Jangan Jadi Rusa

Praktek langsung adalah satu-satunya jalan ketika kita ingin mencapai sesuatu. Apakah itu jadwal pekerjaan, rencana pengadaan acara, ataupun cita-cita jangka panjang. Kita sering mendengar aktor di film mengatakan, “Hanya ada satu cara untuk mengetahuinya.” ketika karakter lain menanyakan bagaimana kita bisa melakukannya.

Tapi yang menjadi masalah kita dalam menjalankan praktek seringkali adalah fokus. Bukannya mencari jalan keluar, kita sering terjebak dalam tekanan yang berasal dari masalah. Kegiatan stagnan, tersendat, karena kita terlalu berfokus pada masalah, bukan pada solusinya.

Jangan jadi rusa

Di kawasan pedalaman Amerika, rusa seringkali menjadi korban tabrakan oleh kendaraan yang melintas di jalan raya. Rusa-rusa itu bisa saja mengindar menggunakan kecepatan larinya yang menakjubkan, tapi mereka terpaku pada masalahnya, yaitu cahaya lampu dan kendaraan di depannya; seperti orang yang berharap masalah lah yang menjauhinya.

Belajar dari aktor panggung

Mungkin kita berpikir, fokus sama aja nambah-nambahin beban dalam pekerjaan yang kita lakukan. Tapi, jika kita bener-bener memahaminya, itu justru membebaskan kita, dan memaksimalkan waktu dan potensi pada pekerjaan.

Bagaimana caranya? Kita bisa belajar dari aktor panggung.

Salah satu hal paling menyenangkan dari masa sekolahku adalah waktu aku bergabung di ekskul teater di SMA. Berkegiatan di teater tidak hanya seputar memerankan drama. Ada beragam bentuk latihan dasar yang harus kami lalui untuk mendapatkan penampilan yang baik saat berakting di panggung, serta pengalaman yang sangat berkesan saat bekerja di belakang layar.

Bagaimana berakting di teater mengajari kita untuk fokus?

Salah satu ajaran penting saat berakting di panggung yang diajarkan pelatih kami adalah menjaga agar isi panggung tidak timpang alias seimbang, dengan cara mengisinya melalui gerakan (artikulasi verbal), teknik blocking dan penggunaan maksimal terhadap properti yang ada. Gerakan sederhana seperti menyentuh kursi atau perabotan yang ada akan memberi ‘isi’ terhadap adegan yang berlangsung. Menyatukan aktor dengan universe dalam cerita; menegaskan apa yang sedang terjadi; dan membantu penonton untuk lebih fokus pada esensi visual, tidak hanya harus mendengarkan dialog-dialog panjang untuk mencerna ceritanya.

Fokus yang benar terarah pada solusi

Fokus bukan berarti berkonsentrasi pada satu hal, dan mengabaikan hal-hal lainnya. Fokus yang benar terarah pada solusi/penyelesaian, bukan pada masalah.

Saat ada masalah, kita biasanya bertanya, “Apakah aku bisa melakukannya?” Kita melupakan apa yang terjadi saat ini karena mengkhawatirkan masa depan. Sementara orang yang fokus akan bertanya, “Bagaimana aku akan melakukannya?” Orang fokus terbebas dari segala gangguan dan keraguan. Para juara melupakan kegagalan-kegagalan mereka di masa lalu dan bergiat untuk menyongsong tantangan selanjutnya dengan penuh perhatian. Fokus akan membuat kita sibuk bereksplorasi dengan segala cara dan sumber yang ada untuk mencapai tujuan pekerjaan kita. Sama seperti menggunakan properti yang ada untuk memaksimalkan adegan drama panggung.

Fokuslah pada cara-cara menyelesaikan masalah. Agar kita bisa mendapatkan semua sumber terbaik yang bisa digunakan untuk memaksimalkan hasil tanpa menelantarkan kepentingan lainnya dalam hidup.

Referensi buku: The Compassionate Samurai oleh Brian Klemmer

23 pemikiran pada “Jangan Jadi Rusa

  1. fokus biasanya tdk terlepas dari adanya ‘priority’ (apa yg harus didahulukan), karena bila kita mampu memilah prioritas mana yang harus didahulukan maka fokus kita akan semakin mudah dijalaninya πŸ˜€

  2. Ping balik: Fokus Dan Kesabaran « The Moon Head

  3. Ping balik: Hal-Hal Yang Kupelajari Dari Game Angry Birds (Rio) « The Moon Head

  4. Ping balik: Tips Meningkatkan Self-Esteem « The Moon Head

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s