(Masih) Krisis Air

Krisis air disini masih langgeng. Sampai-sampai tetangga belakang udah ngukur-ngukur aja mau bikin sumur bor.

Tidak ada jam tidur nyenyak bagi Mamak saya. Doi yang paling capek mulai dari jam setengah dua nampung dan mindahin air. Saya bantuin kok…dikit hehe.

EXIF JPEG

Kebetulan kami punya keran di samping depan yang sengaja dibikin rendah (hampir nyampe lantai) supaya bisa netesin air walau sedikit. Di saat kayak gini keran itu kayak sumber oase di tengah gurun.

Air ditampung dan dipindahin ke ember yang lebih besar. Bisa ngumpulin setengah ember besar air bersih untuk mandi dan wudhu aja rasanya udah suatu kemewahan.

Untuk nyiram-nyiram pipis atau c.e.b.o.k kami nampung air tanah menggunakan pompa yang biasa buat ngisi air kolam. Memang airnya sama sekali gak jernih, bahkan seringkali berbau tanah, sulfur dan bahkan bau “eek”.๐Ÿ˜•

Sekian kali melihat daerah lain krisis air bersih, dan berkepanjangan, nggak nyangka hal itu bakal terjadi di tempat saya. Bener-bener harus mensyukuri saat-saat air bersih mencukupi dan melimpah.

Apa yang akan kamu lakukan jika krisis air terjadi di tempat tinggalmu?

18 pemikiran pada “(Masih) Krisis Air

  1. Beberapa waktu lalu krisis air panas, alias mesinnya rusak, klo pakai air biasa sedingin air kulkas, apa boleh buat tetap dipakai cuci piring & cuci muka, hasilnya kulit pecah2๐Ÿ˜€.
    Oh ya klo ortuku di Jakarta sejak lama sdh bikin bak penampunggan di bawah tanah, jd pas krisis air ya kami punya persediaan.

    • walah pasti dingin banget ya mbak..๐Ÿ˜•
      bak di bawah tanah ya… airnya bersih gak? kami pakai pompa nyedot air tanah, jadinya ya gitu deh, butek dan lumayan bau.

      • Iya air bersih air pam ko. Di daerah ortu ku air jalan tuh cuma malam hingga pagi buta, klo buka kran air di kamar mandi, jangan harap bisa keluar, harus gunakan pompa listrik baru jalan, makanya berguna sekali bak penampungan๐Ÿ™‚.

  2. semoga tidak lagi krisis air ka…
    susah kalau sdg krisis air… kdg beli air galon, dan segala upaya lain…
    jika krisis : pakai air sehemat mungkin, biar nggak abis ka.. *sekarang jg mesti hemat nab๐Ÿ˜€

    • dua2nya sama2 repot kalo mati. kemaren itu juga beberapa kali mati lampu dan mati air. cuman ya gak bisa ngapa2in juga. dulu ibu2nya biasanya langsung demo ke dprd๐Ÿ˜† tapi sekarang kayaknya udah pasrah.๐Ÿ˜•

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s