Parallel Universe: Misteri Dunia Paralel

Dunia paralel atau parallel universe adalah satu bagian dari teori ‘perjalanan waktu’ yang membuat saya tertarik. Banyak para pembuat film yang menggunakan teori ini untuk menyajikan cerita yang menarik. Bagaimana seseorang menyaksikan diri mereka sendiri di kehidupan lain, dalam situasi-situasi yang berbeda, pekerjaan yang berbeda, dan sebagainya.

Kenapa cerita tentang dunia paralel menjadi favorit? Sebab hal itu memungkinkan pengarang cerita menciptakan banyak versi dan kehidupan dari tokoh yang sama.

Dunia paralel merupakan kemungkinan-kemungkinan yang bersifat kondisional. Ilmuwan percaya bahwa dunia paralel tercipta setiap saat bagi setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Dunia paralel menyimpan pilihan-pilihan yang tidak kita ambil saat ini.

Nyata dan tidak nyata

Dalam pandangan bahwa waktu hanya berjalan satu arah, jika kita melakukan perjalanan waktu ke masa lalu, dan membunuh kakek atau buyut kita, tentunya hal itu berakibat mencegah kelahiran kita ke dunia. Akan tetapi, jika kita tidak pernah ada, kita tidak akan pernah melakukan perjalanan kembali ke masa lalu untuk membunuh leluhur kita. Dan kemungkinan kita tetap akan lahir ke dunia. Itu menjadi semacam siklus-tanpa-akhir yang membingungkan.

Sementara, dalam pandangan yang meyakini akan adanya dunia paralel, perubahan yang kita lakukan di masa lalu tidak berdampak pada dunia dimana kita hidup, melainkan hanya pada dunia dimana kita melakukan tindakan.

Jadi, jika kita melakukan seperti contoh diatas, dengan membunuh leluhur kita di masa lalu, kita mencegah kelahiran ‘diri kita’ di dimensi tersebut, bukan di dunia yang sama tempat kita hidup.

Perjalanan waktu

Ada banyak teori dan penjelasan tentang perjalanan waktu.

Stephen Hawking meyakini adanya lubang cacing atau wormhole pada permukaan segala hal, termasuk ruang dan waktu. Lubang cacing ini yang ia yakini sebagai jembatan menuju ruang dan waktu yang lain. Seperti jalan pintas, atau lebih canggihnya semacam teleporter dan mesin waktu.

Teori fisika kuantum ini saya ingat pernah digambarkan dalam film The Last Mimzy. Ada satu adegan ketika Noah men-teleport kaleng soda keatas meja.

Dalam adegan itu digambarkan ruang (space) di sekitar mereka terlihat terhubung oleh semacam jaring-jaring tak-kasat-mata, atau dalam hal ini menggambarkan jalur-jalur lubang cacing.

Secara teori kira-kira seperti itulah fungsi lubang cacing-nya Stephen Hawking. Tak hanya tempat, lubang cacing bisa saja menghubungkan ke waktu yang berbeda. Namun diperlukan teknologi khusus agar lubang yang lebih kecil dari atom itu menjadi cukup besar untuk dilalui manusia.

Dalam hal dunia paralel, Hawking berkeyakinan bahwa dunia paralel itu memang ada, namun tidak sama dengan realita. Artinya, dunia paralel itu, menurutnya, hanya seperti pantulan cermin dari dunia yang kita tinggali, namun tidak nyata.

Sementara ilmuwan Jepang terkenal, Dr. Michio Kaku berpendapat bahwa dunia paralel itu nyata. Ia menggambarkannya seperti sisi luar dari sebuah kolam. Bagi ikan yang tinggal didalam air, ia tidak dapat melihat dunia diluar kolam tempat tinggalnya. Akan tetapi dunia lain itu ada dan si ikan dapat merasakannya melalui gelombang dan cahaya yang berasal dari darat.

