Buta (Warna)

Pick a random word and do Google image search on it. Check out the eleventh picture it brings up. Write about whatever that image brings to mind.

http://dailypost.wordpress.com/2012/10/30/daily-prompt-5/

Jadi, saya memilih kata “buta” lalu mencari gambarnya di Google, dan gambar ke-11 adalah gambar seperti ini:

Tentunya saya familiar dengan gambar diatas karena dulu di sekolah pernah diadakan tes buta warna. Cuma lucunya, pas giliran saya malah dilewatin, entah tidak sengaja atau bagaimana saya nggak tahu. Mungkin bapak yang menjalankan tes itu nggak ngeh lagi karena capek keliling kelas mengetes satu-satu murid.

Saya merasa antara lega dan bingung. Lega karena jadi nggak ketahuan deh kalo saya buta warna.πŸ˜† Bingung karena ya itu tadi, kok bapak itu nggak inget sama saya mentang2 saya duduk paling ujung, sementara temen sebangku saya dapet giliran.

Saya nggak tahu saya ini buta warna tipe seperti apa. Misalnya melihat gambar diatas, saya tahu ada angka 12 disitu, tapi saya nggak bisa bilang itu warna apa. Apakah abu-abu, merah, oranye atau hijau (ragu-ragu).

Buta warna saya (mungkin) lebih dipengaruhi wawasan tentang warna yang sangat sempit. Selama ini saya berlatih dengan mencoba mengingat-ingat tiap jenis gradasi warna, yang ini termasuk warna apa, warna ini mirip warna benda apa yang pernah dilihat, dst… Jadi menggunakan cara berpikir asosiatif dengan menghubung-hubungkan dan mengingat, karena nggak bisa langsung bilang dengan tepat itu warna apa.

Kalo ketahuan buta warna itu ya memang malu, makanya sebisa mungkin saya jangan sampe ditanya orang tentang warna sesuatu.

Bagaimana ya cara supaya bisa cepat mengenali warna?πŸ™‚

gambar: rasyid14.wordpress.com

40 pemikiran pada “Buta (Warna)

  1. Dulu dua teman kampusku juga ada yang buta warna; yang satu cuman bisa lihat antara warna hitam-putih, satu lagi cuman bisa liat warna primer; merah, kuning, biru. Dan hebatnya, aku baru tau mereka buta warna pas masa skripsi *ke mana aja*

    Semoga “kekurangan” ini gak bikin terlalu minder dan tetep semangat meraih impian *semangat!*

    • oohh ngono tha.. saya baru ngerti lho info itu.
      yaa tetep aja kadang2 malu, minimal pucet kalo disuruh nunjuk misalnya “yang pake baju warna apa??”πŸ˜•

  2. setahu saya sih mas, tes buta warna itu hanya untuk melihat mata untuk membedakan objek yang lebih dari satu memiliki warna yang berbeda, misalkan kalo buta warna yang hanya bisa melihat hitam dan putih, maka gambar diatas tidak akan terlihat perbedaanya, jadi angka 12 tidak akan terlihat meski warnanya berbeda.

    Lha kalo warna dan penyebutan bisa berbeda-beda setiap orang walaupun secara umum tidak banyak…. kalo nanya mbah saya yang angka 12 warnanya kuning jerok manis dan lingkarannya warnanya celonone cah sma……

  3. Ping balik: Hantu Siluet Joget-Joget | The Moon Head

Tulis Komentar

