Pengen Bikin Es Krim?

Ngeliat eskrim yang dijual keliling dengan harga yang relatif murah, saya mikir kok kayaknya mudah ya membuatnya. :lol: Penilaian yang tak bertanggungjawab memang. Tapi saya beneran ingin mencoba membuat es krim sendiri, suatu hari. Siapa tahu bisa jadi master chef spesialis es krim. :mrgreen:

Berikut ini adalah resep es krim yang saya comot dari http://resep0.tripod.com/

Bahan Dasar
475 ml Sahne (cream/kepala susu)
125 ml Susu cair (atau bisa juga santan kelapa)
4 butir telur
100 ml gula (lebih bagus lagi kalau feiner Zucker / gula halus)
1 sendok teh vanilli
Rasa
Terserah Anda (apokat, coklat/Blockschokolade, Erdbeer/strawberry, pisang, etc.).
contoh : 1 buah apokat
Alat
blender
freezer / Gefrierfach, Gefriertrühe
panci kecil
wadah es krim
kompor
Cara Pembuatan

Adonan 1
Apokat diblender, kemudian ditaruh ke dalam panci. Masukkan Sahne dan susu/santan. Seluruhnya dipanaskan pelan-pelan sambil terus diaduk (Elektroherd : angka 2). Jika sudah panas (gelembung udara mulai naik), panci diturunkan.

Adonan 2
Telur (kuning+putihnya), gula, dan vanili diblender (dikocok). Lalu dituangkan ke dalam panci berisi adonan 1.

Semuanya kemudian dipanaskan lagi, sambil diaduk terus hingga mengental.

Setelah kental, dituangkan ke dalam wadah es krim (rantang atau sejenisnya) ditaruh ke dalam kulkas (Kühlschrank) selama 3-4 jam.

Setelah itu dipindahkan ke dalam freezer (Gefrierfach), setiap 1 jam diaduk, supaya tidak terjadi pengkristalan es. Setelah 3-4 kali pengadukan ( = 3..4 jam) menurut pengalaman tidak perlu lagi diaduk. Jika es krim yang jadi terlalu keras/liat, sebaiknya 10 menit dikeluarkan sebelum disantap.

Kapan-kapan harus coba nih…walau nggak tahu hasilnya bakal gimana, jadi eskrim atau malah adonan brownies. :mrgreen:

Ada yang pernah bikin eskrim sendiri?

About these ads

57 pemikiran pada “Pengen Bikin Es Krim?

  1. lah? Udah nyoba bikin blom sih? xixixi …
    aku udah pernah bikin, beli jadi adonannya yang merk P*ndan tuh. tapi soal rasa ya tetep enak yg dibeli huehue … gak tau deh klo nyobain resep di atas.

  2. Aku suka nih beli es krim yang lewat depan rumah. Mirip ma foto sepertinya. Pengen nyobain resepnya, kayaknya gampang #sokjago

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s