Just For Fun: “Analisa Kepribadian Berdasarkan Tanggal Lahir”

Setelah sebelumnya aku menulis perkenalan singkat tentang Tarot, kali ini kita bakal menganalisa kepribadian berdasarkan tanggal lahir menggunakan kartu Tarot.

Peringatan: ini hanya untuk senang-senang, jadi…boleh percaya boleh enggak. :wink:

Oke, jadi yang harus kamu lakukan cuma menghitung jumlah tanggal lahir kamu termasuk bulan dan tahunnya. Ada dua jenis hasil yang bisa kamu dapatkan. Hasil penjumlahan pertama mengindikasikan nomor kartu “kepribadian” sedangkan hasil kedua adalah kartu soul atau “jiwa”.

Contoh:

1-2-1970  → 1+2+1+9+7+0=20

(maka 20 – Judgement adalah kartu “kepribadian” kamu)

2+0=2

(maka 2 – The High Priestess adalah kartu “jiwa” kamu)

Tapi jika kamu hanya mendapatkan hanya satu hasil, maka itu adalah kartu “jiwa” kamu dan itu aja sebenernya udah cukup kok. Misal:

7-12-1985 → 7+1+2+1+9+8+5=33  → 3+3=6

Sekarang tinggal dicocokkan dengan 21 kartu Arakana Mayor kartu Tarot. Sebenarnya ada 22, tetapi kartu The Fool yang berangka 0 digabungkan dengan The World yang berangka 21 atau yang terakhir.

1 – The Magician (Sang Penyihir)

Kamu adalah orang yang cerdas. Kamu punya semua yang kamu butuhkan untuk mewujudkan keinginan dan cita-citamu. Tapi kamu juga harus hati-hati karena terkadang ada orang yang berniat memanfaatkan kelebihanmu untuk tujuan-tujuan yang tidak baik. Kamu bisa berakhir dikhianati atau dirugikan. Meskipun kamu cerdas dan memiliki segalanya, kamu juga harus memperhitungkan langkah-langkah yang kamu ambil, dan memilih “orang-orangmu” dengan lebih cermat.

2 – The High Priestess (Pendeta Wanita)

High Priestess dekat dengan hal-hal yang misterius. Dia pandai mengetahui berbagai rahasia, entah rahasia orang lain atau masalah-masalah yang tersembunyi. Dia jago menginvestigasi layaknya detektif. Tapi dia juga bisa jadi orang yang kurang disukai karena pembawaannya yang dingin dan instingnya yang mungkin dinilai orang terlalu tajam. Seolah-olah dia bisa baca pikiran atau semacamnya. Tapi walaupun kamu mengetahui banyak rahasia, jangan merasa puas hanya dengan mengandalikan berbagai pengetahuan itu. Kamu harus menentukan tindakan yang terbaik dengan pengetahuan-pengetahuan tersebut.

3 – The Empress (Permaisuri/Kaisar Wanita)

The Empress adalah orang yang sangat keibuan. Dia adalah orang yang penyayang dan sangat peduli terhadap perkembangan orang-orang yang disayanginya. Tapi kadang dia juga bisa jadi posesif dan terlalu mengkhawatirkan orang lain. Ada baiknya bersabar dan memberi ruang untuk orang lain untuk tumbuh dan berkembang.

4 – The Emperor (Sang Kaisar)

Sang Kaisar adalah orang yang memiliki kharisma sekaligus tempramen seorang pemimpin. Dia suka mengajukan dirinya sebagai bos. Tapi ada kalanya dia menjadi seperti anak-anak yang bosan dengan posisinya. Dia menjadi gelisah karena menyadari ternyata pekerjaan sebagai pemimpin itu tidak semudah yang dibayangkannya. Kalau sudah begini, sebaiknya ia mengatur ulang disiplin dan hukum-hukum yang benar, agar “kerajaan”-nya dapat berjalan secara tertib dan teratur.

5 – Hierophant (Pendeta/Orang Suci)

Orang ini sering dijadikan tempat curhat dan meminta nasehat karena kebijaksanannya. Dia bisa jadi semacam tokoh masyarakat layaknya kiyai atau orang yang dituakan dalam kelompok/masyarakat. Tapi dia juga bisa jadi sangat kolot. ‘Orang bijak’ ini sangat memegang teguh tradisi dan kepercayaan-kepercayaan yang diyakininya, sehingga terkadang ia bisa jadi orang yang menyebalkan karena mempertahankan keyakinannya. Bagaimanapun, sebagai orang yang sering dimintai nasehat, kamu memiliki potensi untuk mencarikan jalan keluar yang terbaik dan adil bagi semua orang.

