Unfinished Business

DSC01062Begitulah judul asli buku ini, Ultimate Happiness karya Lee Kravitz.

Berkisah tentang perjalanan sang penulis Lee Kravitz saat ia dipecat dari pekerjaannya sebagai editor majalah. Menyadari betapa dia jarang menghabiskan waktu untuk orang lain dan terlalu sibuk bekerja, dia memulai perjalanannya mengkontak kembali keluarga dan teman-teman lamanya sebagai daftar urusan tak-tuntas.

Seperti bibinya Fern yang menderita skizofrenia, lalu seorang teman lama yang putrinya meninggal dunia dibunuh pemberontak, rekan sekamarnya semasam berasrama dulu, temannya yang telah menjadi seorang uskup di sebuah biara ortodoks, hingga janjinya pada bocah laki-laki di Kenya untuk mendonasikan buku-buku…

Kisah-kisah di buku ini menceritakan tentang usaha memperbaiki masa lalu, rasa terimakasih kepada orang-orang yang berjasa dalam hidup dan keberanian meminta maaf, serta tentang menyelesaikan urusan tak tuntas yang selama ini tanpa kita sadari telah membebani kekuatan psikologis kita.

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari tiap karakter yang ditemui Kravitz selama perjalanannya. Tentang menghargai hidup, melihat kedalam diri, dan cinta kepada sesama.

DSC01061

Berikut beberapa kutipan dari bukunya:

“Kau tak pernah tahu kapan beban yang selama ini berada di pundakmu akan pergi, menjadikanmu manusia yang lebih utuh dan penyayang.”

“Pikirkan dirimu sebagai “Engkau” dan bukan sebagai “Itu” dan kau akan punya waktu dan mengeluarkan energi untuk berbuat benar terus-menerus, menjaga agar urusan tak tuntasmu sekecil mungkin.”

“Cinta perlu diupayakan. Prosesnya bisa tidak menyenangkan dan menyita waktu. Hal itu menuntutmu menempatkan diri dalam posisi orang lain sebelum kau bertindak.”

Bacaan yang bagus untuk menginspirasi kita dalam menjalin hubungan dengan orang lain, terutama keluarga dan sahabat.

19 pemikiran pada “Unfinished Business

  1. wah gak nyangka isinya seperti itu, kupikir buku pengembangan diri/motivasi gitu, ternyata semacam biografi ya… sering liat diobralan, tapi karena covernya gak menarik, jadi dilewatin mulu😛 *berharap bisa ketemu lagi dengan buku ini*

    • iya ini termasuk bacaan pengembangan diri kok. iya juga, ini bukunya saya dapet di obralan hehe. lumayan banget buat bacaan di waktu senggang.

  2. Karya yg cetar membahana badai, terpampang nyata..#bukan remix, bukan khayalan.. melanglang buana melintasi garis khatulistiwa, melayang tinggi di cakrawala..

  3. Tum pa se aye, yun mus kurae..tumne na jane kya, sapne dikhae..Abe to mera dil, jage na sota hai, kya karun hae, kuch kuch hota hai..kya karun hae, kuch kuch hota hai…

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s