Aku dan Alqur’anku: Hikmah Ramadhan

Ada sedikit (tapi bernilai besar) hikmah yang saya rasakan pasca Ramadhan lalu: saya bisa baca Al-Qur’an lagi.

Sebelum Ramadhan saya pernah beberapa kali mencoba membaca kitab suci. Tapi entah kenapa nafas saya tersendat-sendat dan akhirnya saya jadi frustasi sendiri karena nggak bisa baca dengan lancar.

Bukan nikmat dan kedamaian yang didapat, justru rasa kesal pada diri sendiri. Saya mencari-cari cara supaya bisa membaca Al-Qur’an dengan nyaman lagi. Saya ubah posisi duduk, posisi kepala, sampai posisi Qur’an-nya.

Tapi tetep aja saya baca Qur’an sambil megap-megap kayak orang kehabisan nafas. Otak juga serasa buntu sekali.

Akhirnya saya lama nggak baca Al-Qur’an lagi.

Selama Ramdhan saya juga bukannya langsung jadi rajin baca Qur’an. Tapi hikmah itu datang justru di penghujung Ramadhan.

Sehari menjelang hari kemenangan bagi umat Islam yang berpuasa, saya mengambil Al-Qur’an dan mengaji satu ‘ain selepas shalat ‘Ashar. Dan Alhamdulillah, walau bacaan Al-Qur’an saya tidak sempurna dan masih suka tersendat-sendat, tapi secara keseluruhan saya bisa baca Al-Qur’an lagi. T.T Ada rasa damai dan tenang saat membaca Al-Qur’an. Dan saya teruskan ngaji satu hingga dua ‘ain pada hari-hari berikutnya walau tidak secara kontinu tiap shalat lima waktu.

Saya rasakan ini adalah sebuah hikmah besar dari bulan Ramadhan. Allah ‘membolehkan’ saya lagi membaca kitab sucinya. Karena membaca Al-Qur’an itu pahalanya sangat besar, apalagi jika pada bulan puasa, amalnya akan berlipat-lipat. Apalagi lagi, jika kita mengaji arti dan makna ayat-ayatnya.

Nikmat Allah itu tiada batas, dan akan dilebihkan-Nya jika kita mencarinya melalui hal-hal yang mendekatkan kita kepada-Nya.

Ayo ngaji Al-Qur’an. Hehe. :)

About these ads

14 pemikiran pada “Aku dan Alqur’anku: Hikmah Ramadhan

  1. semoga bisa istiqomah membaca al Quran-nya,dan harus semakin lebih baik lagi bacaannya..paling tidak sesuai dengan ilmu tajwid..

    salam,sukses ya buat lombanya..moga menang.

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s