Event-Event Di Tahun 2012

Ini adalah postingan yang aku janjikan pada post sebelumnya. Semoga bermanfaat. πŸ™‚

Di samping ramainya pembicaraan mengenai ramalan-ramalan (yang mengerikan) tentang 2012, baik secara esoterik maupun secara ilmiah, banyak peristiwa yang dijadwalkan atau diselenggarakan secara tahunan pada tahun 2012. Misalnya saja hari-hari besar keagamaan seperti bulan puasa Ramadhan, Natal, Nyepi dan lain-lain. Atau yang bersifat nasional seperti Hari Kemerdekaan Indonesia, Hari Pahlawan, Sumpah Pemuda, dan sebagainya. Tidak ketinggalan pula, yang baru-baru ini aku ketahui yaitu Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober, yang notabene bertepatan dengan hari ulangtahunku. Yay! Hehehe… πŸ˜€

Nah, di bawah ini ada ‘segepok’ tanggal dan peristiwa yang akan dilangsungkan selama tahun 2012 (kebanyakan dikutip dari Wikipedia.org).

Monggo disimak.

31 Januari
Eros, Objek Dekat Bumi kedua terbesar dalam sejarah (13 km x 33 km) akan melewati Bumi pada jarak 26,780,000 km.

12 Mei (sampai 12 Agustus)
World Expo 2012 akan diadakan di Yeosu, Korea Selatan. Temanya tahun ini adalah “The Living Ocean and Coast” dengan sub-sub-tema yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan laut dan pantai.

20 Mei
Gerhana matahari tahunan. Akan terlihat di kawasan Samudera Pasifik dari Cina utara hingga California.

6 Juni
Transit Venus kedua dan terakhir dalam seabad. Persitiwa dimana planet Venus berada diantara matahari dan Bumi. Dua penampakan selanjutnya baru akan terlihat pada tahun 2017 dan 2125.

8-19 Juni
Buat pecinta bola, ini adalah salah satu event yang ditunggu-tunggu, yaitu UEFA 2012 yang akan diadakan di Polandia dan Ukraina.


27 Juli
Upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas (Summer Olympics) 2012 yang kali ini diselenggarakan di London. Kota di Inggris ini menjadi yang pertama dalam sejarah yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade sebanyak tiga kali. Upacara penutupan jatuh pada 12 Agustus di London.

17 Agustus
Hari Kemerdakaan Indonesia tercinta.

13 November
Gerhana matahari total. Gerhana ini akan terlihat di Utara Australia dan Pasifik Selatan.

21 Desember
Selesainya “siklus besar” b’ak’tuns ke-13 (masa periode 144,000 hari tiap siklusnya) dalam kalender Maya kuno.

Selain peristiwa-peristiwa diatas, masih banyak lagi hal-hal menarik dan bersejarah yang akan terjadi selama tahun 2012. Diantaranya:

  • Bakal hadir smartphone dengan prosesor quad-core pertama.
  • Aktivitas dari Siklus Matahari 24 yang terjadi setiap 11 tahun akan mencapai titik maksimumnya. Dalam persitiwa ini, kutub-kutub magnetik matahari akan terbalik.

Berikut ini beberapa peristiwa keagamaan yang akan berlangsung:

6 Januari
Hari Natal yang dirayakan oleh Gereja Armenia.

7 Januari
Hari Natal berdasarkan Kalender Julian yang dirayakan oleh sejumlah umat Kristiani Orthodox Selatan.

20 Maret
Equinox Musim Semi, tahun baru Persia (Nouruz), atau disebut juga dengan Ostara.

1 April
Hari Ramanavami bagi umat Hindu.

20 Juli
Bulan Ramadhan umat Islam.

10 Agustus
Idul Fitri.

15 November
Tahun Baru Islam 1 Muharram.

9 Desember
Hanukkah bagi umat Yahudi.

21 Desember
Titik balik musim dingin atau Yule.

25 Desember
Natal bagi umat Kristiani.

Dan yang nggak boleh dilupain juga adalah, perjuangan TIMNAS Indonesia yang akan kembali mencoba merebut piala AFF yang akan diselenggarakan pada bulan Desember (nggak tahu tanggal tepatnya). AFF Cup 2012 akan dilaksanakan di Malaysia dan Thailand. Mari kita doakan semoga kali ini Tim Garuda bisa membalas kekalahan dari Malaysia pada AFF sebelumnya, dan merebut kemenangan. Amin.

Selain itu, di dunia hiburan, khususnya bagi para pecinta film, pasti juga udah nggak sabar kepengen menyaksikan film-film yang dijanjikan bakal dirilis sepanjang tahun 2012. Berikut beberapa judul yang (kayaknya) bakalan jadi hits: The Hobbit: An Unexpected journey, Life of Pi, The Great Gatsby, Kill Bin Laden, World War Z, Lincoln, dan masih banyak lagi.

Itulah segelintir peristiwa yang akan berlangsung pada dan selama tahun 2012.

Orang boleh percaya atau tidak pada berita tentang ramalan-ramalan itu. Namun tidak ada alasan bagi kita untuk berhenti mengisi hidup dengan banyak hal positif. Hidup ini terlalu berharga untuk disia-siakan dengan negatifitas yang akan menghambat perubahan. Mari kita terus tumbuh dan menjadi lebih baik setiap harinya. Hingga bahkan bencana terbesar di dunia pun tidak akan dapat mengurangi kualitas dirimu itu. πŸ™‚

Apa saja rencana-rencanamu di tahun 2012?

Ada sedikit ‘filosofi ‘dalam gambar unyu ini (hehe). Berkaitan dengan isu-isu menyeramkan seputar masa depan planet Bumi di penghujung tahun 2012, gambar koplak ini adalah semacam bentuk motivasi agar apapun hal buruk yang mungkin terjadi, kita harus tetap positif dan menikmati apa yang kita lakukan. Termasuk kemungkinan dibuatnya sekuel ekstra untuk Harry Potter saga. πŸ˜›

Iklan

9 pemikiran pada “Event-Event Di Tahun 2012

  1. Jangan lupa juga perkiraan akhir penanggalan dari suku Maya 12-12-2012,
    End of World in 2012? Maya “Doomsday”‘Calendar Explained

    selamat tahun baru, yah… πŸ™‚

  2. Ping balik: Suasana Liburan « The Moon Head

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s