“Mencuri” Plot Cerita Fiksi

Mimpi untuk jadi published novel author itu mungkin terlalu muluk sehingga aku kehilangan hal-hal penting yang kubutuhkan untuk mulai menulis dan menyelesaikan satu cerita.

Aku suka mencari berbagai tips dan informasi tentang menulis fiksi. Selain itu aku juga suka nyimak plot dari cerita-cerita lain, seperti film. Biasanya cerita itu punya beberapa jenis plot. Aku nggak bisa nyebutinnya karena jujur materinya nggak aku kuasai. Mungkin lain kali aku riset lagi. Hehe. Satu-satunya yang aku inget itu ada yang namanya alur 9 babak atau nine act. Biasanya alur ini buat cerita-cerita action atau thriller. Lengkapnya bisa dilihat disini.

Tapi kalau kita mau, kita bisa membedah plot dari cerita-cerita lain kesukaan kita. Misalnya film favorit atau mungkin komik. Aku bisanya mengingat-ingat urutan kejadiannya. Seperti dimana karakternya menemui masalah, ketika muncul masalah baru, solusi jangka pendek, harapan yang tiba-tiba hilang, dan sebagainya. Contoh berikut ini aku buat berdasarkan film The Incredible Hulk. Semoga bisa jadi inspirasi.

  1. percobaan resistensi terhadap gamma pada bruce banner. something’s wrong. he became hulk.
  2. he ranaway. being chased by the military. general ross who is bruce’s girlfriend’s father, betty ross.
  3. bruce stayed in brazil to hide. he tried to figure out how to fix his problem slyly with someone else.
  4. got found by ross. run, run, run! turned into hulk and started tossing everyone around like rabbit dolls.
    – antagonist approached to beat hulk.
  5. got away. met mr.blue. met betty. pizza. bulky security as if for mocking purpose to the real beasty hero. bruce got caught.
  6. the antagonist turned uncontrolable. hulk made his way. beat the bad guy.
  7. but ross still wanted hulk for making him a weapon. bruce gotta get away. hiding. again.

Apakah kamu punya tips untuk membangun cerita fiksi?

9 pemikiran pada ““Mencuri” Plot Cerita Fiksi

Tulis Komentar

