Tips Amatir: Laptop Panas

Yah saya rasa semua laptop pasti bisa ngalamin yang namanya panas bahkan overheat.

Laptop saya ini termasuk yang rentan dan sering menderita ‘sakit panas’.

Sebenarnya ini cara yang agak beresiko apalagi nggak semua laptop sama. Yaitu membongkar penutupnya dibawah untuk membersihkan saluran ventilasi udara.

Waktu pertama saya coba memang takut-takut. Tapi lama-lama, karena prosedurnya juga nggak macem-macem, cuma bongkar-pasang doang lah istilahnya, akhirnya jadi terbiasa.

Kalau laptop mulai jadi cepet panas, saya bongkar bagian penutup bawah menggunakan obeng kecil. Kemudian lepas kipasnya. Nah di belakang kipas itulah biasanya debu menempel dan menyumpat saluran ventilasi yang berbentuk seperti sel-sel atau lubang-lubang kecil memanjang.

Biasanya kalo udah parah dan lama nggak dibersihin, debunya bisa penuh dan tebal sepanjang saluran ventilasi. Kalo sudah begitu biasanya gejala yang timbul adalah laptop mati sendiri karena overheat.

Sedikit tips untuk mencegahnya:

  • Saat digunakan, jangan taruh laptop diatas benda yang menyerap panas, seperti bantal atau kasur (yang ini saya sendiri masih sering melakukannya :razz: ). Karena udara panas dari laptop tidak bisa bersikulasi dengan baik.
  • Gunakan kipas tambahan. Kipas ini, katanya, sebenarnya membantu hanya sekitar 5% dalam mendinginkan laptop, belum lagi terkadang saat menggunakan kipas, laptop malah tambah panas. Tapi tetap nggak ada salahnya dicoba. Ada banyak variasi ukuran, bentuk dan harga di toko-toko komputer terdekat.
  • Tutup program-program yang sedang tidak digunakan. Karena menurut yang saya baca itu bisa bikin lambat dan pastinya bikin kerja laptop jadi lebih berat dan cepat panas.
  • Cobalah menghindari menggunakan program-program bawaan Windows. Saya sendiri nggak ngerti penjelasan teknisnya, tapi begitulah yang saya rasakan. Misalnya ketika menggunakan Windows Media Player latop jadi lebih berat kerjanya dan cepat panas ketimbang menggunakan program pemutar media lain yang bukan bawaan Windows, seperti VLC, GOM, dan lain-lain.

Seperti judulnya, tips ini datang dari saya yang sama sekali amatir soal masalah teknis komputer dan laptop.

Jadi silahkan menambahkan jika ada yang punya tips menjaga agar laptop tak cepat panas. :)

gambar “fry an egg on laptop”: gajitz.com

About these ads

12 pemikiran pada “Tips Amatir: Laptop Panas

  1. Beberapa Laptop cukup susah untuk membuka casingnya dan kadang prosedur bukanya agar ribet.
    untuk membersihkan darurat bawa ke tukang tambal ban.. minta semprot kisi-kisinya agar debu di kipas yang didalam lepas.
    demikian juga membersihkan desktop lebih kinclong. (hati-hati dengan jarak penyemrotan, jangan terlalu dekat)

    • yang pasti jadi lambat. :mrgreen: bisa jadi ada dampaknya buat komponen2 dalamnya, tapi saya kurang ngerti masalah teknis seprti itu. yang penting lebih baik jangan sampai overheat. kalo udah panas diistirahatkan dulu.

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s