Faktor-Faktor Penyebab Turunnya Trafik Blog

Kamu bisa skip langsung ke poin-poinnya dibawah jika malas membaca cerita pembukanya hehe. :P

Saya merasa terpuruk sekali melihat statistik blog saya, Oala Magz yang tak kunjung membaik. Setiap hari jumlah kunjungannya tidak pernah sampai 200. Rata-rata hanya 100 lebih sedikit. :cry:

Saya merasa miris karena sebagian postingan blog diatas adalah hasil pindahan dari blog saya yang lebih lama, There Will Be Posts. Sewaktu masih ngeblog di TWBP, statistik setiap hari stabil di kisaran 300an. Yah, memang sangat tidak seberapa dibandingkan dengan blog lain yang terbiasa mendapat trafik 500-an keatas hingga ribuan. Tapi setidaknya saya merasa blog saya ada yang ‘memerhatikan’. Hasil kerja saya terasa dihargai.

Tapi semenjak negara api menyerang pindah ke Oala Magz, semuanya tak lagi sama seperti dulu. Disamping saya merasa mengkhianati TWBP yang sudah cukup lama saya asuh, saya miris karena Oala Magz tidak bisa menyamai statistik TWBP meskipun jenis kontenya nggak berubah, yaitu ‘berita-berita ringan dan unik’.

Saya akui saya memang semakin malas update blog tersebut. Saya hanya ngupdate kalo pas bener-bener mood aja. Walhasil ya begitu, trafik hancur, postingan-postingan baru jarang disentuh pengunjung.

Lebih jauh soal trafik, berikut ini beberapa faktor penyebab trafik blog turun (dari berbagai sumber):

  1. Jarang update. Inilah salah satu ‘dosa’ yang saya lakukan.
  2. Terlalu banyak keyword yang tidak sesuai dengan isi artikel.
  3. Terlalu banyak link (maksimal 100 dalam satu halaman).
  4. Postingan copas.
  5. Konten kurang bervariasi.
  6. Terlalu sering ganti template/tema. Ini juga sering saya lakukan.
  7. Hari libur.

Cara untuk mengatasinya ya kurang-lebih adalah kebalikan dari poin-poin diatas. Misalnya seperti menulis lebih rutin dan rajin, menggunakan keyword secara benar dan sesuai dengan isi tulisan, serta menggali lebih banyak ide untuk menghasilkan tulisan-tulisan yang variatif dan menarik.

Semoga bermanfaat buat saya dan kita semua.

Link1 / Link2

37 pemikiran pada “Faktor-Faktor Penyebab Turunnya Trafik Blog

  1. rasanya kamu rajin update Ilham
    kalau aku akhir akhir ini kaget dan heran dgn pengunjung blogku yg tiba2 dobel, padahal rasanya nggak ada yg berubah, nggak ada postingan yg meningkat tajam trafficnya misalnya, belum tahu knp bisa dobel sudah hampir 3 minggu konstan dobelnya sejak aku pulang liburan

      • trims Ilham, andai aku tahu penyebabnya ya knp bisa dobel bgt, nggak sesaat tapi konstan lho bahkan cenderung naik dari minggu ke minggu, jd melebihi 100 %, sayang aku msh gaptek jd belum tahu penyebabnya, suamiku jg nggak mudeng soal blog, andai aku tahu ya

      • belum tahu juga ya Ilham, itu imbang antara search engine dgn pembaca , sama sama 50 % naiknya, aku kaget lho nggak nyangka

        semoga blogmu juga segera dobel ya Ilham pengunjungnya

  2. blogku juga sering naik turun trafiknya
    pernah juga mengalami seperti kata mbak Ely, tiba2 dobel aja gitu trafiknya
    tapi aku sih gak terlalu mikirin juga
    jadi menulispun sekenanya saja
    gak pernah nembak keyword wong gak ngerti juga caranya
    tapi motivasi setiap orang beda2 sih ya hehehe

  3. Saya mah berusaha cuek dengan site stats… cuma mulai ‘kesepian’ pas kemarin baru pindah alamat.. site stats dikit juga ya sudahlah, karena di blog dulu saya kan ansos, baru berusaha berinteraksi pas sudah di alamat blog baru. Di blog dulu, yang dateng murni dari search engine, dan blog saya kan daily blog jadi jarang yang terjebak, hahaha..
    Sekarang blog saya jd naik traffic-nya, tapi ngasih side effect yaitu saya jadi gak sebebas biasanya, maklum isi blog saya kan random & suka-suka saya aja…

    • haha bener banget. makin banyak trafik dan pengunjung, jadi makin besar tanggungjawabnya bikin sesuatu yang layak dibaca semua orang ya…

      • Mungkin juga gan, saya suka ngerasa kurang nyaman dengan template orang, dulu pernah bikin bareng temen, hasilnya pas dan sesuai, setelah 2 tahun kemudian ya pengen diganti tapi udah keburu kuliah, akhirnya posting pun males -.-” , ini juga pake template orang lain, rencana mau bikin template lagi gan dalam sebulan ini, biar nanti sekalian dipasang alat SEO nya di blognya, biar naik juga trafik nya (mudah-mudahan)

Tulis Komentar

