Menulis Full Screen Bebas Gangguan

Menulis yang bebas gangguan (distraction-free) sangat membantu kita lebih fokus dan menyelesaikan tulisan lebih cepat, baik ketika menulis fiksi, blog ataupun esai.

Berikut ini program dan software yang memungkinkan kita menulis dalam mode yang bebas gangguan.

Notepad

Notepad adalah penyunting teks sederhana yang ada dalam setiap PC Windows. Sangat simpel dan ringan. Terkadang saya gunakan untuk membuat draft postingan sebelum diedit lagi di WordPress.

MsWord

Bagi yang menggunakan MsWord 2007 mungkin kebingungan mencari fitur full screen (yang pada versi lama lebih mudah ditemukan). Tapi tenang karena fitur tersebut tidak hilang, hanya saja disembunyikan.

  1. Untuk memunculkannya, buka MsWord, klik tanda panah di bagian paling atas kiri untuk mengkostumisasi Quick Access Toolbar.
  2. Setelah itu pilih More Commands.
  3. Setelah jendela terbuka, pilih dari menu drop down: Commands Not in the Ribbon lalu cari Toggle Full Screen > Add > OK. Maka tombol untuk membuka mode full screen akan muncul di sebelah tombol Undo.

full screen msword2007

WP Text Editor

Di WordPress juga tersedia fitur full screen. Saat membuka penyunting teks, klik ikon full screen diatasnya (di sebelah Proofread Writing).

menulis bebas gangguan wp

Tampilan full screen WP ini lebih bersih. Tekan F11 untuk membuat broswermu dalam tampilan full screen juga sehingga akan berkesan lebih lapang.

Software

Saat ini terdapat segelintir software dan penyunting teks yang dibuat untuk menulis distraction-free.

Salah satunya adalah yang saya gunakan yaitu JDarkRoom.

jdarkroom

Software yang sangat simpel dan ringan. Ketika dibuka, seluruh layar akan tertutup dengan latar hitam dan font Courier New (cmiiw) warna hijau.

Ada fitur-fitur mendasar seperti copy-paste, Ctrl-S untuk menyimpan perubahan; tidak ada pengubah font, tombol menu, klik kanan, dan lain-lain… Benar-benar seperti menulis di “ruangan gelap.”

Saya sangat suka software ini, sangat membantu lebih fokus, lebih bebas beban ketika memikirkan harus kembali pada tulisan yang belum selesai…

Selamat menulis.

14 pemikiran pada “Menulis Full Screen Bebas Gangguan

  1. Wahh,,, kalau saya nulis dengan model gituan malah bingung… saya lebih suka nulis sambil ngelakuin pkerjaan lainnya… gatau tuh, kalau tlalu fokus inspirasi malah hilang… kalau baca ya saya suka yg free distraction…😀

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s