Uangnya Pelasu!

palsuSaat saya membelanjakannya di grosir beberapa waktu lalu, otomatis uang palsu itu dibicarakan ke pengunjung lainnya. Disamping reaksi saya yang datar-datar aja, sebenernya dalam hati saya malu karena kok kesannya saya dan orangtua saya itu kelewat lalai dan nggak jeli sebagai pedagang. Soalnya uang itu jelas-jelas dicoret penuh oleh spidol, yang artinya sudah ditandai atau diblacklist karena palsu.

Tapi saya nggak lantas mengusut, darimana asal uang palsu itu. Dan sebenernya saya nggak begitu peduli meskipun itu uang palsu 50ribu. Mungkin karena bukan saya yang mengusahakannya, jadi tidak mengerti nilainya bagi penghasilan keluarga dalam sehari dari jualan di warung.

Jujur saja, saya langsung negative thinking sama Bapak saya. Karena dia orangnya suka terlalu baik sama orang, dan saya nggak heran jika ada tetangga atau (yang mengaku) temannya mau menipu dengan membelanjakan uang palsu itu di warung kami saat Bapak menjaga warung di malam hari.

Tapi yang penting sih bagaimana mengikhlaskannya saja. Mungkin ini suatu bentuk kehilangan karena kami kurang beramal.

Pelajarannya sudah jelas ya, harus lebih jeli jika mendapatkan uang apalagi dengan nilai relatif besar. Uang palsu yang saya serahkan di grosir waktu itu teksturnya lebih lembut dan agak tebal seperti plastik, kalau dikuwel-kuwel tidak mengembang kembali (seperti dalam postingan yang saya temukan di blognya Kang Yan ini). Bandingkan juga dengan cetakan uang asli. Warna dan layout-nya bisa berbeda, seperti uang palsu yang kami dapatkan, warnanya lebih gelap dan cetakan gambarnya bergeser sedikit ke bagian bawah.

Tips Membedakan Uang Asli Atau Palsu

17 pemikiran pada “Uangnya Pelasu!

Tulis Komentar

