Tahun Baru Dalam Pandangan Islam

Sebenernya postingan berikut ini udah lama aku tulis, tepatnya bulan Desember 2010 di blog lamaku. Tapi supaya memudahkan aku copas aja kesini. Hehe. :mrgreen:

Sebenarnya ini saya dapat dari khotbah Jum’at hari ini. Topiknya tentang perayaan tahun baru, dan bagaimana pandangan Islam tentang perayaan-perayaan yang sering dilakukan orang dengan cara hura-hura.

Intinya sih, dalam Islam nggak ada istilah merayakan tahun baru dengan cara-cara yang kita kenal sekarang; seperti pesta-pesta, hura-hura, dan sebagainya. Mungkin agak terdengar fanatik, nggak modern dan sebagainya. Tapi ada alasannya mengapa Islam tidak menganjurkan budaya barat ini.

Resolusi HARIAN

Tahun baru umat Islam jatuh pada tanggal 1 Muharram penanggalan Hijriah (1 Desember lalu), dan tidak ada, dalam Islam, ajaran maupun kebiasaan merayakannya seperti merayakan tahun baru Masehi. Kenyataannya, Allah SWT mengajarkan umat Islam untuk melakukan evaluasi diri berdasarkan pergantian siang dan malam. Ini artinya, manusia haruslah menjadikan hari esok lebih baik dari hari ini dan hari kemarin. Jadi, kalau kita biasa membuat resolusi setahun sekali, dalam Islam kita membuat resolusi SETIAP HARI.

Waktu

Seperti yang disebutkan dalam surat Al-Ashr, bahwa orang yang tidak menghargai dan memanfaatkan waktu untuk kebaikan adalah orang-orang yang celaka dan merugi. Tapi ini jangan diartikan secara material, seperti kata-kata bijak “time is money”-nya orang barat. Kerugian disini jangan diukur dengan harta benda, melainkan dengan kemanfaatan diri kita bagi diri sendiri dan orang lain.

Sebagai perbandingan, Rasulullah, manusia yang memberikan begitu banyak manfaat bagi umat hanya diberikan waktu 63 tahun untuk hidup di bumi. Sementara banyak diantara kita yang diberikan ‘bonus’ hingga mencapai 100 tahun lebih, tapi belum tentu bermanfaat bagi orang lain.

Ada satu poin menarik tentang mengapa Allah SWT menyebutkan “Demi waktu ashar” pada awal surat tersebut. Alasannya, (ini dari Emak saya yang doi simak dari pengajian) karena waktu ashar adalah salah satu waktu shalat yang paling banyak ditunda-tunda orang dalam kehidupan sehari-hari.

Biasanya kita berpikir waktu ashar cukup panjang sehingga kita cenderung malas-malasan atau memilih meneruskan kesibukan saja dulu. Tapi, ujung-ujungnya malah nggak jadi shalat, karena keburu habis waktu. (Hahaha ini sih aku banget.)

Alasan kedua, (yang ini dari khotbah Jum’at-an yang aku denger tadi) ashar menyimbolkan masa usia manusia yang sudah menginjak paruh baya. Bahwa supaya kita jangan menunda-nunda bertobat dan berbuat baik karena merasa umur belum terlalu uzur.

Jangan sampai kita (pada akhirnya) tobat dengan motivasi yang salah; misalnya karena sudah terlalu tua untuk berjudi, terlalu tua untuk jadi maling. Naudzubillah. Jangan sampe deh kita begitu. Jangan sampe amal ibadah kita yang mungkin udah total banget pengerjaannya, tapi malah jadi nggak berkah.

Kesimpulannya:

  • Dalam Islam kita diajarkan untuk mengevaluasi diri setiap hari, bukan hanya di akhir tahun.
  • Hari esok harus lebih baik dari hari ini dan hari kemarin.
  • Jangan sia-siakan waktu sebelum terlambat.
  • Tidak ada gunanya kita merayakan pergantian waktu jika itu berarti kita merayakan hal-hal kurang baik yang kita lakukan di masa lalu.

Dalam Islam, waktu adalah ruh.

Karena itu kita harus menghargainya dan mengisinya dengan kebaikan. Bukan merayakannya.

Oke, aku nggak mau jadi perusak pesta. :oops: Tapi aku akan lebih senang jika kita, aku dan temen-temen sesama Muslim memahami dan mengamalkan hal ini. :)

About these ads

21 pemikiran pada “Tahun Baru Dalam Pandangan Islam

  1. “Tidak ada gunanya kita merayakan pergantian waktu jika itu berarti kita merayakan hal-hal kurang baik yang kita lakukan di masa lalu.”

    Betul banget. Selamat Tahun Baru 2012 buat mas Ilham sekeluarga…. Semoga sukses selalu

  2. Selama ini yang kita lihat pergantian tahun baru masehi lebih meriah dan spektakuler dari pada pergantian tahun baru hijriyah. Tentu saja ada beberapa pandangan tentang tahun baru ini. Hendaknya pergantian tahun baru diisi dengan hal-hal yang positif dan konstruktif. Tulisan yang menarik ini, ‘Tahun Baru Dalam Pandangan Islam’, menjadi bahan renungan bagi kita dalam mengarungi hidup ini. Salam sukses Sobat.

    • Alhamdulillah kalau tulisan ini bermanfaat. semoga kita diberi kelapangan dalam mengisi tahun ini dengan lebih banyak kebaika. salam sukses juga mas doni. :)

  3. malam tahun baru itu identik ma malam tanpa aturan
    1 . blokade jalan seenak udel
    2 . konvoi + blayer motor , berasa jalan punya emaknya
    3 . main petasan ma kembang api di jamnya orang tidur
    4 . merajalela-nya transaksi narkoba dan prostitusi

    yup , itu tujuannya Islam tidak mengajurkan hura-hura , karena emang seneng yang di dapat itu fana . selain itu ga ada manfaat ga ada faedahnya pulaa .
    #numpang ngomel :D

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s