Suasana Liburan

Saya nggak inget kapan terakhir kali ngerasain yang namanya susana dan semangat liburan. Mungkin yang paling berkesan adalah liburan masa-masa sekolah seperti saat ini, terutama SD dan SMP.๐Ÿ˜€

Dulu liburan sekolah disambut dengan riang gembira, dimana kita bisa menghabiskan seharian main sama temen-temen, dan menyadari bahwa sudah jam 10 pagi tapi kita berada di luar, main, dan bukannya di kelas, menyimak pelajaran. Indahnya liburan…๐Ÿ˜†

Beda dengan sekarang ketika saya lebih banyak di rumah. Jika masa liburan sekolah tiba, itu artinya harus menghadapi kebisingan anak-anak yang main-main dan lari-lari di sekitar rumah. Jadi berasa tua bangka banget. *nempel di dinding, menahan tangis sambil ngupil*

Pemandangan di sekitar saya di kala liburan salah satunya adalah anak-anak yang beramai-ramai ikut les sepak bola. Bahkan sebelum musim piala Eropa 2012, anak-anak di sekitar rumah saya sudah banyak yang masuk dan ikut les bola di sebuah lapangan di pasar VII (kami tinggal di pasar V) yang terkenal jadi tempatnya kursus bola untuk anak-anak.

Selama musim piala Eropa, jelas terlihat makin banyak anak-anak yang antusias ikut les bola. Suatu sore saya naik motor dan di sepanjang jalan, saya ngeliat anak-anak pada pake kostum bola bersiap berangkat. Saya sampai ngira mereka mau pertandingan antar sekolah. Tapi ternyata pemandangan itu ada di tempat-tempat lain yang cukup berjauhan.

Ada anak-anak yang dianterin ortunya, ada juga yang pergi sendiri naik angkot atau sama temen-temennya.

Antusiasme dan semangat mereka terlihat jelas. Mengingatkan saya dengan liburan di masa-masa SD dan SMP. Sayangnya saya bukan penggemar sepak bola. Jika datang masa liburan, saya biasanya cuma main sama temen, atau diam di rumah sambil nonton kartun, dan sekali-sekali, kalo ada uang, beli buku bacaan baru.

Tapi yang seru itu justru kalo ada tugas kelompok. Misalnya dulu waktu kelas 6 SD, kita dikasih tugas pelajaran IPA untuk menanam tumbuhan kacang hijau alias tauge. Ketika liburan usai, tumbuhan itu harus udah bertunas, kalo nggak yah nggak dapet nilai yang bagus.

naik sepeda saat liburan

Ngerjain tugasnya mungkin nggak lama, tapi di sela-sela itu kita biasanya disuguhi makanan atau bikin makanan sendiri seperti rujak atau, biasanya yang cewek-cewek masak mi instan pake telor.๐Ÿ˜› Kalaupun langsung pulang setelah ngerjain tugas, rasanya udah seneng pergi naik sepeda jauh-jauh ke rumah temen, jajan di warung-warung asing dan melihat kegiatan liburan anak-anak di kampung lain.๐Ÿ˜† Sudah cukup menyenangkan bagi anak yang kuper seperti saya.

Bagian terbaiknya mungkin adalah keluar rumah tapi bukan untuk sekolah atau ngaji madrasah (walau mirip Ben Affleck gini saya juga pernah madrasah dong…), melainkan untuk melakukan apapun yang ingin saya lakukan, dan menemukan apa yang bisa ditemukan. Bener-bener life is an adventcha!๐Ÿ˜€

Bagaiman suasana liburan sekolah di tempatmu? Ceritakan masa-masa liburanmu semasa kecil.

sumber gambar: jupiterimages.com; encyclopediadramatica.se

9 pemikiran pada “Suasana Liburan

    • wah jadi ngiri.. dulu saya justru rela jauh2 ke rumah temen (karena masih kecil rasanya jauuh) cuma untuk minta dibuatin kapal2an kayak speed boat-nya hulk hogan.๐Ÿ˜† nyesel juga kenapa nggak sekalian minta diajarin.๐Ÿ˜ฆ

  1. Ngakak…. huahahaha ga lah masak berasa tua bangka banget sih… lol…
    btw itu kucing lucu banget deh… hahahaha…
    Aduh omong2 masa kecil jadi pengin kembali ke masa kecil yg ga ada beban…๐Ÿ˜ฆ

Tulis Komentar

