Crisitunity

Crisitunity adalah portmanteau atau gabungan dari dua kata yang diciptakan oleh karakter kartun Homer Simpson.

Dalam episode “Fear of Flying”, ketika Homer putus asa sejak diusir temen-temennya dari bar langganannya, Lisa menyemangati si ayah dengan memberitahu bahwa dalam bahasa Cina “crisis” dan “opportunity” memiliki kata yang sama. Lantas Homer berseru, “Yes. Crisitunity!” dan bersemangat pergi mencari bar langganan baru. 😛

Crisi-tunity

Kata yang dimaksud Lisa adalah 危机 (wēijī/dibaca: wei-chi). Wēi bisa juga diartikan sebagai bahaya, sementara jī juga memiliki banyak pengertian, salah satunya adalah titik kritis. Wikipedia

Kata ini memang sering dijadikan kata motivasi agar kita tidak memandang pesimis suatu bencana/cobaan. Bahwa apa yang kita terima dan apa yang hilang dari kita belum tentu seperti yang kita pikirkan.

Misalnya ketika komputer atau gadget kita rusak, mungkin itu kesempatan untuk membaca buku-buku menarik yang belum pernah kita baca. Ketika seseorang dipecat dari suatu pekerjaan, mungkin itu adalah kesempatan baginya untuk jadi pengusaha yang sukses. Ibaratnya, ketika satu pintu tertutup, pintu lain terbuka.

Yang pasti, setiap nikmat/cobaan yang kita terima itu bertujuan membuat kita jadi lebih baik asal disikapi dengan positif. Ya nggak? 😛 Ya nggak ya? 🙄

Apakah kamu pernah punya pengalaman crisitunity seperti contoh diatas?

 

Iklan

22 pemikiran pada “Crisitunity

  1. Ketika saya menghadapi klien yang rewel, itu krisis. Tidak ada yg tahan dengan omelannya. Buat saya, kesempatan untuk menaikkan tarif sekian kali lipat. Klien rewel mau, karena tidak ada yang mau handle dia.
    Itu juga bisa disebut cristunity?

    • ya termasuk. mungkin dengan begitu kita jadi punya kesempatan untuk mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri. jadinysa bisa memilih yang terbaik yang kita punya untuk dicurahkan kedalam pekerjaan maupun berhubungan dengan orang lain. *kata sayaaahh* :mrgreen:

  2. crisitunity.. wah, kak.. baru denger pertama kali ini dari kakak! mmm.. saya sih nggak sadar kapan tepatnya pernah ngalamin itu, tapi saya yakin hidup saya nggak jauh-jauh dari crisitunity :mrgreen:
    btw, header barunya bikin senditi ya kak? 😀

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s