6 – The Lovers (Sang Pecinta)

Sesuai dengan namanya, orang dengan kepribadian ini mudah jatuh cinta. Bukan hanya pada pasangan atau lawan jenis, tapi juga pada barang-barang yang disukai atau teman-teman dekat. Kalau udah ngerasa cocok, dia bisa menjadi teman/pasangan yang setia. Dia adalah orang yang harmonis dan cenderung menggunakan perasaan. Meskipun gampang mencintai dan dicintai, kamu juga harus hati-hati. Sebab bisa jadi orang yang kamu tatap hanyalah cermin yang memantulkan sifat-sifat yang ingin kamu lihat saja. Kamu harus pandai-pandai menilai apa yang baik dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Namun meski seseorang mematahkan hatimu, masih banyak orang lain yang sangat mencintai dan menyayangimu.

7 – The Chariot (Kereta Perang)

Orang ini punya potensi besar untuk mencapai tujuan-tujuannya. Bahkan tak jarang ia mendapatkannya dengan mudah dan lebih cepat dari orang lain yang mengejar tujuan yang sama. Tapi orang ini cenderung mudah terpengaruh oleh lingkungannya. Kalau si A bilang lebih bagus yang ini, dia nurut, kalau si B bilang yang lain yang lebih bagus, dia ganti posisi lagi. Karena itu orang dengan kepribadian ini harus lebih jeli dan pintar-pintar mengenali kebutuhannya. Dengan meyatukan fokus, orang ini bisa mendapatkan kemenangan/kesuksesan yang lebih besar yang biasa dia dapatkan.

8 – Strength (Kekuatan)

Sebagai pemilik kepribadian ini, kamu memiliki kemampuan untuk menguasai keadaan dan saat berhadapan dengan orang lain. Kamu memiliki kharisma untuk memimpin dan mendominasi. Tapi berbeda dengan The Emperor, kamu lebih menggunakan kecerdasan dan tindakan yang halus. Kepribadian ini melambangkan keuletan dan ketabahan. Meskipun sebagai pemimpin, kamu sadar bahwa kamu punya kekurangan dan orang-orang yang membantumu selama ini adalah yang menutupi kekurangan itu. Kamu mengerti tanggungjawabmu dan berharap bisa cepat-cepat menyelesaikan semua tugas/pekerjaan supaya bisa ngumpul lagi sama teman-temanmu.

9 – The Hermit (Sang Pertapa)

The Hermit cenderung penyendiri dan menghindari keramaian. Pemilik kepribadian ini adalah orang-orang yang suka berpikir sendirian. Ia tidak pernah puas dengan penjelasan-penjelasan yang sudah disediakan. Ia selalu berusaha mencari jawaban dari tempat-tempat lain. Jika kamu memiliki teman atau keluarga yang memiliki kepribadian seperti ini, jangan paksa dia untuk keluar dari persembunyiannya, tetapi berilah ia waktu untuk sendiri. Biarkan ia berjalan di malam hari untuk berpikir dengan tenang. Dengan pikiran yang segar, mereka akan lebih mudah untuk mencintai dan memberikan perhatian terhadap keluarga dan kerabat.

10 – The Wheel of Fortune (Roda Keberuntungan)

Setiap tahap dalam kehidupan, baik saat kita berada dibawah ataupun diatas, membuat kehidupan itu sendiri lengkap dan mengandung potensi kebaikan bagi yang menjalaninya. Orang dengan kepribadian Roda Keberuntungan sanggup merasa puas dan bisa mendapatkan keuntungan dalam situasi apapun yang dialaminya. Tapi kamu harus tetap ingat untuk jangan remehkan kesempatan atau pemberian sekecil apapun, karena bisa jadi hal itu akan membawa perubahan besar bagi kehidupanmu.

11 – Justice (Keadilan)

Orang ini mampu atau setidaknya berharap menjaga segala halnya seimbang, baik kesehatan, keuangan maupun dalam hubungan. Namun ada kalanya keadaan membuatnya bertindak melebihi dari yang dibutuhkan sampai menimbulkan penyimpangan-penyimpangan. Dia bisa kecanduan alkohol atau terjerumus dalam masalah hukum dan perceraian. Dalam masalah seperti ini, dia harus ingat tentang prinsipnya soal keseimbangan. Segala yang berlebihan itu tidak baik. Keadilan tidak selamanya memuaskan satu pihak saja, tapi sebuah kebaikan bersama harus dibagi sama rata.

