Daughter of Fortune: Masa Lalu Yang Penuh Suka-Duka

DETAIL

Judul Daughter of Fortune
Seri
ISBN/EAN 9789792252354 / 9789792252354
Author Isabel Allende
Publisher Gramedia Pustaka Utama (GPU)
Publish 25 Desember 2009
Pages 550
Weight 200 gram
Dimension (mm) 140 x 210
Tag Fiksi

Saya mungkin nggak bisa ceritain secara mendetil, karena memang otak ini susah nangkep πŸ˜› dan sempat beberapa lama pause baca novel ini.

Singkatnya, Eliza Sommers adalah gadis berusia 16 tahun dari Valparaiso, Chile. Pacaran sama pemuda lokal Joaquin Andieta. Joaquin pergi ke California untuk mencari emas. Ternyata Eliza hamil anaknya Joaquin. Akhirnya gadis itu nekad menyusul pacarnya dengan menyelundup di sebuah kapal.

Di kapal itu dia bertemu Tao Chi’en, seorang calon zhong yi (semacam tabib) dari Cina. Tao Chi’en merawat Eliza selama sakit hingga akhirnya gadis itu keguguran di atas kapal.

Sampai di California, mereka mulai hidup bersama sebagai pasangan adik-kakak dari Cina. Eliza menyamar sebagai anak Cina bisu-tulis sambil membantu Tao mengobati orang. Dia mengumpulkan uang dari hasil membantu Tao untuk mencari kekasihnya, Joaquin.

Mereka kemudian berpisah jalan untuk akhirnya dipertemukan kembali.

Singkat cerita, Eliza mulai nggak yakin apakah dia benar-benar masih mencintai Joaquin, atau apakah sebaiknya dia memilih orang yang selama ini telah menjadi sahabat dan pelindungnya.

Juga akan ada pengungkapan mengenai hubungan Eliza dengan keluarga Sommers yang mengasuhnya sejak bayi.

Banyak fakta sejarah

Banyak fakta sejarah yang menarik dan bermanfaat di dalam novel ini. Seperti demam emas yang terjadi pada tahun 1849 yang membuat California tumbuh dari kota tanpa hukum menjadi kota yang populer hingga sekarang, termasuk juga diskriminasi ras, serta detil-detil yang lebih kecil yang menceritakan peralihan kapal layar ke kapal uap, bagaimana sejarahnya Inggris membangun koloni di Chile, dan sebagainya.

Juga terdapat tokoh-tokoh yang benar-benar ada dalam sejarah seperti Harry Love, Joaquin Murieta, dan Lola Montez.

Bisnis yang berkembang pesat pada waktu itu cenderung berhubungan dengan seksualitas :mrgreen: seperti majalah dan buku porno, rumah bordil, gadis-gadis ‘komersil’ untuk memenuhi kebutuhan batin para penambang yang kesepian jauh dari kampung halaman. Tapi juga ada bisnis makanan dan penginapan serta bar. Emas (dalam bentuk padat maupun serbuk) menjadi alat pembayaran yang umum pada masa tersebut.

Tak lupa juga diceritakan bagaimana kondisi Cina pada masa lalu (ketika menceritakan latar belakang tokoh Tao Chi’en). Tentang tradisi membebat kaki anak-anak perempuan sejak kecil agar membentuk kaki yang mungil, para orangtua yang lebih suka memiliki anak laki-laki ketimbang anak perempuan, serta para fan wey alias orang asing yang menuai sambutan yang berbeda di kalangan masyarakat lokal.

Versi film?

Kayaknya belum ada. Yah, nggak semua buku harus difilmkan memang. Tapi mungkin akan menarik jika ada yang mau menggarapnya dan menjadikannya salah satu film referensi tentang sejarah California dan Amerika secara umum.

Novel dewasa

Novel Isabel Allende ini memang novel dewasa. Terdapat sejumlah gambaran eksplisit seksualitas dan kekerasan didalamnya. Tapi tidak terlalu vulgar jika dibandingkan ‘nilai pengetahuan sejarah’ yang terkandung di dalamnya.

Sangat direkomendasikan bagi yang suka baca novel percintaan berlatar belakang sejarah. Novel yang layak dijadikan bacaan utama ataupun bacaan sambilan disamping novel favoritmu.

Selamat membaca.

Iklan

27 pemikiran pada “Daughter of Fortune: Masa Lalu Yang Penuh Suka-Duka

    • iya masih jadi kaki anak2 perempuan cina jaman dulu itu udah dibiasain ditekuk sampe tulangnya hancur perlahan2 supaya bisa pake sepatu yang mungil. bagi mereka itu cantik. πŸ˜• contohnya kayak gini nih mas:
      foot binding
      gambar: coolpics.zxq.net

  1. review yang menarik, kata penerjemahnya, bukunya ada 3 seri; Daughter of Fortune, Portreit in Sepia dan The House of The Spirits, semua sudah diterjemahkan gramedia, dan masuk buku obral πŸ˜€

    aku udah punya seri 1&3, tapi yang ke 2 belum, jadi bacanya dipending dulu hehehe.

  2. Ceritanya menarik banget ya..latar belakang sejarah tentu membuatnya semakin berbobot.
    Selain itu kelihatannya tukang ulasnya juga jago nih.. jadi keseluruhan ceritanya membuat yang membaca postingan ini jadi ngiler pengen membaca bukunya juga he he..

  3. Ping balik: (Ngimpi) Novel Ratu Elizabeth | The Moon Head

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s