What Keeps You Up?

Mungkin lebih tepat jika judulnya diganti dengan “cara aneh untuk tetap terjaga”. :lol: Karena beberapa hal berikut ini mungkin sifatnya ‘agak spesifik’ sebagai cara yang biasa aku lakukan untuk bikin mata dan pikiran tetep melek.

  1. image: 123rf.com

    Minum teh. Kopi justru nggak memberi kontribusi banyak bagiku. Yang ada jadi naikin anxiety dan racing thoughts yang bikin nggak bisa fokus. Mungkin bisa dibilang aku minum kopi untuk kesenangan aja (ceila). Biasanya aku nyeduh teh tawar. Aku suka teh celup kantong bundarnya Sariwangi, yang osmosis-osmosis itulah. Hehe, bukan promosi ya. Karena aku suka rasanya yang lebih pekat. Teh celup yang biasa juga bisa jadi selingan yang menyegarkan dengan rasanya yang lebih ringan dan harum. Teh dapat membuatmu merasa hangat dan nyaman.

  2. Buku non-fiksi. Buku non-fiksi bisa bikin pikiran tetap terhubung dengan dunia nyata dengan ‘rasa’ tulisannya yang cenderung bergaya jurnalistik. Aku biasanya suka baca buku-buku memoar atau spiritual. Buku seperti The Complete Book of Zen karya Wong Kiew Kit berisi banyak pengetahuan seputar sejarah Zen dan perkembangannyu. Juga ada cerita-cerita atau gong an yang sangat inspiratif dan memberikan pencerahan kesadaran. Buku ini adalah salah satu buku favorit sepanjang masaku. (spoiler: di akhir buku ada jurus-jurus kungfunya. Atau taichi ya? Pokoknya menarik lah. :D )
  3. Deah Havana. Yeah!! Deaf Havana adalah band rock asal Inggris. Dengerin lagu-lagu mereka bisa bikin melek dan ikut manggut-manggut. (Ivoryline juga keren, tapi aku udah agak bosen karena udah dengerin cukup lama. Silahkan cari lagu-lagu kedua band ini, nggak bakal nyesel deh. :D ) Dulunya Deaf Havana cenderung beraliran screamo. Tapi aku suka album Fools Worthless Liars karena lebih…(nggak mudeng jenis-jenis musik sih) mungkin alternative rock kali ya, atau post-hardcore seperti genre ‘bawaan lahir’ mereka. Di album ini unsur screamo-nya udah nggak ada. Jujur aku juga kurang suka yang tereak-terak nggak jelas di musik-musik hardcore. Jadi album ini bisa lebih kunikmati. Track favoritku: I Am A Bore, Mostly.
  4. image: drugs.com

    Poldanmig. Are you cereal?? Yes, I-uh..it’s serious, not cereal. So, yeah, I’m serious. Aku sudah cukup lama mengandalakan obat ini untuk berbagai tujuan (kayak ‘tujuan’ kejahatan aja :shock: ). Mulai dari sakit kepala, menurunkan ketegangan di kepala dan badan, sampai untuk bikin pikiran melek lagi. Kok bisa? Mungkin karena kandungan kafein yang ada di dalamnya. Dan yang nggak kalah penting adala efeknya yang merilekskan otot serta syaraf. Walau demikian, poldanmig juga gak bebas efek samping. Sebagai kategori obat warung yang dijual bebas, obat berbentuk kaplet ini suka bikin perut terasa gak enak, istilahnya itu bersifat diuretik, jadi bisa bikin dehidrasi, perut keroncongan dan merasa lapar terus. Walau bagiku efek samping itu masih bisa ditoleransi dibandingkan khasitanya yang menurutku cucok. :D Kadang aku sampe ‘nyetok’ dua atau empat strip buat disimpen di kamar. It’s kinda dark side of me. lol.

