Siapa Yang Ada Di Hadapanmu

Suatu hari seorang pemilik perusahaan kaya raya tengah sekarat. Karena tidak memiliki keturunan, ia berniat menyerahkan perusahaannya kepada Julian, asistennya yang setia. Tapi sebelum itu dia memberikan sebuah pertanyaan kepada asistennya dengan tujuan agar ia belajar sesuatu yang penting sebelum mengambil alih perusahaan.

“Jawab aku. Siapa yang ada di hadapanmu?”

Karena sudah terbiasa menghadapi bosnya yang senang berteka-teki, Julian hanya tersenyum dan menjawab sekenanya.

“Saya melihat Anda, Pak. Hanya ada kita berdua di ruangan ini.”

Bosnya yang tua menggeleng. “Julian, aku hanyalah gambaran dari persepsimu tentang diriku. Aku bukan fakta yang bisa kau jalani, aku hanyalah kumpulan informasi yang kau bentuk untuk mengidentifikasi diriku, kamu tidak bisa mengubahku bahkan jika kamu berpendapat berbeda tentangku. Maka, jika aku hanyalah persepsi dalam pikiranmu…siapa yang ada di hadapanmu?”

Julian tersenyum penuh hibur. “Tidak ada siapa-siapa selain diriku.”

Laki-laki tua berambut seputih kapas itu tersenyum simpul. “Apa yang ada di hadapanmu tidak signifikan. Fokuslah pada membenahi dirmu sendiri agar kamu bisa membuat perubahan-perubahan baik. Aku percaya kamu mampu melakukannya.”

Beberapa hari kemudian pengusaha itu meninggal dunia.

Melalui cerita ini saya sekedar mencoba menerjemahkan apa yang saya pahami dari kata-kata Marcus Aurelius (seorang kaisar Roma) diatas. Pembaca yang lain mungkin punya interpretasi yang berbeda. Namun, semoga apapun motivasi positif di dalamnya bisa bermanfaat dan dapat kita aplikasikan dalam kehidupan nyata.

http://www.brainyquote.com/quotes/quotes/m/marcusaure143088.html

6 pemikiran pada “Siapa Yang Ada Di Hadapanmu

Tulis Komentar

