Beton Nangka

 
 
 

ImageSelama puasa ini ada seenggaknya dua (atau tiga…? lupa.) kali kami kebagian nangka dari kerabat dan tetangga.

Nangka itu emang enak diolah jadi berbagai makanan. Walau seringnya kami makan gitu aja. Dicampur kolak, bubur kacang ijo, sampe eskrim. Tapi saya juga suka biji nangka yang digoreng alias beton goreng. Yah karena namanya pemberian, nangkanya nggak banyak, begitu juga bijinya, tapi tetep aja dipalain/dibikin.

Dari kecil saya suka sekali kalo di rumah ada banyak nangka. Karena dulu di belakang rumah yang lama kami punya pohon nangka.

Saya selalu nunggu momen semua nangkanya habis dan bijinya atau betonnya digoreng sama Emak saya. Rasanya yang gurih-gurih nutty bikin ketagihan, pengen lagi dan lagi.

Dan ternyata selain digoreng, beton nangka bisa juga jadi berbagai olahan lainnya seperti tempe, keripik, sampai susu beton! :D Wah unik ya.

Ohya, selain biji nangka, biji duren juga enak kok digoreng, walau nggak seumum biji nangka.

Pernahkah kamu mencicipinya?

Olahan apa lagi yang kamu tahu bisa dibuat dari biji nangka alias beton?

gambar: jugalbandi.info

About these ads

33 pemikiran pada “Beton Nangka

  1. aku pernah lho dulu msh anak anak makan beton nangka, enak, apalagi makannya bareng bareng saudara, kalau beton durian kayaknya belum pernah nyoba.

    btw, aku br tahu kalau beton nangka bisa dijadikan olahan lainnya kayak tempe, dan keripik, gimana ya ?

  2. saya makan beton nangka sama durian uda pernah mas.
    tapi yang paling enak beton cempedak.

    oh iya beton juga bisa dijadikan lauk makan mas.
    caranya dipotong panjang2 kecil trus digoreng
    dicampur sambal.
    masaknya kayak nyambel teri itu mas lah mas jkira2 :D

    • waha iya juga ya. saya juga mikir gitu. beton ini pasti enak dimakan sama nasi. mungkin lain kali saya minta si emak buat nyambelnya. itu juga kalo dikasih nangka lagi. hehe

  3. Agak kaget lihat penamaan untuk makanannya. Hehe. Beton. Udah kebayang aja ini makanan bakal keras. :P
    Susu beton juga. :D hehehe

    Nangka masih pernah dikonsumsi, tapi sampai hari ini masih belum berkenan makan duren. :3

  4. Ping-balik: Oleh-Oleh « The Moon Head

  5. Ping-balik: The Moon Head

  6. Ping-balik: Mimpi Manis | The Moon Head

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s