Saya sendiri (ingin) percaya bahwa dunia paralel itu ada. Dan ia bersifat probabilitas kondisional. Tapi, bukan berarti bahwa setiap kejadian memiliki versi paralelnya. Dalam arti, kalau kita menyeberang jalan dan selamat, tidak berarti ada dunia paralel dimana kita menyeberang dengan tidak selamat, misalnya karena ketabrak mobil dan sebagainya. Kecuali ada pemicu yang memungkinkan hal itu terjadi. Misalnya kita menyeberang sambil maenin hape dan tidak berhati-hati. Di dunia yang kita jalani mungkin saja kita bisa menyeberang jalan dengan selamat, namun diri kita di dunia paralel mungkin tidak begitu beruntung.

Tapi, sekali lagi, itu hanya khayalan saya.

Walau pembuktian tentang dunia paralel belum bisa disediakan oleh dunia ilmiah, namun kita dapat memetik pelajaran seperti pentingnya merenungkan hal-hal yang bisa terjadi akibat tindakan kita. Dan juga bahwa segala hal bisa terjadi ketika kita menentukan tujuan dari tindakan tertentu. Jika kita memiliki keyakinan yang kuat dalam menetapkan tujuan dan cita-cita, apapun jalan yang akan kita pilih untuk dilalui, pada akhirnya kita tetap akan tiba di tempat yang kita inginkan. Insya Allah…

About these ads

77 pemikiran pada “Parallel Universe: Misteri Dunia Paralel

  1. “Jika kita memiliki keyakinan yang kuat dalam menetapkan tujuan dan cita-cita, apapun jalan yang akan kita pilih untuk dilalui, pada akhirnya kita tetap akan tiba di tempat yang kita inginkan” saya setuju gan dgn yang ini…………

  2. Tulisan yg keren. Kalo gak salah Jet Lee pernah main film yg ada dunia paralelnya yah. Suami saya suka sekali tema2 yg di tulisan ini, kalo ketemu kalian mungkin bisa diskusi seru :)
    Kalo saya, sebatas dengar dia cerita saja.

    Yg jelas bagi saya dunia paralel itu adalah dunia maya dan dunia ghaib…

  3. hmm seperti film cyborg girl ya robot dari masa depan
    doraemon pintu waktu
    sama film lorong waktu di indonesia

    hal tersebut masih belum saya mengerti bang, terkadang pemikiran manusia hanya mengira ngira saja – karena sesunggunya kita tidak mengetahui hal tersebut,
    dunia saya adalah dunia nyata dihari ini – gak mau mikir masa lalu gak mau pusing masa depan

    d(^o^”) – terima kasih infonya bang ilham :)

    • iya. bahkan sebenernya nggak semua ilmuwan setuju alias meragukan teori wormhole-nya stephen hawking. jagat raya ini sungguh menyimpan berjuta misteri karya Allah.. menakjubkan, sekaligus membingungkan. :?

  4. Dunia Paralel dan sejenisnya, saya yakin pasti ada, bisa di bilang, manusia tidak akan membuat fantasi seperti itu kalau tidak pernah meihat dan mengalami sesuatu seperti itu,contohnya manusia bisa membuat hewan2 fantasi, kalau mereka tidak pernah melihat apa bisa mereka menciptakan dan menggambarkan wujud mereka dengan sempurna itu… ^^ good lah, jempol buat dunia paralelnya!!!

    • yeah.. saya sendiri juga nggak tahu apakah ada hitung2an yang..inheren kali ya istilahnya…yang menjelaskan secara pasti keberadaan dunia paralel disamping dunia kita, ruang&waktu kita. tapi tetap merupakan pemikiran yang menarik dan inspiratif. thnx kunjungan dan komennya. :)

  5. Mungkin mirip juga dengan film favorite saya, the time machine, yang mengantarkan dia ratusan tahun kemasa depan. Tulisan-tulisan ataupun film-film misteri tentang waktu gini membuatku penasaran banget. Setidaknya kita mengambil hikmahnya, bahwa kita hidup dimasa kita, mereka hidup dimasa mereka, mereka melakukan yang terbaik dimasa mereka, kita juga harus melakukan yang terbaik dimasa kita.

