Baca Apa?

Pertama-tama, yang harus kukatakan, aku tidak bisa menempatkan dimana posisi diriku dalam dunia kepenulisan. Aku ingin menjadi penulis, dan aku menulis blog. Tapi karena aku sadar bahwa sebenarnya aku cukup kesulitan dengan kegiatan yang menggunakan otak kiri, aku merasa jika ingin mengklaim diri sebagai penghobi menulis, aku harus belajar lebih banyak dari orang lain yang lebih natural dalam hal itu.

Meskipun demikian, aku selalu suka ide tentang membaca sangat banyak untuk menulis yang lebih baik. Kamu mungkin sering mendengar nasehat itu dan sudah kehilangan arti dari konsep yang dibicarakannya. Penulis-penulis yang lebih sukses mungkin mengatakan hal itu karena mereka melakukannya secara alami dan kemudian menuliskan bahwa orang lain yang ingin menjadi penulis sukses juga harus membaca sangat banyak, seolah-olah mereka tidak peduli atau tidak bertanggungjawab betapa ajakan mereka itu menaruh semacam beban pada sebagian orang. Tentu saja, karena ketika seseorang mencari dan menemukan petunjuk tentang bagaimana menulis lebih baik salah satunya adalah ketika mereka dalam kondisi dongkol oleh kebuntuan tulisan mereka.

Iranian boy reading Β© D. Roger, UNESCO.

Tapi ketika kita melakukannya dan menyadari bahwa itu benar, kita tahu alasannya dan bisa menggunakan membaca untuk tujuan-tujuan spesifik yang bahkan bersifat pribadi. Kamu mungkin bisa menggunakan membaca untuk menemukan detil-detil tertentu yang kamu butuhkan dalam tulisan. Bisa juga untuk menemukan penggambaran karakter dari tokoh lain, misalnya tokoh sejarah atau orang terkenal. Bahkan bisa saja skema yang ingin kamu tiru dari buku lain; bagaimana sebuah buku menyajikan ceritanya dengan gaya tertentu, dan mengombinasikannya dengan gayamu sendiri yang selalu ingin kamu gunakan dalam tulisanmu.

Karena itulah ketika seorang penulis menganjurkan untuk membaca lebih banyak untuk menulis lebih baik, mereka tidak hanya membicarakan tentang buku-buku tebal bertema serius atau novel sastra kuno yang diterbitkan ulang untuk pembaca modern. Tapi bisa saja berupa buku non fiksi mengenai sejarah, artikel di Internet, gambar-gambar di blog, foto-foto di flickr dan sejenisnya, hingga koran harian yang memuat berbagai jenis orang-orang nyata yang bisa kamu ‘petik’ untuk memperkaya ceritamu menjadi lebih realistis, sehingga tidak mungkin membayangkan karakter itu dalam ciri-ciri lain.

Aku pun membicarakan ini karena terpikir untuk membeli satu atau dua koran harian untuk menggali inspirasi bagi tulisanku sendiri. Aku benar-benar butuh banyak ide dan karena itu aku butuh banyak membaca. Semoga saja ini bukan dorongan impulsif yang sia-sia. Satu hal yang kutahu pasti, membaca tidak pernah merugikan apapun dari diri seseorang, justru menambahnya. Tergantung bagaimana seseorang itu menggunakan apa yang dibacanya, yang bisa sangat tak terbatas. Hal yang paling sederhana dari manfaat membaca adalah menambah pengetahuan teori tentang bagaimana kita hidup dan memperlakukan orang lain agar memberikan feedback positif bagi diri sendiri. Dengan membaca, kamu akan mengenali banyak cara untuk memberitahukan pada dunia sekitar bagaimana harus memperlakukan dirimu, karena kamu sudah pernah tahu karakter-karakter yang pernah melakukannya.

Read anything. Read anywhere.

4 pemikiran pada “Baca Apa?

    • nice. aku kurang suka baca komik. kecuali beberapa manhwa (komik2 bukan buatan jepang) yang gak pake nomor2an alias sekali habis. novel tetep jadi favorit sepanjang masa.πŸ˜€

  1. good idea Chandra, sebelumnya makasih ya dah kunjungi blog mbk, kini giliran mbak kunjungi blogmu, hmmmm bagus juga blog mu…harus banyak belajar juga nih mbk….he..he…semoga kita tidak hanya sekedar membaca buku saja..tetapi juga membaca alam sekitar kita, ..sehingga mengasah diri kita untuk peka pada alam dan sesama…setuju khan…πŸ™‚

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s