Winter: How Are You Gonna Live Your Life?

Supaya nggak lama-lama bingung dengan judulnya, postingan saya kali ini mau menceritakan sosok inspiratif yang saya tonton lewat film Dolphin Tale (2011), Winter.

Winter adalah seekor lumba-lumba betina yang diselamatkan oleh Clearwater Marine Aquarium di Florida. Karena cidera yang cukup parah, Winter harus kehilangan ekornya, alat utama yang digunakan lumba-lumba untuk berenang dan bertahan hidup.

Di film Dolphin Tale, ceritanya berpusat pada seorang anak bernama Sawyer Nelson, 11 tahun, yang menjalin hubungan emosional dengan Winter. Dia bersama teman-teman barunya di Clearwater merawat hewan-hewan laut yang cidera hingga sehat dan dilepas kembali ke alam liar. Tapi ada seorang pengusaha kaya yang mau membeli tempat itu untuk dijadikan hotel. Sementara mereka kehabisan dana. Belum lagi mereka harus berusaha mendapatkan pertolongan untuk Winter.

Mereka pun mendapatkan bantuan dari Dr. McCarthy (Morgan Freeman), seorang ahli pembuat anggota tubuh buatan atau prostetik. Dia mencoba berbagai macam model yang membuat Winter akhirnya nyaman menggunakannya.

Lumba-lumba dalam film ini (dan nampaknya semua hewan dan seluruh fasilitas tersebut) berperan sebagai dirinya sendiri. Winter adalah lumba-lumba betina yang menggunakan ekor prostetik untuk berenang. Tapi saya nggak tahu pasti bagian mana saja yang merupakan kejadian nyata dari filmnya. Di akhir film ada cuplikan-cuplikan asli video dari dokumentasi pribadi Clearwater Marine Aquamarine saat menyelamatkan Winter dan mulai merehabilitasinya.

Dalam film, Winter mulai dikenal orang luas ketika Sawyer berinisiatif membuat website dan acara penggalangan dana Save Winter Day dan seewinter.com (ini juga saya nggak tahu apakah dari kejadian asli atau bukan, tapi situsnya sungguhan dan valid sebagaimana saya tautkan di nama Clearwater Marine Aquarium diatas).

Banyak orangtua yang mengajak anak-anak mereka yang memiliki keadaan yang sama dengan Winter, alias anggota tubuhnya nggak lagi sempurna. Ini adalah bagian yang paling mengharukan, ketika ada cuplikan dari kunjungan para anak-anak cacat tubuh yang dipandu para penjaga masuk ke kolam untuk berinteraksi dengan Winter. Mereka kelihatan senang seperti layaknya anak-anak yang main ke taman hiburan lainnya. Namun selain itu ada juga orang-orang dewasa yang difabel yang mengunjungi Winter. It’s so beautiful. <- berkaca-kaca

Di situs seewinter.com kita juga bisa melihat langsung Winter dan teman-temannya melalui kamera webcam.

Winter telah menginspirasi banyak orang. Ia juga memenangkan American Humane Associationโ€™s Peopleโ€™s Choice PAWSCAR Award di kanal Animal Planet dari Discovery Channel.

Adegan endingnya sukses bikin dada saya empot-empotan karena nahan airmata.๐Ÿ˜† Adegan ending dimana Sawyer berenang bersama Winter diiringi lagu “Safe” oleh Westlife yang bikin mengharu-biru, gegap-gempita, semua lah bercampur aduk… Disambung dengan montage atau cuplikan tentang Winter dan sepak-terjangnya di dunia nyata dalam menginspirasi orang-orang.๐Ÿ˜€

Jorge Ribas interviews the cast and crew to find out how much of the movie remains true to life.

Cuplikan ending film Dolphin Tale dengan lagu “Safe”. (Bukan sekedar film yang heart-warming, tapi juga menginspirasi.)

Di dunia manusia sendiri banyak orang-orang yang inspiratif dimana dengan kecacatan tubuhnya, mereka masih bisa berprestasi dalam berbagai bidang olahraga yang mungkin kesannya mustahil. Inilah bagaimana kisah Winter dan orang-orang hebat ini saling terhubung. Kisah-kisah mereka adalah kisah tentang bagaimana kita menjalani hidup meski dengan berbagai keterbatasan. Bagaimana mereka, kita, bisa membuat mimpi bisa menjadi kenyataan, dengan kekuatan motivasi.

gambar: zap2it.com; msn.com

18 pemikiran pada “Winter: How Are You Gonna Live Your Life?

  1. hmm, salah satu film keluarga yg bagus nih~๐Ÿ™‚
    saya juga suka lihat lumba2, apalagi pas lagi di kapal laut~๐Ÿ˜‰

    • hehe.. wah kalo sampe musim dingin ada di indonesia, berarti akhir dunia udah deket gan, dan saya bakal masuk angin terus tiap hari…๐Ÿ˜†

  2. Ping balik: Ikan Besar Di Kolam Sedang | The Moon Head

  3. Ping balik: Saya Suka Suara Aktor-Aktor Ini | The Moon Head

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s