Kiblat Kontroversial

Di kampung kami lagi wara-wiri soal pembangunan tambahan mesjid yang arah kiblatnya dinilai masyarakat terlalu melenceng dari arah yang benar.

Inilah hasil pencarian lokasi Lorong Sukoharjo tempat tinggal saya dan “arah kiblat yang benar” lewat situs http://rukyatulhilal.org/qiblalocator/:

Titik tengah pada silangan arah angin itu adalah Mesjid Nurul Hidayah. Garis merah adalah arah kiblat yang seharusnya.

Gambar dalam peta ini tidak live. Sepertinya menggunakan cuplikan gambar yang diambil dua tahun sebelumnya, yaitu 2010. Kondisi sebenarnya area kosong di sebelah mesjid itu kini sudah dibangun dan hampir selesai.

Pembangunan ini jadi kontroversi karena pihak pengembangnya yang juga warga kampung kami nampaknya tidak sepakat dengan warga lainnya soal arah kiblat yang dinilai terlalu melenceng. Sementara beliau menegaskan bahwa dia yang akan bertanggungjawab atas apapun yang terjadi dengan pembangunan mesjid tersebut.

Membangun sebuah mesjid memang tidak semudah membangun rumah atau bangunan biasa. Diperlukan banyak perhitungan disamping struktur dan desain.

Tapi kalau sudah begini, bagaimana seharusnya bersikap? Bagaimanakah hukumnya dalam Islam jika sebuah mesjid dibangun dengan arah kiblat yang keliru?

Ada masukan?

Iklan

17 pemikiran pada “Kiblat Kontroversial

    • saya juga belum liat gimana bentuk dalem mesjid barunya. 😳 kalo bisa diakali seperti itu sih mungkin2 aja gan.
      itu nama lorongnya aja gan sukoharjo, tapi di kota medan πŸ˜€

    • namanya juga manusia mbak, bisa salah perhitungan :mrgreen: yang penting gimana supaya hal2 kayak gini gak memecah masyarakat dan tetap bisa beribadah dengan tenang..

      • iya sih, semua tergantung dr semua pihak agar nggak terpecah belah gara gara pembangunan masjid yg salah

  1. Saran yang ingin saya sampaikan sudah di wakilkan oleh yang lainnya.

    Arah kiblat di daerah saya hampir searah dengan matahari terbenam, jadi tidak perlu menggunakan hal itu. Salam blogging

  2. mesjid di lingkungan saya juga mengalami hal seperti ini..
    tapi disikapi dengan memiringkan barisan sof mendekati derajat yang sebenarnya.. cukup jauh itu miringnya…

    dan juga mesjid di lingkungan saya dalam proses pembangunan, tapi tidak membongkar keseluruhannya..

    sudah dikonsultasikan kah dengan panitia di masjidnya?

    • itu yang saya nggak tau. nampaknya bapak2 disini menjaga sensitifitas sama pengelolanya. karena nggak mau berselisih juga.. mungkin nanti di akhir bisa diputuskan gimana ngakalinnya. thnx gan kunjungan dan masukannya. πŸ™‚

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s