Bike Trip feat. Two Piles of Books

Hari ini aku keluar dari rumah pukul 10 pagi untuk menjalankan dua misi kecil bersama dua tumpuk buku yang sudah kusiapkan dalam tas ransel sejak semalam. Cuaca sedang agak gerimis, tapi bolong-bolong. (Geser kesini, ujannya berhenti, geser kesana dikit kena gerimis lagi.)

Misi pertama mengantarkan buku-buku untuk disumbangkan ke anak-anak melalui sebuah universitas sudah dijalankan. Misi kedua rada ribet. Tumpukan kedua yang ada di tasku adalah buku-buku yang niatnya sih pengen aku ‘gadaikan’ di sebuah tempat penyewaan buku dan komik. Tapi alamatnya jauh dan ketika aku udah rada-rada bingung, tanya sana-sini, muter balik, akhirnya aku memutuskan untuk berhenti mencari alamat. (Jangan-jangan alamat palsu…๐Ÿ˜€ hehehe)

Ringroad terasa tak berujung. Tapi aku berhasil keluar kembali ke kawasan pusat kota. Dan akhirnya, tergadaikanlah buku-buku itu di tempat buku bekas/loak dengan harga yang sangat murah. Cuma 25ribu perak! Ya maklum, karena kebanyakan novel dan bacaan umum, bukan buku-buku sekolah atau kuliah seperti yang sering dicari orang.

Aku berusaha untuk tidak menyesali hasil yang kudapatkan dari buku-buku itu. Buku-buku yang kugadaikan itu memang udah lama dan/atau aku beli di sebuah bazaar murah beberapa tahun lalu, tapi ujungnya nggak kebaca karena akuย  nggak tertarik membacanya sampai selesai (nggak tahu kenapa, mungkin karena waktu itu kalap sama buku murah, jadi asal beli yang nggak sesuai selera). Yah sedikit-banyaknya bisa kepake buat dibaca orang lain yang tertarik saat nyari buku sekolah atau kuliah. Mau disumbangin, kayaknya lagi nggak ada acara pengumpulan buku sumbangan untuk buku-buku remaja keatas, kecuali di luar kota yang notabene ngirimnya harus pake ongkos lagi.

Di akhir acara (waduh, emang kondangan??), untuk menghadiahi diriku sendiri yang udah muter-muter naek motor selama 3 jam lebih sampe bokong serasa kapalan, aku membeli beberapa buku baru di toko buku. (Ketemu buku lagi, buku lagi. Hehehe.) Yang pasti sekarang aku lebih selektif milih buku bacaan, selain karena keterbatasan dana juga. Hehe. Setelah itu, dalam perjalanan pulang aku membeli bahan makanan untuk makan siang berupa mi dan sekotak kopi instan. Hari ini Bapakku dipanggil untuk kerja, jadi aku sendirian di rumah (duh, jadi inget, aku harus masak nasi!). Aku pun tiba di rumah; shalat, makan, nonton TV, trus online lagi deh…

Berkegiatan diluar dan berhubungan dengan orang lain, setelah beberapa lama sibuk dengan diriku sendiri menjalani pengobatan dan alur kehidupan ‘keluarga kecil’ kami, sedikit-banyaknya sudah memberiku rasa pencapaian yang aku tidak bisa ungkapkan dengan kata lain selain hargai hari ini. Karena itu aku berharap segera memiliki kekuatan dan pengetahuan yang cukup untukku mencoba lagi hidup diluar, berbaur, menjadi lebih-tidak-naif-dari-sebelumnya tentang lingkungan dan sosial, menjadi samurai pengasih yang menguasai pekerjaanku sekaligus berkontribusi untuk orang lain. Itu tidak sulit bagi Allah Yang Maha Kuasa. Tinggal aku yang harus memastikan diriku pantas untuk memperoleh kehidupan masa depan semacam itu. And I have a feeling that it’s gonna need a looot of hard work. Banzai!๐Ÿ˜€

4 pemikiran pada “Bike Trip feat. Two Piles of Books

    • wih mas asop ini cenayang ya? kok tau buku yang saya beli 3 biji? padahal ndak saya bilang dalam tulisan. hehe๐Ÿ˜€ sebenernya buku-buku murah (harga spesial) dari toko buku wali songo. hahaha. (bener2 memanfaatkan uang saku yang terbatas.) The Heart Against Al-Qaeda oleh Mariane Pearl (kisah nyata tentang penculikan dan pembunuhan Daniel Pearl, jurnalis The Wall Street Journal oleh Al Alqaeda di Pakistan), Kehidupan oleh Anand Krishna, sama Layang-Layang Putus oleh Masharto Alfathi.

Tulis Komentar

