Cerita Kecil Gempa Sore Tadi

was sleeping like a baby when...

Sekitar jam empat kurang sore tadi, saya lagi sibuk molor. Bude saya lagi dateng ke rumah, biasalah cewek-cewek itu (sama Emak saya) curhat-curhatan.

Tiba-tiba saya dibangunin Emak karena ada gempa, “Tong, gempa, tong.” Saya yang udah mulai ‘terbiasa’ dengan kejadian seperti ini, bangkit dan keluar dengan tertib. Tapi nggak lama itu saya balik lagi ke kamar. Orang-orang lain juga nggak banyak yang keluar rumah.

Awalnya saya masih nggak begitu ngeh. Tapi pas saya baringan lagi di kasur baru deh kerasa banget tuh goyangnya. Pintu kamar saya terayun-ayun ngek-ngel-ngek…lumayan creepy sih seandainya kejadiannya lebih kenceng lagi. Arah guncangannya utara-selatan.

Lucunya, pas saat itu Bude saya udah masuk lagi ke kamar. Emak saya dari luar bilang, “Masih, Kak…!” Bude saya cuma jawab, “Nggak ah. Allah kan sayang sama aku…” Trus pas ngeliat saya udah baringan di kasur lagi, “[ketawa kecil] Ilham tidur lagi.”

Setelah Bude saya pulang, saya nonton-nonton TV, ngeliat dimana-mana ada berita tentang gempa yang dikatakan bersumber dari Meulaboh, Aceh. Tapi untungnya gempa ini tidak berpotensi tsunami.

sumber: geofon.gfz-potsdam.de

Menurut blog richocean, gempa sore ini adalah “efek domino” dari Samudera Atlantik.

Gempa susulan

Kemudian pas saya lagi ngeliat Spongebob di TV, sekitar jam setengah enam sore, eh ada gempa lagi. Nggak kalah gede dari yang pertama. Jika gempa pertama besarnya 8,6SR, yang kedua ini besarnya 8,1SR dan berpotensi tsunami. BMKG pun udah memberikan peringatan dini bagi warga yang tinggal dekat pantai.

Walau di Medan sini efeknya nggak begitu besar seperti di Aceh, tapi sukses bikin kepala saya terasa pusing, Emak saya juga mengaku mual/mabok.

Saya merasa miris dan kasihan melihat warga Aceh berbondong-bondong mengungsi ke mesjid Baiturrahman. Ada yang sampe nangis-nangis segala… Mungkin karena trauma atau takut kali ya bakal terjadi tsunami lagi seperti tahun 2004.

Saya sempet mikir selintas, apa jangan-jangan kita mulai jadi kayak Jepang yang sering mengalami gempa? :?

Saya cukup bersyukur listrik disini nggak sampe dipadamkan seperti di Aceh. Sampai akhirnya tengah malam tadi, tiba-tiba mati lampu! :neutral: Tapi untungnya sih nggak lama. Saya pun lanjut mengkalong lagi malam ini… Kieekkk… Kieekkk…

22 pemikiran pada “Cerita Kecil Gempa Sore Tadi

    • wehehe
      wah keren #PrayForSumatra kalo di medan sini efeknya Insya Allah gak begitu destruktif. yang mengkhawatirkan yang di aceh. saya miris banget liat warga disana pada ngungsi karena takut tsunami. :?

    • hehe iya bli. tapi sebenernya pas sorenya sampe malem saya tidur. ‘kalo beruntung’ ntar saya bisa geser waktu tidurnya jadi lebih malem. begitu seterusnya. kalong macam apa coba yang merasuki saya ini. wakaka

  1. Ya benar sekali kita memang kaya jepang, Indonesia juga salah satu negara yang rawan gempa…. apa lagi kita dilewatin sirkum pasifik dan juga sirkum mediteranian, selain itu di dekat kita juga menjadi perbatasan 2 lempeng, Eurosia dan indoaustralian.. di tambah lagi negara kita adalah negarqa yang paling banyak gunung berapi aktif…. ya jadi memang kita negara rawan gempa dan bencana vulkanis…

  2. Gempa memang sangat berhubungan dengan kejadian alam…
    Tapi mungkin saja Gempa menjadi sebuah peringatan pada manusia…
    Setidaknya, Kejadian seperti ini membuat kita menyadari arti kehidupan……

    • kita doakan juga gan supaya warga Aceh dan sumatra pada umumnya bisa kembali melanjutkan aktivitas seperti biasa. banyak yang kayaknya masih nggak mau pulang karena takut kejadian apa2.

Tulis Komentar