    • iyah manusia selalu berusaha menembus batas rahasia alam. tapi setiap tindakan selalu ada konsekuensinya. kira2 mungkin itu yang mendasari konsep dunia paralel, dimana sebuah dunia paralel tercipta ketika seseorang dihadapkan pada pilihan tindakan. emang teori2 kayak gini nggak ada habisnya untuk dibikin cerita. :D

      • Kalau benar dunia paralel itu ada, berarti dunia paralel itu banyak sekali ya. Bayangkan kalau ada seseorang hari ini menyebrang jalan sambil main hape tetapi syukurnya dia selamat, sedangkan dia di dunia paralel mungkin ketabrak dan harus dibawa kerumah sakit, lalu mungkin saja di dunia paralel satunya lagi ketabrak lalu meninggal. Terus yang dirumah sakit tadi bisa saja tidak mendapatkan pertolongan dengan cepat lalu meninggal juga, atau mendapatkan pertolongan lalu bisa tetap hidup. Jadi dunia paralel itu pasti akan bercabang, lalu cabang itu membentuk dunia paralel lagi, begitu seterusnya sehingga membentuk cabang-cabang yang gak ada habisnya. Benar gak sob?

    • yang buat saya makin bingun nih gan gimana sih cara malikat pencabut nyawa bedaiinya padahal mereka punya DNA yang sama muka yang sama hanya berbeda di mensi dan setiap detik kehidupan kita dunia paralel terus terbetuk jadi saya punya kembaran banyak banget . dan berrti bahwa menciptakan manusia berbeda beda bentuk nya itu salah besar donk teorinya dan dan hal itu pun dapat kta temuka di hadist hadist nabi .

      • wakaka iya ya. mungkin di setiap dunia paralel cara mati kita beda-beda. atau mungkin dunia paralel itu hanya seperti riak air, jadi yang penting adalah sumbernya yaitu kita di dunia nyata. itu menurut bayangan saya doang sih.. :?

  6. Good blog bro..
    my question.
    Dalam dunia klenik di kenal dengan saudara kembar kita (ari-ari) banyak yang bisa berkomunikasi dengannya saudara tsb.
    apakah saudara tersebut berada di dunia paralel?

    • wah kalo itu saya lebih familiar dengan penjelasan tentang Qarin atau jin pendamping. dan seperti kita tahu jin itu yah adanya di dunia gaib alias dimensi yang berbeda. tapi mungkin bukan paralel. karena sepengetahuan saya dunia gaib bisa dijangkau melalui gelombang pada frekwensi tertentu. semoga bisa dipahami ya, maaf kalo kurang puas dengan penjelasannya hehe

  7. tapi kamu juga tahu kan bahwa dunia paralel itu berada 1 sumbu waktu dimana tempat kita hidup
    kalau kita merubah dunia paralel secara besar besaran tentu itu akan berpengaruh dengan dunia kita yang sebenarnya . selanjutnya masalah perjalanan waktu ke masa lalu nampaknya belum bisa di gunakan sekarang dengan berbagai alasan dari berbagai pihak , mulai dari kaum arabia sampai ke kaum bermata sipit alias china tentunya tidak menyetujui perjalanan waktu ke masa lalu karena mereka takut apabila waktu di terlalu bnayak berubah tentunya akan berpengaruh bagi dunia ataupun daerah mereka sediri

    • wah pemikiran yang bagus dan keren. :)
      kalopun itu memungkinkan, saya rasa teknologinya juga sangat dibatasi cuman bisa dipake sama pemerintah negara2 besar. kayak ceritanya om titor itu.

  8. Ping balik: Postingan dan Trafik | The Moon Head

  9. Jadi teringat dengan salah satu game playstation favorit saya Dino Crisis 2. Kembali ke masa lalu untuk memperbaiki ulah manusia masa depan yang menyelamatkan Dino dari kepunahan ternyata berdampak pada kepunahan manusia di masa depan. Sangat seru bermain game ini, bertarung dengan para Dino dengan menggunakan senjata-senjata canggih.

