Nyari Ide…

Masih nyari ide buat nulis fiksi. Persiapan menjelang NaNoWriMo memang harus dimulai agak dini, terutama bagi amatir sepertiku yang belum bisa ‘lulus’ sampai dapat 50,000 kata.

Aku butuh ide yang membuatku merasa selepas mungkin dalam pengolahannya, tapi juga ‘bertenaga’ dan yang pasti layak baca, setidaknya buat dibaca sendiri.

Ada satu ide untuk membuat cerita sejarah, tapi nggak tahu mau ngangkat sejarah apa dan siapa. Visi yang lain aku ingin cerita yang berlangsung dalam  satu hari, dan melibatkan beberapa tokoh yang saling berhubungan oleh ketidaksengajaan. Tapi semua ide itu masih terasa berat bagiku.

Hal yang paling mendasar aku ingin menekankan dan meyakinkan diriku bahwa aku harus berani dan bisa memulainya dengan sesuatu yang jelek, dengan harapan akan menghasilkan sesuatu yang bagus. Tapi bahkan aku tidak tahu bagaimana yang jelek dan yang bagus itu. Aku tidak bisa membayangkan apapun tentang itu.

Yang kubutuhkan  untuk mulai menulis adalah ide utama, dan arah yang jelas, alias gambaran besarnya, termasuk ending. Mungkin aku bisa sedikit teknis dalam hal itu, kemudian memulainya dengan setenang mungkin. Bosan dengan plot yang terlalu kita jaga bisa jadi kiamat bagi keberlangsungan tulisan.

Di sisi lain, aku hanya berharap masih bisa menikmati kegiatan menulis fiksi seperti dulu.

Tulis Komentar

