Fokus Dan Kesabaran

image: tarotzamm.com

Semalam aku udah ketemu dan ngobrol dengan sepupu sekaligus calon bosku di Bandung nanti. Insya Allah. Pengarahan dan gambaran pekerjaan yang akan kujalani sangatlah kubutuhkan. Apalagi aku belum pernah bekerja sebelumnya. Namun tetap pengarahan lebih lanjut harus kupelajari sendiri nanti di lapangan.

Agak menakutkan ketika aku memikirkan bagaimana aku harus bertahan hidup di Bandung. Karena pekerjaan di outlet laundry sepupuku ini adalah sesuatu yang diharapakan keluargaku sebagai awalan atau batu loncatan saja. Kemudian aku harus berjalan sendiri, entah bekerja di tempat lain atau membuka usaha sendiri. Pemikiran ini memang sempat bikin aku lumayan stres dan mengacaukan fokusku, yaitu untuk belajar bekerja. Di sisi lain, aku masih merasakan tekanan di sekitarku yang tampaknya tidak ada yang menyadari bahwa itu bisa menghambat perkembanganku. Jadi, keinginan untuk segera pergi dari sini dan kebutuhan akan persiapan yang baik seolah menumpuk jadi satu. It’s kinda upsetting, you know. πŸ˜•

Maka, seperti biasa, ketika aku butuh nasehat tentang ‘kehidupan nyata’, Internet dan Google adalah salah satu guru terbaik. Awalnya sih aku browsing untuk mencari software gratis untuk mengatur keuangan pribadi. Lalu nyasar ke sebuah website yang penuh artikel-artikel mencerahkan ini: ZenHabits.

Dua-tiga artikel yang kubaca secara singkat berhasil menjernihkan pandanganku dan menghilangkan kecemasanku yang mulai meluap. Aku diberitahu bahwa jika aku ingin fokus, aku tidak bisa memikirkan banyak hal sekaligus. Fokus dan kesabaran adalah yang penting. Kita tidak bisa melakukan dua hal bersamaan. Produktivitas membutuhkan proses yang bertahap. Jika kita melewatkannya, fokus kita bisa buyar, dan kita jadi tergantung pada kekacauan yang ada, bukan lagi pada fokus kita yang sebenarnya.

Berikut sedikit kutipan yang kuambil dari artikel-artikelnya.

“Kesabaran”

I learn to accept those emotions as perfectly fine.

And I watch them, but don’t act.

“Fokus”

1. Start very small.
2. Do only one change at a time.
3. Be present and enjoy the activity (don’t focus on results).
4. Be grateful for every step you take.

12 pemikiran pada “Fokus Dan Kesabaran

  1. Fokus itu adalah salah satu kunci sukses dari sekian banyak kunci lainnya.

    btw, selamat menempuh hidup baru di bandung πŸ˜›
    mudah-mudahan dapet mojang and usahanya maju

    amin

Tulis Komentar

