Attack of The Monsters (1969) – Gamera vs. Guiron

image: pellecreepy.blogspot.com

Film ini adalah film kelima keluaran Daiei tentang Gamera. Monster berbentuk kura-kura-roket itu terkenal di eranya sebagai monster yang baik hati dan “teman semua anak-anak dimanapun”. Walau kayaknya cuma anak-anak di Jepang doang. Haha.

Mungkin karena itu di film ini melibatkan orang Barat, dan suaranya juga uda didubbing jadi bahasa Inggris. Tapi kalo diperhatiin, aktor-aktris bulenya kayaknya emang bisa bahasa Jepang dengan lancar.

Sinopsis

Dua sahabat Tom dan Akio bersama adik perempuannya Tomoko menemukan UFO tak berawak. Kedua anak cowok itu penasaran dan masuk kedalam UFO. Pesawat luar angkasa itu kemudian membawa mereka terbang meninggalkan Bumi. Tapi nggak ada yang percaya sama Tomoko waktu dia bilang abangnya dan Tom dibawa pesawat luar angkasa.

Di luar angkasa, mereka ketemu Gamera yang membantu mereka lolos dari terjangan asteroid. Gamera mengisyaratkan supaya mereka berhenti dan berbalik, tapi anak-anak itu nggak tahu gimana mengendalikan pesawat itu.

Akhirnya mereka menemukan diri mereka terdampar di sebuah planet asing bernama Terra.

Di planet itu mereka menyaksikan ada monster terbang yang mirip pterodon purba bernama Gyaos. Lalu monster lain bernama Guiron muncul dari dalam tanah dan mengkonfrontasi si Gayus, eh, Gyaos.

Kedua bocah itu kabur menggunakan sebuah alat teleportasi yang mengirim mereka ke sebuah pangkalan di planet itu.

Di dalam pangkalan yang ‘canggih’ itu, mereka ketemu dua alien cantik (aslinya serem kayak Piccolo temennya Goku, tapi mereka iso malih, alias bisa merubah diri). Eh nggak tahunya alien-alien seksi itu berniat membunuh dan memakan otak kedua bocah itu untuk diambil pengetahuannya.😯 Mereka berniat hijrah ke Bumi meninggalkan planet mereka yang sekarat, jadi pengetahuan dari sel otak anak-anak itu akan memudahkan mereka beradaptasi ketika di Bumi nanti.

Tapi tenang, Gamera datang menolong. Walau dia nyaris tewas karena melawan anjing penjaga planet Terra, si Gyaos. Gyaos ini unik (atau aneh), selain kepalanya yang berbentuk kayak piso dapur,πŸ˜› kepalanya itu juga bisa melontarkan shuriken (senjata ala Samurai yang berbentuk bintang).😯 Kok bisa coba. Apa budaya di planet Terra dan di Jepang kebetulan mirip? Lebih jauh lagi, darimana Gyaos dan monster-monster ini berasal??

Singkat cerita, Gamera berhasil menolong Tom dan Akio pulang ke Bumi dengan selamat. Bagaimana caranya? Silahkan tonton sendiri. Hehehe.

Kalo mau bernostalgia dengan monster-monster ala Ultraman jaman dulu, film ini boleh banget disimak.

(Tonton atau unduh film Attack of Monsters disini.)

Stereotip

Ada beberapa unsur stereotip yang muncul di pikiranku ketika menonton film fiksi-ilmiah ini.

Pertama, meskipun para aliennya adalah ras yang amat maju dan bisa menciptakan teknologi-teknologi tinggi, mereka kerap digambarkan agresif dan liar dengan memakan manusia atau suka menjajah planet-planet dan semacamnya.

Kedua, ada adegan dimana salah satu anak dibotakin rambutnya, dan obviously anak yang dibotakin itu adalah Akio, yang menurutku adalah the smartest kid in the movie. Why it’s always the Asian or the African, never the white kids? Padahal Jepang adalah tuan rumahnya di film ini. Sedikit kecewa dan berduka untuk Akio yang dibotakin.

Tapi ibunya Akio dan Tomoko cantik lho.πŸ˜‰ Bahkan lebih cantik dari Elsa, ibunya Tom.πŸ˜›

Ohya, ada lagi yang menurutku cukup keren, yaitu jaket yang dipake Tom itu modelnya mirip sama jaketnya Renton Thurston (anime Eureka 7)!πŸ˜€ Yah nggak persis plek sih, cuma model dasarnya sama. Jaket replika yang ada dijual online justru kelihatan kurang bagus, menurutku. Walau modelnya dibuat persis, tapi detil dan bahannya kayak nggak kelihatan nyaman dipake, seolah sengaja dibuat untuk cosplay doang.

Mungkin nggak ya jaket seperti yang dipake Tom itu masih diproduksi sekarang. (Dan mungkinkah desain karakter Renton terinspirasi dari Tom?)

13 pemikiran pada “Attack of The Monsters (1969) – Gamera vs. Guiron

  1. aku gak memperhatikan film iniπŸ˜€ tapi, menjawab kemungkinan model baju yang terinspirasi, sih rasanya iya, mengingat memangceritanya ada unsur mecha 2-2nya, kan. biasanya mirip-mirip :p *ngaco

  2. ulasan film yang sangat baik.Setidaknya membuat orang yg tidak menonton film ini serasa sudah menonton. He he he.
    Apalagi lengkap dg detail analisa – misalnya kok bisa ya tampangnya mirip pteranodon tapi bisa mengeluarkan senjata shuriken? Atau juga monster yg serupa dg yg di ultraman. Wah.. aku jadi ikut membayangkan adegannya dg lebih baik.

    • wakaka. persis mbak.πŸ˜€ kayaknya teknik buatnya masih mirip2. monsternya orang pake kostum, latar alamnya miniatur, laser, dsb. cuma disini agak2 gory, soalnya kelihatan kalo monsternya luka darahnya muncrat2..πŸ˜†

  3. ini gamera verssi appa sihh ????
    knppa bssa membahas tentang planet, pdahal yg sesungguhnya tdg bgnni ..
    apakah gamera itu kissah nyata atau tdg ???!!!……

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s