  10. Grandfather paradox memang berhasil dibantah sama teori many world interpretation yang diawali dari percobaan schrödinger ini, senada sama apa yg agan bilang di atas. Tapi ane juga belum terlalu percaya, karena semua itu masih berbau hipotesis, tapi tentang teori dunia paralel yg agan jelaskan tadi menurut ane agak gimana yaa.. Karena ane untuk persoalan ini sepandangan dengan omongan om Einstein yg waktu ntu keluar sebagai tanggapan atas teori ini, yaitu Tuhan tidak sedang bermain dadu dengan alam semesta… Hehehe

    • jadi tetap pilihan itu tergantung sama kita yang menjalani ya. dan sekali keputusan diambil, itulah bagian milik kita. alias nggak perlu menyesali pilihan lain yang tidak kita ambil. begitu bukan ya? :oops: jujur saya sendiri masih bingung. :mrgreen:

      • Betul, mungkin seperti itu mas ilham. Seperti dunia paralel, time traveler dan beberapa misteri yg berbau sains lainnya, ada beberapa hal yg tidak dapat dipecahkan oleh manusia dengan ilmu pastinya, apalagi dengan hanya berbekal senjata hipotesis atawa praduga. Waktu mungkin adalah salah satu rahasia Tuhan, dan itu terlalu agung untuk diketahui oleh manusia sebelum waktunya

  11. Artikel yang menarik, kemarin2 guru senbud d sekolah ngasih materi yg berhubungan dgn meta-fisika, fisika kuantum, dsb.
    Juga nyeritain kisah suku badui yg konon bisa transfer benda2 bahkan diri sendiri ke tempat lain dgn sgt cpat layaknya sinyal.
    Kebetulan juga pas browsing barusan jga nemu artikel tentang orang yg katanya berasal dari masa depan “John Titor”.
    Doi punya alat mesin waktu dan skemanya juga.

  12. kalo memang dunia paralel itu ada , berarti ilmuan2 yg berada di dunia paralel jga akan menyelidiki tentang dunia paralel juga ..
    dan ilmuan di dunia paralel itu mengira mereka lahh yg ada di dunia nyata !!
    dan kita yg berada di dunia paralel , kesimpulannya :

    SIAPA YANG BERADA DI DUNIA PARALEL , DAN SIAPA YG ADA DI DUNIA NYATA !!
    *membingungkan bukan ?? , apakah dunia paralel itu ada ??

    • haha pemikiran yang bagus. jangan2 kita tidak sadar sudah mengulang2 hal yang sama tanpa disadari, karena versi aslinya kita selalu mengubah keputusan. hihihi. saya tidak punya jawabannya. tapi yang penting, tetaplah penasaran, karena dari situ banyak inspirasi datang. thnx udah mampir, gan Hendra. :)

  13. Begitu banyak misteri di dunia ini yang belum terungkap. disinilah imajinasi diperlukan, Imajinasi adalah suatu kekuatan yang luar biasa yang bahkan bisa kalahkan pengetahuan, dan pengetahuan tanpa imajinasi juga akan terasa hampa. dan itu semua adalah kuasa ALLAH SWT.

  14. hmm.. macem game chrono cross
    didunia nyata heronya diserang panther hitam dan luka doang
    didunia paralel heronya meninggal karena tenggelam

  15. Saya tertarik dengan teori parallel universe. Dan saya sukaa banget nonton film yang bertemakan itu :) Seperti De Javu, The Time Machine, Time Traveller’s Wife, Butterfly Effect, Back to The Future dan masih banyak lagi. Dibilang percaya 100% juga enggak. Tapi saya sering membayangkan diri saya di parallel universe dalam keadaan yang jauh lebih baik untuk memotivasi diri saya sendiri. :)

  16. Dunia paralel itu TIDAK ADA, manusia dengan namanya masing2 hanya ada 1 di seluruh jagad raya. Nabi Muhammad SAW bin Abdullah itu hanya 1 di seluruh jagad raya….yg berasal dari keturunan manusia bernama Nabi Adam AS. Ga tahu dengan apakah nama Muhammad bin Abdullah di makhluk lain yg bukan manusia.

