Foxing Pada Buku

Salah satu kekurangan dari buku murah atau obralan itu adalah kondisinya yang memang nggak selalu bagus. Biasanya kalo kemasan plastiknya udah kebuka dikit aja langsung jamuran dan meninggalkan noda kekuningan seperti “karat.”

Karena penasaran gimana cara ngilanginnya, akhirnya saya mengumpulkan sejumlah informasi berikut ini. (Tapi jujur saya belum nyoba cara-cara menghilangkannya, soalnya ribet pake bahan-bahan kimiawi. 😦 )

Ada banyak tipe jamuran pada buku, (foto, celluloid) dan salah satu yang paling umum adalah “Foxing.”

foxing buku

Foxing disebabkan oleh spora mirip jamur yang namanya diambil dari Ferrous Oxide (FOx), kandungan besi dalam bubur kertas (yang diolah secara kimiawi) yang menarik jamur tersebut. Kesemua penjamuran ini dipicu oleh kelembaban udara tertentu.

Kertas dan kulit bersifat higroskopik, yang artinya menarik kelembaban dari atmosfer. Maka jika tidak dilindungi dari kontak dengan atmosfer yang lembab, buku akan rusak.

Cara mencegah Foxing

Cara terbaik mencegah foxing lebih lanjut adalah dengan menyimpannya dengan benar. Buku harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Perpustakaan dan museum menjaga kelembaban relatif 50% untuk menghentikan proses foxing.

Di rumah, kita bisa melakukan teknik-teknik berikut ini:

  • Simpan buku-buku di ruangan yang memiliki AC pusat.
  • Selalu gunakan kertas bebas-asam (yang tidak memakai bahan kimia dan pemutih klorin) untuk mengemas buku. Foxing dapat mengubah pH kertas dan asam bisa menambah kerusakannya.

Menghilangkan Foxing

Untuk menghilangkan foxing ini ternyata butuh keahlian, karena ini menyangkut pelestarian buku-buku penting dan bersejarah, jadi kebanyakan dilakukan oleh ahli konservasi yang melakukan studi bertahun-tahun.

Diantara cara-cara yang biasa dilakukan para ahli untuk menghilangkan foxing adalah:

  • Menggunakan bahan seperti sodium borohydride. Bahan-bahan semacam ini cukup lembut sehingga tidak perlu dicuci lagi setelah melakukan perawatan, tapi kemungkinan foxing tidak hilang semua.
  • Merawat kertas dengan bahan pengoksidasi seperti sodium tetraborate (borax). Bahan ini lebih keras dan harus dicuci setelah melakukan perawatan.

Penggunaan bahan-bahan ini tergantung berat kertas buku sehingga bahan-bahan kimiawi ini harus dicampur dan dioleskan dengan benar. Kebanyakan penjual buku langka biasanya menganjurkan membiarkan foxing ini begitu saja agar tidak merusak lebih parah.

Penggunaan bahan pemutih harus diwaspadai karena bisa menyebabkan kertas berkerut dan tintanya meleber.

Ini ada yang lebih ribet dan panjang lagi tapi katanya sih (yang menciptakan metodenya) bisa efektif. Method to remove foxing stains from paper

Jadi intinya sampai saat ini saya belum tahu caranya menghilangkan karat atau foxing pada kertas buku. Jika ada yang pernah mencoba silahkan dishare kiat-kiatnya.

Sesumber:

Iklan

27 pemikiran pada “Foxing Pada Buku

  1. Ribet juga ya.
    Kalau saya mah paling dibukain satu2 bukunya, cuma ngebersihin biar ga berdebu aja.

    Makasih banyak bang, jadi tau soal foxing nih. πŸ˜€

  2. buku-bukuku juga ada yang terkena jamuran,,, baru tau kalo nama kerennya kena foxing hhhehe..

    biasanya buku yang terkena foxing kertas bahannya berwarna buram, yang kertas bahan berwarna putih biasanya jarang kena foxing (menurutku)

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s