  5. Labradorite. Perhatian: ini bukan properti perdukunan! Walau aku suka becandain sama Emakku dengan menyebut kalung ini “upil genderuwo”. :mrgreen: Aku beli kalung batu berwarna keabu-abuan ini dari tokotarot di facebook. Batu ini punya banyak fungsi kesehatan, seperti untuk kesehatan mata dan menghalau udara dingin. Yah percaya nggak percaya sih. Untuk adilnya, kita asumsikan aja bahwa apapun yang ada di alam ciptaan Allahu ta’aala ini pasti ada aja manfaatnya buat manusia. :) Yang jelas ini kalung gak ada ‘isi-isian’ goibnya >.< (kalo ada mah atuuttt…) Efek yang paling aku rasakan kalo pake batu ini justru jadi lebih melek dan pikiran lebih fokus. Pas banget buat kalo lagi bikin postingan kayak sekarang. Tapi makenya juga jangan terlalu lama sih. Dalam sehari paling nggak cukup sekitar 8-12 jam aja. Kalo kelamaan, biasanya bisa bikin agak gelisah dan susah tidur. Semua kembali ke keyakinan masing-masing sih ya. *komentar ala artis ibukota* :D
  6. Jangan makan. :lol: Kebiasaanku kadang suka nyediain mie instan buat makanan tengah malem. Sungguh merupakan misteri kenapa orang sering laper pas tengah malem. (Ente doang kali gan. Perut elastis sih.) Kalo pengen melek, sebisa mungkin nahan laper. Ganjel aja pake minum air putih yang banyak atau minum teh. Cemilan kecil yang dimakan sebagai teman kopi juga mantap, walau itu bisa numpuk lemak dan zat-zat gak bergizi juga sih. Pokoknya jangan makan yang berat-berat lah. Untungnya di rumahku ada warung. Beberapa saat setelah warung ditutup, sudah merupakan ‘tradisi’ aku langsung ngesot ke kios buat ngambil makanan. Supaya nggak ngantuk mending ambil cemilan yang ringan-ringan aja. Kayak kardus-kardus atau sabun colek. :shock: Cemilan yang biasanya aku ‘rampok’ :mrgreen: dari warung itu roti gopekan dan cemilan tradisional serupa stik bawang dan keripik pisang/singkong. Dan ada satu lagi jajanan unik di warung kami, yaitu lapis legit panggang! Bingung bayanginnya? :D Jangan sedih cin… Hehe. Lapis legit panggang itu adalah lapis legit sisa produksi yang dipanggang sampe keras. Rasanya gurih dan renyah. Walaupun sisa produksi, bukan berarti basi lho, cuma kondisinya tidak se-prima untuk dijual di toko. Yang buat masih kerabat keluarga kita sih soalnya. :razz:

Nah apakah kamu punya tips lain untuk bikin mata dan pikiran melek (selain tips mengerikan diatas :lol: )?

26 pemikiran pada “What Keeps You Up?

  1. piknik ! pergi berwisata adalah salah satu cara untuk recharge my spirit of life loh.

    baru tiga pulau yang ujung ke ujung telah kami sekeluarga telusuri lewat jalan darat : pulau Bangka, pulau Madura dan pulau Bali.

    next target adalah : Lombok :)

  2. saya sepertinya gk ada alternatif lain untuk tetap melek di depan komputer. Ketika asiik aja di depan laptop maka mata saya akan terus melek. Ketika situasi mulai tidak asik di situlah mulai terserang kantuk. Dan ketika suasana kembali asik, seketika itu kantuk pun pergi. Dan di saat kantuk bener2 tidak mau beranjak maka saya akan mengalah dan menurutinya untuk beristrahat.

  3. Apa yang membuat tetap terjaga?
    Ketika sedang super excited pada sesuatu. Misalnya, baru pulang nonton konser grup idaman. Secapek apapun tetep gak bisa tidur.
    Oh, sama kalo lagi gugup. Misalnya besok SPMB, gak bisa tidur. Besok interview kerja, gak ngantuk-ngantuk. Besok tes Toefl, deg-degan semaleman. Otak gw emang suka lebay deh soal hal-hal seperti itu jadi susah tenang hihihi.

  4. green tea…dia bikin relaks dan nambah fokus

    klo saya sih sukanya jahilin orang, itu bisa bikin mata dan pikiran tetep melek :lol: (ini tips yang lebih mengerikan, don’t try this at home!!)

    • waah menyenangkan kayaknya. saya juga kadang2 begitu. nonton film2 yang udah disimpen di hardisk. tapi sering, di tengah jalan filmnya aku malah ngantuk. trus pelan2 mindahin laptop keatas meja, jangan buat gerakan tiba2 atau mikir yang macem2 supaya ngantuknya gak ilang. :lol:

  5. Saya kapok minum Poldanmig … beberapa tahun lalu sempat keracunan haha gara-gara kebanyakan konsumsi Poldanmig dalam jangka panjang.
    Lepis legit goreng itu pake tepung kan? Kalau gitu, saya kenal betul hahaha :D

Tulis Komentar

