Menghilangkan Delta-Search Dari Chrome

delta search

Sekilas mirip Google search tanpa logo.

Delta-Search adalah situs mesin pencari yang dipromosikan melalui sebuah toolbar. Ciri-cirinya dia akan menggantikan Google sebagai default search engine, dan selalu terbuka otomatis saat membuka halaman atau tab browser. Di situs lain juga disebutkan dia bikin kita nggak bisa nginstall software tambahan.

Delta-Search yang saya dapatkan ter-bundle bersama sebuah software, karena seperti yang kita tahu banyak sekali software yang ditempeli sama koyo virus dan toolbar-toolbar yang mengganggu seperti ini.

Untuk menghapusnya bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut (untuk Chrome):

  • Buka Settings dengan mengklik logo di sudut kanan atas browser Chrome. Pada On The Startup ubah menjadi Open the New Tab page. Pada bagian Search ubah Google menjadi default search engine dan hapus Delta-Search.
  • Lalu di bagian Extensions (menu di sebelah kiri, diatas Settings) remove Delta-Search dari daftar.
  • Buka Control Panel > Add or Remove Programs > uninstall semua yang berhubungan dengan Delta-Search. Kalo di saya diharuskan untuk menguninstall juga software utamanya karena satu bundle. Untuk menguninstall ini saya anjurkan menggunakan software uninstaller seperti Your Uninstaller, supaya hasilnya lebih maksimal dan tidak meninggalkan jejak di Key Registry.

Untuk Firefox juga nggak jauh beda sebenernya. Delta-Search bisa dihapus dari Extensions.

Disarankan juga untuk menggunakan antispyware untuk melindungi komputer dari malware dan virus. Tidak lupa juga jalankan scan computer menggunakan antivirus yang kamu miliki.

Jika kamu punya cara alternatif silahkan ditambahkan lewat komentar ya.

Info lebih lanjut: 2-removevirus

TAMBAHAN DARI KOMENTAR:

Wan Nova Ariandi:

ane udah lama kena virus delta-search ini, namun ane cuekin aja, lantaran ane dulu ga nemuin efek yang serius oleh virus ini. Terus skrg ane baru tau ternyata virus delta-search punya efek dahsyat banget. Sebagai programmer, ane tertarik buat nyelidikin apa sebenarnya yang dilakukan oleh virus misterius satu ini.. Setelah oprak-oprek laptop ane ternyata virus ini berpotensi ngerusak file urlmon.dll yang terdapat di C:/windows/system32/urlmon.dll. Lantas apa kegunaan file urlmon.dll ?? tanya aja sama om ane yang dikenal dengan nama google, hehe..

Selain urlmon.dll ternyata masih banyak lagi yang pretelin secara diam2 oleh virus delta-search, antara lain berpotensi merusak Internet Options yang terdapat di Control Panel, menginfeksi semua browser sehingga setiap kali membuka tab baru pada browser virus ini langsung mengarahkan ke halaman mesin pencarian delta-search.com. Virus ini juga mampu membuat Wifi Adapter tidak dapat mendeteksi Wifi dan Hotspot. Membuat fitur Help and Support bawaan windows tidak berfungsi dan masih banyak lagi fitur-fitur penting windows yang jarang digunakan di obrak abrik oleh virus Delta-Search.

Saran ane jika agan2 juga terkena infeksi virus ini, segera gunakan antispyware.. hanya antispyware yang bisa detect virus ini..sedangkan avira, avg, avast, norton, symantec, atau antivirus yang umum digunakan apalagi smadav ga akan bisa mendeteksi virus ini.

30 pemikiran pada “Menghilangkan Delta-Search Dari Chrome

  1. wah gan ane juga kena delta search nih, pertama sih udh di uninstall di control panel tapi pas buka mozilla sam google chrome tetep aja yg pertama kebuka delta serach…
    itu gimana gan jd nya caranya?
    bingung soalnya hehehe

  2. ane udah lama kena virus delta-search ini, namun ane cuekin aja, lantaran ane dulu ga nemuin efek yang serius oleh virus ini. Terus skrg ane baru tau ternyata virus delta-search punya efek dahsyat banget. Sebagai programmer, ane tertarik buat nyelidikin apa sebenarnya yang dilakukan oleh virus misterius satu ini.. Setelah oprak-oprek laptop ane ternyata virus ini berpotensi ngerusak file urlmon.dll yang terdapat di C:/windows/system32/urlmon.dll. Lantas apa kegunaan file urlmon.dll ?? tanya aja sama om ane yang dikenal dengan nama google, hehe..
    Selain urlmon.dll ternyata masih banyak lagi yang pretelin secara diam2 oleh virus delta-search, antara lain berpotensi merusak Internet Options yang terdapat di Control Panel, menginfeksi semua browser sehingga setiap kali membuka tab baru pada browser virus ini langsung mengarahkan ke halaman mesin pencarian delta-search.com. Virus ini juga mampu membuat Wifi Adapter tidak dapat mendeteksi Wifi dan Hotspot. Membuat fitur Help and Support bawaan windows tidak berfungsi dan masih banyak lagi fitur-fitur penting windows yang jarang digunakan di obrak abrik oleh virus Delta-Search.
    Saran ane jika agan2 juga terkena infeksi virus ini, segera gunakan antispyware.. hanya antispyware yang bisa detect virus ini..sedangkan avira, avg, avast, norton, symantec, atau antivirus yang umum digunakan apalagi smadav ga akan bisa mendeteksi virus ini.

  3. makasih mas, sangat membantu nih. Buat ribet banget delta seach ini, tiap kali mau buka bookmark mesti ke menu toolbar :(

Tulis Komentar

