Aku dan Alqur’anku: Hikmah Ramadhan

Ada sedikit (tapi bernilai besar) hikmah yang saya rasakan pasca Ramadhan lalu: saya bisa baca Al-Qur’an lagi.

Sebelum Ramadhan saya pernah beberapa kali mencoba membaca kitab suci. Tapi entah kenapa nafas saya tersendat-sendat dan akhirnya saya jadi frustasi sendiri karena nggak bisa baca dengan lancar.

Bukan nikmat dan kedamaian yang didapat, justru rasa kesal pada diri sendiri. Saya mencari-cari cara supaya bisa membaca Al-Qur’an dengan nyaman lagi. Saya ubah posisi duduk, posisi kepala, sampai posisi Qur’an-nya.

Tapi tetep aja saya baca Qur’an sambil megap-megap kayak orang kehabisan nafas. Otak juga serasa buntu sekali.

Akhirnya saya lama nggak baca Al-Qur’an lagi.

Selama Ramdhan saya juga bukannya langsung jadi rajin baca Qur’an. Tapi hikmah itu datang justru di penghujung Ramadhan.

Sehari menjelang hari kemenangan bagi umat Islam yang berpuasa, saya mengambil Al-Qur’an dan mengaji satu ‘ain selepas shalat ‘Ashar. Dan Alhamdulillah, walau bacaan Al-Qur’an saya tidak sempurna dan masih suka tersendat-sendat, tapi secara keseluruhan saya bisa baca Al-Qur’an lagi. T.T Ada rasa damai dan tenang saat membaca Al-Qur’an. Dan saya teruskan ngaji satu hingga dua ‘ain pada hari-hari berikutnya walau tidak secara kontinu tiap shalat lima waktu.

Saya rasakan ini adalah sebuah hikmah besar dari bulan Ramadhan. Allah ‘membolehkan’ saya lagi membaca kitab sucinya. Karena membaca Al-Qur’an itu pahalanya sangat besar, apalagi jika pada bulan puasa, amalnya akan berlipat-lipat. Apalagi lagi, jika kita mengaji arti dan makna ayat-ayatnya.

Nikmat Allah itu tiada batas, dan akan dilebihkan-Nya jika kita mencarinya melalui hal-hal yang mendekatkan kita kepada-Nya.

Ayo ngaji Al-Qur’an. Hehe. :)

14 pemikiran pada “Aku dan Alqur’anku: Hikmah Ramadhan

  1. semoga bisa istiqomah membaca al Quran-nya,dan harus semakin lebih baik lagi bacaannya..paling tidak sesuai dengan ilmu tajwid..

    salam,sukses ya buat lombanya..moga menang.

Tulis Komentar

