Mulai Nulis Buat NaNoWriMo

Tanpa disengaja, saat nulis-nulis random di MsWord, aku memutuskan potongan yang baru sedikit itu (satu halaman) adalah awal dari cerita yang akan kutulis untuk ajang NaNoWriMo bulan depan, dan secara umum sebagai awal percobaan menulisku setelah beberapa lama nggak pernah nyoba-nyoba nulis fiksi lagi.

Semoga di akhir bulan November bisa selesai sampai 50,000 kata atau lebih. Atau seenggaknya bisa sampai nyaris selesai ceritanya.

Aku sendiri nggak tahu ceritanya bakal gimana, atau arah dan plotnya seperti apa. Tapi justru itulah ‘bagian terbaiknya’. Aku harap dengan begitu aku bisa lebih spontan menulis dan membiarkan ceritanya sendiri yang membawaku sampai akhir.

Meski demikian, aku memiliki konsep tersendiri untuk bagian ending. Aku ingin endingnya bergaya “nggantung” tapi tetep membuat pembaca nyaman, seperti yang biasa kita temui di buku teks atau novel-novel sejarah, meskipun ceritaku bukan cerita sejarah. Entahlah apakah aku bisa membawakan ceritaku sampai pada ending seperti yang kumaksud.

Elemen-elemen di dalam ceritanya nggak jauh-jauh dari hal-hal yang kukenali dari hidupku sendiri. Soalnya akan lebih susah jika harus menelusuri dan melakukan riset untuk menciptakan suatu karakter  atau membangun latar-belakang tertentu.

Aku ingin membiarkanku tidak terlalu memikirkan semua itu. Tapi aku harus mulai mendisiplinkan waktu mengerjakannya, yang sudah kutentukan setiap sekitar jam sepuluh malam. Aku juga akan membatasi mengerjakannya selama setengah jam aja setiap kali. Baru nanti ditingkatkan jika sudah lebih santai ngerjainnya.

My work space

Aku tahu pasti bakal mengalami stuck di tengah jalan (penyakit lama, udah umum terjadi), tapi aku harap semoga itu nggak jadi penghalang atau membatalkan pengerjaannya sama sekali. Aku benar-benar ingin menghasilkan satu karya lagi kali ini. Seenggaknya buat koleksi atau sejarahku sendiri dalam dunia menulis fiksi.

Buat siapapun yang membaca post ini, wish me luck. And enjoy your (positive) hobby because it equals love!🙂

9 pemikiran pada “Mulai Nulis Buat NaNoWriMo

Tulis Komentar

