Saya Terkenal Di Dunia Gaib

Internet adalah jaringan yang bisa membentang ke segala penjuru. Seperti meletakkan perahu diatas aliran air yang deras. Kita tidak tahu bisa kemana konten yang kita buat mampir dan bermuara.

Tapi seiring berkembanganya teknologi, berbagai data dan informasi bisa dimanipulasi dari yang asli menjadi palsu, dari yang palsu menjadi kelihatan asli. (Halah sama aja itu. Kok mbulet.) :P

Rasanya aneh, seneng sekaligus lucu ngakak ketika menemukan foto-foto diri sendiri seperti ini di Internet:

Foto ini saya manipulasi menggunakan Photoshop. Ceritanya ini waktu lagi di rumah temen di Jl. H.M. Yamin, Medan. Kita aslinya ada berlima, cowok 3, cewek 2 nginep di rumah temen cowok karena besoknya kita mau pergi bareng ke acara perpisahan SMA.

Yang pasti aslinya nggak ada penampakan apa-apa. :lol: Justru yang kelihatan serem adalah kita bertiga.

Yang di wajah kami itu masker jerawat yang saya bawa dari rumah.

(Sumpah gayanya alay banget saya. :lol: )

Coba tebak saya yang mana. Hehe.

Ini saya sama temen saya waktu di Jogja. Garis bawahi… Jogja. Tapi kebanyakan situs dan blog yang memuat foto ini justru menyebutkan lokasinya Lawang Sewu, Semarang. Padahal itu di alun-alun selatan, lupa nama tempatnya. Pokoknya itu kayak lorong panjang dan gelap bekas tempat para tentara (entah Jepang entah Belanda) menyimpan senjata. Lokasinya berdekatan dengan pohon gede di alun-alun dan Taman Sari. (Atau jangan-jangan memang Taman Sari. Lupa…. =.=’)

Soal penampakannya, yang pasti nggak ada apa-apa disitu, alias nggak ada penampakan sama sekali. Saya cuma ASAL nambahin lingkaran merah aja pada noda di dinding yang mirip wajah dari samping. :P Selebihnya itu nggak ada apa-apa blas.

Mungkin bisa dibilang ini menunjukkan bahwa otak kita bisa melihat apa yang ingin kita lihat meskipun itu tidak benar-benar ada.

:lol: Nah kalo yang ini sebenarnya cukup jelas merupakan karya ilustrasi doang. Ini saya buat sebelum film Rec 3 rilis. Dan kebetulan waktu itu lagi rame-ramenya soal pencekalan film-film luar negeri, karena masalah mahalnya bea cukai atau apalah saya kurang mengerti juga.

Tapi lucunya gambar ini dipake orang juga di forum-forum, dalam thread tentang film-film yang ditunggu rilisnya dan semacamnya.

Gambar ini aslinya saya posting di blog lama saya yang alamatnya tercantum pada gambar.

Itulah foto-foto dan gambar ‘penampakan palsu’ saya yang termuat di Internet. Mungkin jika dipikir saya menyalahi dengan menyebarkan foto palsu seperti itu. Tapi hikmahnya, saya jadi tahu bahwa nggak semua orang punya pandangan yang sama tentang fenomena gaib. Ada yang percaya, ada yang skeptis, ada yang protes terhadap sikap memercayai dunia gaib, dan sebagainya. Dan bahwa sebenernya semua orang bisa bikin foto penampakan dan menyebarkannya di Internet.

Itulah kenapa saya ingin menghimbau agar kita jangan mudah percaya pada foto penampakan seperti ini. Jika mau, pelajari sedikit tentang teknik-teknik manipulasi gambar supaya bisa menganalisa dengan lebih teliti.

About these ads

22 pemikiran pada “Saya Terkenal Di Dunia Gaib

  1. iya apalagi hape sekarang canggih2
    suami tempo hari sempat bikin saya jantungan
    dia ambil foto saya, terus pas kasi liat di belakang ada penampakan
    tapi curiga liat dia ketawa2
    dan hari itu dia demen bikin foto orang2
    belakangan baru saya tau penampakan itu PALSU BELAKA :D

  2. Jangankan foto-foto penampakan, foto-foto “iseng” pun banyak yg direka, kasihan kan image korbannya jadi rusak. Waw, iya itu ane jadi fokus ke gambar gara-gara lingkaran merahnya, dan ane tertipu hahaha

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s