12 – The Hanged Man (Pria Yang Digantung)

Orang ini memiliki pembawaan yang cenderung tenang. Dia mungkin memiliki pandangan yang berbeda tentang banyak hal. Dia juga suka mengamati hal-hal yang jarang diamati orang lain. Orang dengan kepribadian ini biasanya dermawan dan tak ragu menolong sesama. Namun, cara pandanganya yang unik itu sering berujung merugikannya, karena terkadang ada pihak-pihak yang memanipulasi bantuan yang disalurkannya, atau salah memperhitungkan rencana sehingga ia sendiri kewalahan.

13 – The Death (Sang Kematian)

Pemilik kepribadian ini mungkin orang yang paling rentan terhadap kegalauan. Hehe. Dia bisa sangat sedih atas hal-hal yang hilang atau terlewat dalam kehidupannya. Orang ini bisa berlama-lama dalam kesedihan dan suasana berkabung. Terkadang penyebabnya adalah hal-hal yang sepele atau sesuatu yang dia tahu dia meninggalkan keadaan itu demi kebaikannya sendiri, tapi tetep aja itu membuatnya galau dan sedih karena masih keingetan terus. Tapi ingatlah, sob, habis gelap terbitlah terang. Bagaimanapun segalanya terus berjalan dan kamu harus mempersiapkan diri untuk melanjutkan kehidupan dengan semangat dan kekuatan baru. Jemputlah matahari pagimu, lupakan masa lalu.

14 – Temperance (Pengendalian)

Kalau orang ini mirip seperti ilmuwan yang pandai mencampur bahan-bahan kimia untuk menghasilkan formula yang tepat. Kamu percaya bahwa segalanya selalu ada jalan tengahnya, the happy medium, jalan keluar yang adil bagi semua orang. Tapi jalan keluar itu tidak bisa dicari dengan cara memisah-misah masalah, melainkan memadukannya hingga tercapai penyelesaian yang baik bagi semua pihak. Temperance juga mengandung pesan bahwa kamu harus pintar-pintar mengatur keuangan dan kebutuhan.

15 – The Tower (Menara)

Orang dengan kepribadian ini mungkin sering terlibat perseteruan antara keyakinan dan kebenaran. Memang tidak enak rasanya saat mengetahui kebenaran yang mungkin pahit. Tapi itu adalah pelajaran agar selanjutnya kamu lebih teliti dan tidak terburu-buru menuruti kata hati. Tapi jangan khawatir, karena setelah semua tragedi yang kamu alami, kamu siap memulai lagi, mungkin kali ini dengan lebih perlahan dan penuh pertimbangan. Nikmati secara penuh, ambil manfaat sebanyak-banyaknya. Selamat melanjutkan perjalanan.

16 – The Devil (Sang Iblis)

Walau namanya serem, tapi The Devil bisa menggambarkan seseorang yang tekun dan giat dalam pekerjaannya. Dia sangat loyal terhadap semua hal yang disenanginya, termasuk setia pada pasangan. Tapi sayangnya, sikap yang terlalu mengikat diri pada nafsu belaka ini bisa menjerumuskan. Kamu mungkin sering menghadapi berbagai pertikaian dan penolakan, tapi terlalu berat melepaskan hal-hal yang sangat kamu cintai. Ingatlah bahwa hal-hal yang kamu cintai itu tidak punya kuasa untuk mengendalikan tindakanmu. Ambil apa yang baik bagi dirimu, tapi jangan mengikat diri sendiri. Karena sejatinya di dunia ini tidak ada yang abadi.

17 – The Stars (Bintang)

Orang dengan kepribadian ini punya semacam insting yang unik. Kamu mungkin mendengar suara-suara yang membisikkan kedalam hatimu atau dorongan untuk melakukan sesuatu. Tapi terkadang kamu ragu apakah kamu bisa melakukannya. Kamu terus berjalan, tapi tidak yakin pada tujuan. Kamu harus menyegarkan kembali semangat dan keyakinanmu, terus ikuti bintangmu, karena dia selalu ada disana. Dan jika kamu tetap yakin, suatu hari kamu akan mencapainya. Insya Allah… Insya Allah… *nyanyi* :razz:

18 – The Moon (Bulan)

