Prokrastinasi Menulis

Dua hari lalu saya cerita sedikit tentang blog ‘artikel berita ringan’ saya, Oala Magz.

Saya sering malas dan menunda-nunda mengupdate blog tersebut karena berbagai alasan.

Satu-satunya alasan mengapa terus mengupdate blog tersebut adalah ‘semata-semata’ untuk memperoleh sedikit receh dari iklan PPC. :lol: Memang alasan yang kerdil sekali untuk sampai berusah-susah ngeblog, apalagi niche-nya bukan benar-benar minat pribadi, hanya sekedar artikel berita ringan ala the Lounge-nya Kaskus.

Fakta bahwa artikel-artikelnya dibuat lewat menerjemahkan artikel lain justru membuat pengerjaannya lebih berat ketimbang menulisnya sendiri dari hati atau berdasarkan pengalaman pribadi. Itulah mengapa saya sering menunda-nunda mengupdate blog tersebut.

Belum adanya hasil yang saya dapatkan dari blog tersebut semakin membuat saya merasa seperti melakukan hal yang sia-sia.

Mungkin ini juga diakibatkan karena saya tidak memahami strategi marketing yang baik, sehingga tidak tahu cara mengembangkan blog hingga menghasilkan sesuatu yang menguntungkan.

Kembali ke prokrastinasi dalam menulis, mungkin pelajaran yang bisa saya ambil dari pengalaman ini adalah memanfaatkan saat-saat mood bagus untuk menulis sebanyak-banyaknya.

Saat mood sedang kurang bagus, cobalah untuk mengerjakan sedikit, untuk mengetahui apakah kamu bisa lanjut atau tidak. Karena terkadang rasa kepuasan setelah menyelesaikan yang sedikit itu bisa berkembang menjadi motivasi untuk melakukan hal-hal yang lebih banyak/besar.

Ada tips untuk mengatasi penyakit menunda-nunda?

gambar: cliffordgarstang.com

About these ads

27 pemikiran pada “Prokrastinasi Menulis

  1. Kalo menurut saya sih, permasalahan yg kamu jelasin itu sebenarnya bukan karena menundanya, tapi karena niatnya. Sering menunda update blog itu karena niatnya kurang lurus Ilham, jadi rasanya kayak beban. Lha itu, semata-mata utk PCC. Kesibukan juga jadi faktor sih. Tapi kalo niatnya lurus (misal: sharing, hobi), biasanya masih disempet2in.
    Saya sendiri udah ga PCC-an lagi, walopun skrg masih mikir gimana caranya bisa dapat uang tapi ga repot2 amat. Karena menurut saya, menulis itu utk dapat kepuasan batin aja. Sekarang saya masih mikir gimana caranya nanti bisa dapat pemasukan lewat nulis.

    Sukses selalu, bro.

  2. Saua click linknya – Kok page-nya can’t found ?.
    kebayang sih kalau bikin sesuatu yang bukan 100% karena pengennya kita, tapi misalnya diatur oleh keperluan lain sehingga menyebabkan adanya situasi dimana kita harus mikirin ini dan itu – kita jadi nggak 100% merasa bebas berkreasi dan ujung-ujungnya mengurangi ‘kerajinan’kita ya he he..
    Ya.. isi pelan-pelan saja, Il. Nggak usah dibandingkan dengan blog yang contentnya memang 100% dari hati..

  3. HAAAI KAAAK :DD APA KABARNYAAAA ????
    “Belum adanya hasil yang saya dapatkan dari blog tersebut semakin membuat saya merasa seperti melakukan hal yang sia-sia.” << berarti ikin wordpress ini ada manfaatnya ya kak ? :D
    btw layoutnya kakak lebih keren dari sebelumnyaaaaa :mrgreen:

  4. wah, ini juga penyakit kambuhan saya..

    obatnya ya meracuni diri dengan kata2 semisal jangan habiskan waktumu (untuk yg ga penting + manfaat) sebelum waktu menghabisimu :)

    #bantu klik aja ya..

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s