NaNoWriMo 2011

"To achieve great things, two things are needed: a plan, and not quite enough time." - Leonard Bernstein"

NaNoWriMo adalah singkatan dari National Novel Writing Month, merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan secara mengglobal setiap bulan November, selama sebulan penuh.

Mungkin udah banyak yang tahu apa sebenarnya NaNoWriMo ini. Secara singkat, dalam ajang ini kita ditantang untuk menulis novel sepanjang 50,000 kata atau lebih sampai akhir bulan November.

Nggak masalah apakah kamu mulai nulisnya dari tanggal 1 Nov atau ngelanjutin yang udah ada. Di website ini kita hanya mengupdate angka-nya aja. Tapi jangan bohong ya. Hehehe. Biar lebih seru, kita juga bisa saling diskusi ataupun promosi hasil karya  kita melalui forum yang disediakan. Forum untuk region Indonesia ada disini.

Gagasan utama dari NaNoWriMo kurang-lebih adalah memotivasi para penulis untuk menulis dalam kondisi kepepet, supaya kita jangan terlalu khawatir berbuat kesalahan atau memikirkan hasilnya bagus atau nggak. Dengan begitu, kita jadi nulis dengan lebih bebas. Siapa tahu hasilnya justru lebih bagus ketimbang jika kita menulis dengan penuh kekhawatiran.

Aku masih sangsi apakah aku bisa meningkatkan kinerja otak kiriku untuk mencoba menulis lagi. Haha. Tapi yang penting dicoba dulu. Di NaNoWriMo, mencoba menulis berarti menulis tanpa berpikir (terlalu banyak). Itu mungkin satu motivasi yang sedikit membebaskan. Tinggal mencari ide utama dan membiarkan inspirasi terjun bebas kemanapun ia suka, membutakan diri terhadap penilaian oleh diri sendiri yang bisa memperlambat prosesnya, and get 50,000 words or more!

Semoga aja tahun ini aku bisa menghasilkan sepotong karya melalui NaNoWriMo 2011, walaupun nggak sampai ‘menang’ dan dapat 50,000 kata tepat pada waktunya.

Apakah kalian suka menulis novel?

4 pemikiran pada “NaNoWriMo 2011

  1. Ping balik: Nyari Ide… | The Moon Head

  2. Ping balik: Mulai Nulis Buat NaNoWriMo | The Moon Head

  3. masnya aku suka nulis…tapi belum bisa nulis novel. yak apa caranya biar bisa nulis novel? perna nyoba si tapi berhenti di tengah jalan (emane -_-“). minta tipsnya dun.🙂

    • yang bisa aku saranin sih cuma banyak-banyak baca aja. novel, atau buku apapun yang dirasa menarik. banyak penulis bilang membaca itu kayak “bahan bakar”-nya buat nulis. hehehe.😀 trus yah latihan terus aja. nulis2 di blog juga bagus banget biar terbiasa nulis rutin. salam kenal juga.🙂

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s