Menjual Privasi

Mungkin sudah bisa diduga hal yang saya bicarakan disini adalah pekerjaan paparazzi. Mereka menguntit para artis untuk mendapatkan gambar-gambar pribadi sang selebriti dan menjualnya ke majalah tempat mereka bekerja.

Gambaran paparazzi ini pernah digambarkan dalam kartun favorit saya, The Simpsons.

Episode yang dimaksud adalah “Homerazzi”, episode ke-16 pada season 18. Ceritanya, keluarga Simpsons mengalami kerugian akibat kebakaran kecil. Karenanya mereka menyimpan barang-barang paling berharga yang mereka miliki kedalam lemari besi untuk menjaganya dari kerusakan. Salah satu barang itu adalah album foto keluarga.

Eh nggak tahunya terjadi kecelakaan di dalam lemari besi itu yang menyebabkan semua barang-barang berharga the Simpsons hancur lebur, termasuk album foto yang sangat disayangi Marge. “It’s like what a resume is to a man,” katanya sambil terisak.

Akhirnya mereka menjalankan sebuah ide yaitu me-restage atau me-reka ulang foto-foto keluarga mereka, dari saat anak-anaknya masih bayi, foto liburan, sampai foto saat pemutaran film (yang memparodikan) Star Trek.

Ternyata diantara foto-foto mereka tertangkap gambar selebriti Duffman yang sedang berkencan dengan Booboorella, yang dari dialog Bart saya asumsikan ia aslinya adalah seorang pria transgender. :lol:

Tiba-tiba Marge berkata bahwa mereka bisa menjual foto kontroversial itu ke majalah. Ia beralasan karena uangnya bisa digunakan untuk mengganti biaya kerusakan akibat kebakaran sebelumnya.

Sejak itulah Homer jadi paparazzi. Ia pun mendapat penghasilan yang lumayan dari mengambil foto-foto selebritis. Hingga puncaknya, Homer merusak acara pernikahan Rainier Wolfcastle, seorang aktor laga yang populer layaknya Arnold Schwarzenegger.

Rainier pun mengumpulkan para artis dan publik figur untuk memperkenalkan seorang paparazzo lain. Paparazzi itu disewa untuk balas mempermalukan Homer dengan mengambil foto-fotonya yang memalukan dan memuatnya di majalah.

Akhirnya Homer pun memutuskan tobat jadi paparazzi, sementara para selebritis setuju untuk lebih ramah pada fans. Hehehe.

Jika kamu ada di posisi Homer, maukah kamu melakukan pekerjaan paparazzi dan menggunakan privasi selebritis untuk mendapatkan uang?

gambar: en.wikipedia.org/wiki/Homerazzi; lemondedessimpson11.e-monsite.com; hellspy.com

21 pemikiran pada “Menjual Privasi

  1. Kita kadang suka salah kaprah: ada hal yang mungkin masih bisa dan layak dishare ada juga yang tidak sama sekali.

    Infotainment menjadi besar dan mungkin ‘hidup’ karena menjual cerita yang tidak layak itu.

    Banyak dosanya Ham. Kasihan kan kalau gara-gara satu berita. Yang menikah langsung jadi cerai.

  2. Hahaha, pilihan menarik dan bikin galau gan ilham, kalo ane jadi Homer, tapi ya itulah kerjaan semua pihak yg bernaung di bawah panji media, idealisme mereka letakan di atas meja pertaruhan

  3. Ping-balik: Ada Harga, Ada Rupa | The Moon Head

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s