini adalah membuat museum yang lebih interaktif, sehingga lebih banyak melibatkan pengunjung/anak-anak. Jadi, nggak pasif dan museum gak jadi sekedar pajangan dengan label keterangan.

Menulis ulasan

Yang pertama, anak-anak disuguhkan dengan tontonan dalam bentuk kartun, lalu disuruh menuliskan ulasannya dalam beberapa kalimat atau paragraf. Karakter mana yang menjadi favorit mereka dan mengapa. Apakah kejadian dalam cerita tersebut pernah terjadi padanya atau temannya, dan sebagainya. Kemudian, hasil tulisan mereka akan dipublish di website museum sehingga semua orang, termasuk orangtua dan guru mereka bisa membacanya.

Permainan edukatif

Membuat game atau permainan-permainan yang edukatif. Misalnya Preshistoric Quest, dimana anak-anak harus mencari telur-telur dinosaurus dan mengembalikannya ke sarang sesuai dengan jenis-jenis dinosaurusnya. Velociraptor, Pterodactyl, T-Rex atau Spinosaurus. Hadiahnya adalah bingkisan berbentuk dinosaurus.

Kirim informasi online

Guru pendamping bisa memberi tugas untuk anak-anak menuliskan apa saja yang dilihatnya dan dipelajarinya dari museum. Supaya tidak repot, anak-anak bisa menuliskannya di semacam ruang multimedia dengan komputer yang online, dan mengirimkan informasi yang mereka butuhkan ke email atau akun facebook mereka. Plus mengupload foto-foto mereka dengan teman-temannya dengan fasilitas bluetooth.

Merekam aktivitas

Guru atau pembimbing bisa merekam segala aktivitas murid-muridnya selama di museum dengan kamera tangan yang disediakan oleh pihak museum. Lalu diberi pilihan untuk membawa pulang hasil rekamannya dalam bentuk CD atau file. Tentunya dengan tarif tertentu.

Terakhir, untuk meng-cover semua kemajuan yang bukan tidak mungkin ini, yang pasti kita butuh dana. Karena itu diharapkan pemerintah Indonesia ikut merasa excited dengan ide-ide ini. Tujuannya toh demi kelangsungan usaha untuk mencerdaskan anak bangsa.

Mirado Interactive Museum

Kalau mau dipikir berbagai pertimbangannya, dananya dari mana, apa yang lebih penting untuk didanai, tentu daftarnya nggak akan selesai-selesai. Jika pemerintah mau dan memahami ‘bobot’ dari ide-ide kreatif seperti ini dalam fasilitas pendidikan di Indonesia, pasti ada aja jalannya yang bisa diusahakan. Dimana ada kemauan, pasti ada jalan, right?

Aku juga pengen kunjungan ke museum jadi kegiatan rutin dalam agenda pendidikan di sekolah-sekolah di Indonesia, seperti di luar negeri. Kita doakan saja semoga ini terwujud.

Sebab aku percaya, anak-anak butuh diperkenalkan dengan standar ilmu pengetahuan yang lebih baik agar mereka memiliki visi yang lebih tinggi, bigger dreams dari yang pernah mereka pikirkan. Jika anak-anak ditunjukkan bahwa ada banyak hal menakjubkan di dunia ilmu pengetahuan, khususnya sains dan teknologi, aku yakin mereka akan mulai berpikir bahwa mereka bisa melakukan hal yang sama bagus atau bahkan lebih baik dari yang sudah ada.

Jika kamu diberi kesempatan untuk melakukan perubahan, apa yang akan kamu lakukan untuk menjadikan fasilitas pendidikan Indonesia lebih edukatif sekaligus menyenangkan?

About these ads

19 pemikiran pada “Apa Idemu Untuk Fasilitas Pendidikan Yang Menyenangkan?

  1. sebenarnya mas, kalau mau menciptkan yang kreatif itu tidak perlu terlalu mahal..
    karena yang dibutuhkan sebenarnya dalah bagiamana membuat suatu hal itu menarik untuk dipelajari bagi anak-anak :)

    • setuju. ada banyak cara kreatif agar proses belajar-mengajar bisa menarik. karena itu saya pengen agar kunjungan ke museum dan tempat2 edukatif lainnya bisa dilakukan secara rutin oleh pihak sekolah.yah seenggaknya dibudayakan sekali dalam satu tahun ajaran. biar anak2 makin terbuka wawasannya. :D

  2. apa ya….?
    mungkin para gurunya harus lebih kreatif lagi kali trus sekolahnya juga dibikin senyaman mungkin untuk para siswanya… :)

  3. Memikirkan ide mas Ilham dengan dinosaurus dan kecanggihan teknologi museum, saya jadi teringat film Terra Nova di FOX Channel setiap sabtu malam….. Saya sangat suka film itu, never miss it…

  4. ide tentang fasilitas pendidikan? saya pernah berfikir juga tentang ini, dan jawabannya: BLOG

    blog saya sendiri membawa misi pendidikan loh, gak formal, tapi posting saya (diusahakan) mengambil pelajaran dari sesuatu, biasanya anime dan manga

    itu sebabnya saya berpindah topik blog dari tema game dan teknologi saat menggunakan incredibleangga.com (udah deadlink) menjadi tema yang seperti sekarang (selain alasan laen juga sih :P)

    simple idea isnt it? :)

    • yap, aku juga suka niche yang diangkat blognya angga. aku jadi tau tentang anime-anime keren diluar sana karena aku kurang ngikutin perkembangan anime. mengesktrak pelajaran dari berbagai hal memang lebih bikin karya-karya tulis kita jadi lebih ‘penuh’, karena selain berbagi informasi juga memberikan semacam kontribusi bagi pembaca, membuat orang jadi berpikir dan merenung tentang hal2 yang terjadi dalam hidupnya.
      keep those simple yet great ideas coming! :)

    • yup setuju. karena ada sebagian murid yang punya rentang konsentrasi yang pendek. kegiatan belajar yang menyenangkan bakal bikin murid2 excited dan selalu bersemangat.

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s