“Allahuakbar”

Tahukah kamu mengapa kita harus merasa kecil di hadapan Tuhan, selain karena ukuran kita?

Allahuakbar. Allah Maha Besar. Ketika melafalkan dzikir ini seusia shalat, aku mencoba membayangkan dan merasakan bagaimana kebesaran Allah SWT. Alih-alih membayangkannya secara harafiah dalam ukuran dan benda-benda yang Dia ciptakan, aku merasa bahwa tujuan lain dari kita memahami “Allahuakbar” adalah menyadari tentang kekerdilan hati kita yang mengharap agar diisi oleh kemuliaan-Nya.

Betapa kecilnya kita di hadapan Allah, tapi dengan melafalkan dan menghayati “Allahuakbar” kita meminta untuk diberi hati yang lapang di tubuh kecil kita, dipantaskan bagi kemuliaan dari kebesaran Tuhan lebih dari sebelumnya.

Allah Maha Besar juga berarti bahwa Tuhan adalah sumber yang tak akan habis bagi pertolongan dan peningkatan derajat seorang manusia.

Sama seperti kita yang mengharap naik jabatan atau gaji kepada atasan. Kan nggak mungkin kita meminta naik jabatan dari OB atau satpam yang tidak punya wewenang untuk hal itu. Untuk mendapat kebesaran yang lebih kan tentu harus meminta dari yang lebih besar dari kita.

Jadi bayangkan saja. “Allah Maha Besar…” Kebesaran seperti apapun yang kita minta, Allah punya. Naik jabatan, pekerjaan baru, lulus ujian dengan nilai sempurna, pasangan yang menyenangkan hehe, dan sebagainya.

Maka dari itu kebesaran Allah tidak hanya dapat diukur dari diri-Nya maupun ciptaan-Nya. Tapi juga dari kelapangan hati kita menerima kemuliaan Tuhan dan keikhlasan untuk memihak yang benar di jalan Allah

Kemudian akan Kami tunjukkan tanda tanda kekuasaan kami pada alam dan pada diri mereka, sampai jelas bagi mereka ini adalah kebenaran. Fussilat:53.

Iklan

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s