The Sound of Blogging

Weekly Writing Challenge: The Sound of Blogging

Topik ini mengingatkan saya pada sebuah artikel yang pernah saya baca (dan masih saya simpan salinannya) tentang Writing Voice. Walau voice dan sound disini berbeda sih pemaknaannya. :P Tapi nggak apa-apa lah di-share sedikit.

Di artikel itu kita diajak untuk mendefinisikan kepribadian kita berdasarkan kata sifat, jenis minuman, dan mencoba berbagai kepribadian yang berbeda.

Berikut cuplikan singkatnya:

Writing Voice

  1. Think of adjectives that define your personality.
  2. If your writing style was a drink, what kind of drink would it be?
  3. Try on vastly different roles or personas, and write 200 words in each one. Be a Hell’s Angels biker. A lawyer. A stripper. A little kid. A pirate. A scientist. A parent.
  4. Write a love letter.
  5. Try on different moods. … happy to mad to wistful to wishful and everything in between.

Most of all, write FOR yourself.

Lalu bagaimana pula jika mendefinisikan ngeblog dengan sebuah suara?

Tentunya ada banyak sekali suara yang kita dengar sambil ngeblog. Tapi mana diantaranya yang paling mewakili perasaanmu saat ngeblog?

Ada yang menulis saat berada di keramaian kantor, ada yang di warnet, ada yang di kamar seperti saya, ada yang di dekat pantai, dan sebagainya.

Kalo saya, mungkin nggak jauh-jauh, yaitu suara ketukan saat jari mengetik keyboard di laptop. Dan suara-suara di sekitar seperti suara anak kecil atau Bapak saya yang sedang bekerja di belakang, suara kecipak ikan-ikan kecil di kolam, suara adzan di mesjid jika sudah waktunya shalat dan suara-suara kendaraan yang lewat….

Tapi yang juga dekat dengan saya adalah suara kipas angin kecil yang bergedek-gedek halus di samping saya, suaranya demikian karena sudah tidak begitu kokoh lagi.

Suara inilah yang menemani saya siang dan malam, 24 jam nonstop.

Suara ini merupakan alat ‘indikasi kesunyian’. Jika suaranya keras, maka biasanya sudah larut malam dan semua orang sudah tidur. Jika suaranya pelan dan samar, itu karena suara si kipas teredam oleh suara-suara lain dari luar.

Walau sebenernya itu nggak begitu memengaruhi saya dalam menulis postingan blog. Biasanya kalo saya emang pengen nulis postingan, kapanpun waktunya bisa dipaksakan. Haha. Karena saya sadar motivasi dan kondisi tubuh itu nggak selalu ada dan mendukung.

Bagaimana dengan blogger yang lain? Apa suara-suara khas yang biasa kamu dengar saat ngeblog? Atau adakah lagu favorit yang biasa kamu dengarkan?

Poor Moon – “Birds”

11 pemikiran pada “The Sound of Blogging

  1. kalau saya, juga bunyi kipas dari laptop saya mas, bunyi keyboard, bunyi keributan cucu ibu kos, terkadang juga kalau pagi hari disaat liburan diiringi dengan bunyi kotek2 ayam ibu kos, kalau semakin malam bunyi jangkrik, terkadang juga bunyi ngorok teman sekamar saya heee :mrgreen:

  2. aku jarang banget sambil dengerin musik
    paling kalau pas ingat aja :D
    senang menulis dalam sepi
    seperti mendengar isi pikiran sendiri
    paling sesekali terdengar suara gaduh dari ruang sebelah
    biasa, anak2 ngegame rusuh hehehe

    bicara tentang sound of blogging, seru kali ya kalau ngeblog pakai suara? tapi apa enak didengarnya ya? hihiihi

  3. Mas Ilham, ternyata dpchallenge ini boleh ditulis dalam bahasa indo toh..

    kalo saya, akrab dengan detak jam dinding, suara burung hantu, dan jangkrik, kadang tokek saat ngeblog malam hari..
    btw, kalo kipasan tiap saat apa ga membuat kedinginan?

    • hehe iya saya pikir lumayan buat jadi ide postingan, jadi ngambil aja dari dailypost.
      waw suaranya beragam jugaya.
      kipasnya kan bisa digeser2 posisinya biar gak langsung ngenai saya. kadang gesernya pake kaki. haha.

Tulis Komentar

