Air

Air di kampung kami sedang mati. Krisis. Kami belum tahu bisa selamat apa enggak buat hari ini dan esok…kalo airnya begini terus.

Biasanya air hidup selewat tengah malam, walau nggak tentu derasnya. Entah apa yang sedang terjadi di PDAM sana.

Pikiran negatifnya hal ini disengaja karena unsur politik. Supaya perusahaan-perusahaan besar dan kaya membayar lebih, untuk uang tambahan buat mudik orang-orang PDAM, sementara rumah-rumah sederhana dibiarkan susah air.

Tapi itu “pikiran negatifnya”. Apa alasan sebenernya kita belum denger informasi apa-apa.

Lucu ya. Masa’ di bulan puasa begini ada aja masalah seperti ini. Rasanya miris membandingkan dengan jaman dulu dimana ketersediaan air masih normal di kampung-pinggir-kota seperti kami. Sekarang standar ‘normal’ untuk air keran itu ya malam hari baru ada, kecuali menggunakan pompa.

Nah bagaimana pula masyarakat di pulau-pulau lain yang nggak setiap hari bisa melihat dan merasakan air bersih… :? (Berarti harus tetap bersyukur.)

Semoga saja krisis air ini nggak berlangsung lama. Sejorok-joroknya saya, saya nggak mau nggak bisa mandi sampe berhari-hari. Atau nggak ada air untuk sekedar masak mi instan saat sahur.

Pernah ngalamin krisis air nggak di daerah tempat tinggalmu?

About these ads

22 pemikiran pada “Air

  1. Saya juga pakai jasa PDAM. Jarang kena krisis. Makanya, sekalinya ada perbaikan atau perawatan yang bikin pasokan air terhambat, jengkelnya minta tolong :mrgreen:

    • wakaka iya mungkin lagi ada perbaikan atau perawatan. semoga lekas bisa nyala. walaupun airnya kuning tetep lumayan buat c*bok atau nyiram2..daripada gada blas.

  2. sama, pam di rumah saya juga lagi ngadat2 kak. kadang airnya ngalir, kadang seharian gak ada air sama-sekali~ :|
    ya mungkin karena lagi musim kemarau? :|

  3. Beberapa tahun yang lalu pernah sekali waktu ‘kekeringan’ Ham :D
    Jadinya harus bawa ember atau yang lainnya, sekedar bawa air untuk nanti disimpan di rumah.

    Tapi alhamdulillah sekarang pasokan airnya sudah cukup lancar :D

    Sabar ya Ham :D

  4. Ya kasian banget Ilham..
    Kalau sampai berhari-hari begitu, mendingan didatangin kali ke kantor PDAM-nya aja, Il. Biar usaha mereka meningkat sedikit dalam melaksanakan layanan masyarakat. Apalagi air..itu kan kebutuhan yang penting banget..

    • iya mbak disini suka susah airnya. :( dulu pernah juga ibu2nya demo karena nggak ada air. tapi tetep aja sesekali seperti sekarang airnya ada gangguan..

  5. alhamdulillah, di rumah masih pakai air sumur, jadi gak pernah ada kasus krisis air biarpun kemarau panjang
    kalau di kos sih pke PDAM, satu-satunya keluhan adalah airnya kotor bercampur lumpur
    gak layak minum…

    • lha sama berarti mas bens. emak saya sampe oyong2 (pusing) karena nungguin air tidurnya jadi terganggu. ini saya tadi cuma ‘setengah mandi’ untuk menghemat air. :lol:

  6. syukur ane tidak pernah krisis aer,, kalo di Lombok mah stok aer sangat aman.. :)

    yang ane pernah rasakan krisis aer itu pas Merapi Jogja sedang meletus, nah ane posisinya sedang ngekos.. wah gawat segawatnya itu, aer mati, kalo pun nyala keruh total, seperti lumpur gara2 lahar dingin..

  7. wah susah juga ya kalau nggak ada air, kalau PDAM bgt memang tergantung ya sama mereka, memang semuanya pakai PDAM ya ? apa nggak mungkin bikin sumur sendiri di sana ?

    semoga lancar lagi deh ya airnya

  8. waktu masih tinggal di perumahan pernah ngalamin air pam mati, tapi sama pengelola dikirimin mobil tangki jadi penghuni bisa ambil air seperlunya.
    sekarang ambil air tanah, jadi gak tergantung sama pam
    selama tinggal di sini gak ngalamin air mati kecuali pompanya yg rusak hehehe

  9. Ping balik: Merindukan Air « The Moon Head

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s