Brainwave Power

Lama aku menyadari bahwa aku memiliki gejala-gejala attention deficit & hyperactivity disorder atau ADHD sebelum Bipolar. Singkatnya aku selalu yang terbelakang dalam hal akademis. Bodoh, ceroboh, dan banyak bikin kejadian yang memalukan…

Aku baru mulai nge-sense soal ‘stres’ sekitar umur 10 tahunan. Rasa suntuk dan bosan karena hanya bisa diam di rumah membuatku stres dan merasa orangtuaku tidak mau peduli soal itu.

Aku mengenal soal brainwave dan manfaat brainwave entertainment beberapa waktu yang lalu dari Kaskus. Brainwave? Itu tuh, suara-suara yang dibuat khusus berdurasi belasan hingga puluhan menit, yang berkhasiat ‘mengatur ulang’ gelombang otak kita sesuai dengan tujuan brainwave tertentu.

Aku sudah ngupingin beberapa brainwave dan sudah merasakan efeknya. Efeknya bervariasi pada tiap orang, tapi biasanya meliputi: merasa rileks, tenang, sampai badan jadi bener-bener lemes. Sekali aku sampai jadi emosional nangis-nangis nggak jelas tapi setelah itu jadi rileks. Terkadang aku mendengar suara yang berulang-ulang yang aku tahu itu berasal dari ingatan, tapi di pertengahan durasi suara-suara itu mulai hilang. (Aku sampai takut sendiri pas ngalamin efek itu.)

Kebetulan aku nemu artikel tentang penggunaan brainwave pada penderita ADD dan Bipolar. Kira-kira isinya menyebutkan: saat penderita ADD bekerja dengan otak kirinya (menulis, belajar, membaca…) gelombang otaknya terhambat di gelombang Theta. Sementara untuk mengerjakan tugas-tugas yang menuntut logika dan konsentrasi, otak harus berada dalam kondisi Beta.

Ada tiga metode yang dibicarakan yang disebut mampu menstimulasi gelombang otak yaitu neurofeedback, biofeedback dan brainwave entertainment.

Kebanyakan orang mungkin berpikir ngobat adalah yang satu-satunya cara untuk mengatasi masalah fokus pada penderita ADD. Namun metode-metode alternatif seperti brainwave juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah fokus dan konsentrasi pada penderita ADD.

Neurofeedback juga dikenal sebagai terapi biofeedback electroencephalogram (EEG). Metode ini menggunakan sensor di kulit kepala untuk mengukur frekwensi EEG seseorang, memberikan feedback (melalui video ataupun suara) yang menghasilkan frekwensi yang diasosiaikan dengan kefokusan yang rileks, dan menekan frekwensi yang diasosiakan dengan ketegangan yang berlebihan dan/atau kelesuan. Tujuanya adalah mengembangkan kemampuan otak mengatur ‘kegiatannya’ secara mandiri.

Memang belum banyak data yang melaporkan penggunaan metode ini. Tapi metode ini diklaim aman digunakan bersamaan dengan obat, meski dianjurkan untuk berkonsultasi dahulu dengan penyedia perawatan pasien ADD.

Untuk penggunaan gelombang Beta sendiri sebaiknya digunakan secukupnya, karena kalau kelebihan justru akan membuat hiperaktif, gelisah dan anxietas.

Brainwave ada banyak sekali macam dan kegunaannya. Ini adalah list mp3 brainwave favoritku dari Kaskus yang bisa langsung didownload:

“Meditation Power” Brainwaves

Daftar itu termasuk empat brainwave dasar untuk meditasi, Beta (diberi nama langsung ADD), Alpha, Theta dan Delta.

Sebenarnya ada satu lagi gelombang otak yang dimiliki manusia, yaitu Gamma, gelombang otak yang tidak beraturan dan diasosiasikan dengan kondisi stres. Untuk penjelasan tentang keempat gelombang otak diatas kamu bisa baca di artikel kerennya blog SabdaLangit ini:

Tune Up Potensi Diri !!

Aturan penggunaan brainwave sendiri dianjurkan untuk fokus sama satu jenis brainwave saja selama beberapa waktu. Misalnya seminggu atau sebulan, lalu mencoba jenis yang lain. Gunakan sesuai keperluan, jangan sampe pusing sendiri karena nyobain beberapa brainwave sekaligus.

Oke. Semoga bermanfaat. 🙂

Iklan

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s