Introspeksi

Internet saya sedang down (lagi). Jadi memanfaatkan post via email (semoga berhasil).

Seperti biasa tidak banyak yang terjadi dalam keseharian saya. Saya masih terapi pengobatan untuk mengobati pembengkakan kelenjar di leher saya. Doakan ya semoga lekas sembuh. Saya takut euy kalo sampe mesti dibedah.😕

Tapi saya juga ikut perihatin atas seorang teman yang saya sedang mengalami masalah dan cobaan, yang mungkin bisa mengarah ke
pengadilan. Kita doakan semoga dia tetap tegar dan kuat melewati fase ini.

Bicara soal masalah, ketika terkena cobaan, kita nggak selalu langsung bercermin dan berintrospeksi diri, kenapa masalah ini bisa menimpa diri kita, apakah kita layak mendapatkannya, apakah ini penyeimbang dari dosa kita kemarin, dan sebagainya.

Menurut saya nggak ada salahnya kita sebagai manusia untuk
berintrospeksi diri dan memohon ampunan (beristighfar) kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Tapi jangan terlalu terpaku pada apa yang tidak bisa lagi kita ubah.

Yang paling penting sekaligus paling berat adalah melewati masalah dan tetap tegar. Ibarat sedang hanyut diantara gelombang, akan ada ketakutan, kecemasan dan insekuritas serta ketidakpuasan. Tapi jika kita berhasil menguasai diri, kita akan berserah dan menyadari bahwa kita sedang berurusan langsung dengan Tuhan, dan hanya pada-Nya lah kita dapat memohon keringanan dan ampunan.

Saya hanya bisa membayangkan apa yang dilalui teman saya ini, yang orangnya sangat instrospekstif (seringkali menginspirasi saya). Dan saya berdoa demi terselesaikannya masalah yang dihadapinya dan agar Tuhan memberinya kekuatan.

24 pemikiran pada “Introspeksi

  1. well, dulu teman pernah bilang ke saya…
    ‘apapun yang terjadi di dalam hidup kita, pasti ada setidaknya 1 hal yang disebabkan oleh kita sendiri’
    teman yang lebih muda tapi berpikiran lebih dewasa dari saya. membuat saya berpikir setiap ada masalah, apa yang telah saya lakukan sehingga bencana ini datang dan menimpa saya. dan memang benar tuh. setidaknya pasti ada yang kita lakukan sebelumnya yang menyebabkan hal ini.

  2. Semoga penyembuhan untuk sakitnya bisa berjalan lancar ya ham.

    Dan, iya, muhasabah atau introspeksi diri memang satu hal yang baik untuk kita lakukan. Agar lebih bisa mawas diri ya dan tahu plus minus dari apa yang sudah kita kerjakan selama ini.

  3. Semoga kt semua yg sdg lelah dan berbeban berat, diberikan bahu yg lbh lebar dan kuat, jg mau meluangkan wkt utk introspeksi diri dgn hati yg humble and open..Be a better person each and every day.

Tulis Komentar