Orang berkepribadian ini dikenal sebagai orang yang kreatif. Bahkan mungkin sangat kreatif. Pernah denger kan ada yang bilang kalo batas antara jenius dan kegilaan itu sangat tipis? Kira-kira seperti itulah orang-orang dengan kepribadian ini. Hehe. Mereka suka berinovasi dan bergelut dengan pikirannya begitu dalam hingga seperti terputus dari dunia nyata. Karena itu, jika orang itu tidak memiliki fondasi moral dan agama yang cukup kuat, dia bisa menjadi orang yang pesimis, depresif bahkan hingga terjerumus pada minuman keras atau narkoba. :( Kita sering melihat ini terjadi pada seniman-seniman besar. Seperti contohnya Kurt Cobain, Amy Winehouse, dan musisi-musisi dunia lain yang hidupnya berakhir tragis karena bunuh diri atau overdosis. :cry:

19 – The Sun (Matahari)

Jika orang-orang The Moon banyak menggunakan otak kanannya dalam berkreativitas, maka The Sun adalah orang-orang yang cenderung menggunakan otak kirinya. Dia sangat logis dan luarbiasa cerdas. Mereka memiliki energi yang besar dan semangat serta kepercayaan diri yang cukup tinggi. Tapi terkadang, tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan logika. Jangan terlalu mengenyampingkan masalah-masalah abstrak seperti yang menyangkut perasaan atau prinsipil hanya karena tidak bisa disentuh atau ‘dihitung dengan rumus’. Menjadi terlalu rasional bisa menyakiti dirimu sendiri seperti juga orang yang kebanyakan terkena sinar matahari. Tapi kamu punya kemampuan untuk selalu bisa menyelesaikan apapun, dan pada akhirnya semua akan baik-baik saja.

20 – Judgement (Penghakiman)

Sebaiknya kamu jangan terlalu suka memandang masa lalu yang jelek-jelek. Karena itu hanya akan membuat kamu sedih dan menahan kamu untuk melangkah maju. Masa lalu tidak bisa menyakitimu, sekarang saatnya untuk menjalani perubahan. Karena perubahan-perubahan akan membawa kebahagiaan selama kamu menjalaninya secara penuh, tanpa terlalu sering memandang ke belakang.

21 – The World (Dunia)

Seperti yang disebutkan di awal, kartu ini disatukan dengan kartu The Fool. Orang dengan kepribadian ini cenderung cinta damai. Mereka adalah orang-orang yang biasanya keahliannya banyak dibutuhkan sehingga sering bepergian. Atau memang orangnya hobi traveling. Mereka cerdas dan disenangi banyak orang. Mereka memperoleh kebahagian justru ketika mereka bisa memberi. Mereka selalu merasa cukup dengan apa yang mereka dapatkan sebab mereka mengamalkan prinsip, “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.” Dunia adalah rumah mereka, dan semua orang adalah keluarganya. Namun kamu juga harus hati-hati terutama di tempat-tempat baru yang baru kamu datangi. Pelajari situasi dengan baik supaya kamu tidak melakukan kesalahan dan bertindak memalukan.

Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang. :)

About these ads

62 pemikiran pada “Just For Fun: “Analisa Kepribadian Berdasarkan Tanggal Lahir”

    • umm..iya semacam itulah gan.
      tapi biasanya tarot sendiri bisa dipake buat analisa yang lebih spesifik untuk pembacaan individual.
      it’s fun. trust me. *maksa, mengguncang-guncang bahu* :razz:

  1. setelah dicoba, saya mendapatkan pertapa..
    kebetulan memang dengan kepribadian saya, selalu menyediri mencari jawaban yang tak pasti..#behh..

  2. wehehe….
    aku dapat persis yang dicontohkan Mas Ilham, meski tahunnya beda hasilnya tetep sama. ini sungguh luar biasa kidingnya, bisa hampir sama persis ja plek. herman dech. kok bisa ya? pasti orangnya pinter kayak saya. hihihi..

    btw, makasih infonya ya Mas.
    salam yo..

    • hore kalo cocok. :D
      entah juga kok bisa gitu. hehe. mungkin manusia ini ada cetakan dasarnya mas guru. lalu berkembang sesuai pengalamannya masing2. tapi karakter utamanya tetap melekat. yah, kita sebut saja ini misteri Ilahi. hahaha.:razz:
      sama2. salam juga.

  3. Ping-balik: Kantong Ajaib « The Moon Head

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s