Si Bunglon

Pernahkah kamu mendengar istilah Chameleon People?

Pada dasarnya orang-orang “bunglon” adalah orang yang sanggup membaur dengan lingkungannya. Secara positif bisa diartikan orang yang pandai bergaul dan menyesuaikan diri. Tapi banyak pula yang mengartikan orang yang sengaja mengikuti tren atau meniru gaya kelompok tertentu.

si bunglon

Ada orang yang sifat alaminya seperti ini, misalnya jika bersama teman-teman sekolah dia aktif dan banyak bicara, tapi mungkin saat bersama teman-teman kursus yang belum begitu akrab dia lebih pendiam.

Tapi ada juga yang sengaja mengikuti gaya tertentu untuk menjadi bagian dari suatu komunitas. Misalnya hari ini dia terlihat bergaya metal dengan make up sangar dan rambut runcing-runcing, besoknya bergaya jazz dengan rompi dan fedora, tergantung komunitas yang ingin dia masuki…

Lalu entah darimana asal-usulnya, ada pula yang menambah anggapan bahwa Chameleon People bisa melihat masa depan dan membaca pikiran orang lain. WTH LOL

Katanya, orang-orang bunglon ini bisa mudah membaur karena mereka sensitif terhadap “getaran energi” yang dipancarkan orang lain, dan mampu mengeluarkan energi yang sama. Sehingga dalam waktu singkat dia bisa meniru gaya bicara dan perilaku orang lain. Mungkin yah seperti “getaran” kalau kamu deket sama orang yang ‘spesial’, sikap kita pun jadi beda dengan kalo berdekatan dengan teman biasa.

Pada dasarnya sifat bunglon ini ada pada setiap orang, menjadi salah satu kelebihan kita manusia untuk beradaptasi. “Kecerdasan/intelejensi adalah kemampuan beradaptasi terhadap perubahan.” – Stephen Hawking

Meniru tren juga sesuatu yang natural terjadi dalam setiap masyarakat. Tapi kan nggak enak kalo dibilang bunglon karena suka berganti-ganti komunitas yang jenis hobinya nggak nyambung, sebentar komunitas X, trus karena nggak populer, berganti komunitas lain yang lebih populer walau kamu nggak bener-bener suka.

Intinya lebih bijak aja mengatur kemana kita sebaiknya mencurahkan tenaga dan perhatian. Selain slogan universal “be yourself” ada baiknya mengembangkan sifat menghargai dirimu sendiri dan bertoleransi terhadap minat dan hobi orang lain.

And finally, enjoy yourself.

9 pemikiran pada “Si Bunglon

    • iya memang mbak. kalo ujung2nya menikmati sih lumayan, tapi kalo cuma ikut2an, maksa beli aksesoris ini itu biar makin kelihatan seperti komunitas tersebut…rugi deh.

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s