    Tidak ada 2 nabi Muhammad SAW di seluruh jagad raya. Ingat itu! Tapi kalo ditanya makhluk Allah….ada buanyak di seluruh jagad raya…mereka sendiri2 juga…tidak ada dunia parallel…ingat Allah sudah membagi bumi dan langit menjadi 7 lapisan. Dan masing2 lapisan dengan makhluk yg sendiri2….dan ke-7 alam itu hanya dibatasi oleh sebuah tabir yg sangat tipis… Nah utk bisa “mengunjungi” alam itulah melalui seolah-olah seperti lubang cacing.

    Jadi jangan berkhayal kalo kita punya kembaran di planet yg lain di dunia parallel….kamu ya satu kamu! Manusia bernyawa yg beridentitas xxxx bin xxxx atau xxxx binti xxxx, kalo nyawa kamu dicabut oleh Allah SWT….ya tidak ada lagi jasad kamu kecuali ruh dgn identitas xxxx bin xxxx atau xxxx binti xxxx yg akan dibangunkan oleh Allah SWT nanti di hari penghitungan.

    Itulah pepatah “hidup itu cuma sekali, maka pergunakanlah sebaik-baiknya”….ini benar. Cobalah renungkan pepatah ini dalam-dalam.

    • terimakasih masukannya mas Rudy. poinnya bisa saya pahami cukup jelas. dan semoga juga jadi masukan yang positif buat pembaca lain. :)
      pertama2 saya pribadi merasa menyesal seandainya sekelumit opini pribadi saya dalam tulisan diatas dianggap bertentangan dengan hukum agama karena toh saya juga Muslim, dan saya tidak bermaksud sekasar itu seandainya kearifan agama saya lebih baik. untuk mewakili pembaca dan pengomentar lain, saya hanya bisa bilang bahwa terkadang tidak masalah apakah yang “aneh2″ seperti ini benar atau tidak, beberapa orang hanya senang mendengar “cerita”, berimajinasi, berspekulasi sampai meyakini hal2 tertentu dan itu alami terjadi apalagi di Internet ini. jadi mohon diikhlaskan keragaman ini dan teruskan berbagi himbauan yang konstruktif agar saya dan orang2 lain bisa mengevaluasi diri dalam menyampaikan informasi. :)

  17. Ya saling nasenat menasehati dlm kebaikan dan nasehat menasehati dalam kebenaran saja.

    Memang klo berkhayal itu enak…tp ini nyata bahwa Allah SWT itu membagi langit dan bumi itu jadi 7 lapisan (langit 7 lapisan….bumi 7 lapisan) dan masing-masing dgn makhluknya sendiri dan tidak ada yg sama. Dan memang dibatasi hanya dengan tabir tipis sekali. Manusia bisa berkunjung ke tabir-tabir tersebut….tentunya atas ijin Allah SWT.

    Ibarat kamu menggambar manusia di lembar pertama buku….di lembar kedua kamu gambar makhluk aneh pertama…di lembar ke tiga kamu gambar makhluk aneh kedua….sampai lembar kertas ketujuh…masing2 kehidupan itu hny dibatasi oleh selembar kertas….DALAM BUKU YG SAMA !

    Antar makhluk itu tidak ada yg sama….sama sekali saling beda…ada hidup-mati juga. Itulah kebesaran Allah SWT.

    Dan kalo sdh mati…ya sdh tammat itu makhluk…dan cuma ninggalin 3 amalan (kamu pastinya sdh tahu kan)….jadi ga ada cerita bisa kembali ke masa lalu lagi… terus ubah dikit-dikit biar nanti di masa depan bagus…ga ada cerita itu…hanya khayalan….ya itulah pepatah yg saya bilang….

  18. kalo mati suri itu gimana?
    Deja vu….saya pernah melihat sesuatu hal yg entah dimana dan kapan pernah saya lakukan. Intinya saya pernah saja

    • ada beragam penjelasan kalo kita telusuri. ada pula yang menjelaskan dejavu itu adalah efek tekanan darah yang sedang rendah. ada pula yang mengatakan itu bentuk prekognisi. mungkin lain kali akan saya bahas lebih lanjut. trims.

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s