Berdansa Dengan Google

google danceDua hari belakangan ini praktis stat blog saya turun drastis. Memang sih kita ngeblog bukan semata-mata untuk nyari trafik. Yang lebih penting adalah bagaimana konten yang kita buat bisa bermanfaat buat orang lain. Tapi saya cukup kaget karena baru pertama kedua kali mengalami penurunan seperti ini, dan kali ini lebih drastis.

Setelah baca-baca saya jadi curiga jangan-jangan blog ini kena efek yang namanya Google Dance, dimana googlebot mengabaikan blog karena banyaknya duplikat konten😕 sehingga akhirnya blog saya nggak ke-indeks di mesin pencari. Tapi katanya, mudah-mudahan, hal ini berlangsung selama beberapa hari saja.

Sekedar informasi aja, satu-satunya konten copas di blog ini adalah halaman Tentang Bipolar, itupun saya cantumkan link sumber. Tapi efek ini sepertinya makin diperparah karena saya baru aja nebar-nebar link hidup di blog-blog untuk menginformasikan sebuah award. Ugh, harusnya saya nggak pasang link hidup… Karena itu bisa dianggap sebagai kegiatan SEO yang mencurigakan atau tidak wajar oleh Google. Bahkan bisa dipenalti.😦

Berikut beberapa faktor terjadinya Google Dance menurut situs ini:

  • Mengkonversi teks dalam gambar menjadi HTML
  • Meningkatnya interaksi sosial
  • Meningkatnya backlink
  • Membuat website menjadi lebih responsif
  • Membuat website menjadi lebih cepat (mimifikasi CSS dan Java, loading lama, mengganti server yang lebih cepat, dll)
  • Mengganti IP address situs
  • Kompetitor dipenalti karena praktek SEO black hat

Jangan suruh saya jelasin satu-satu karena saya juga nggak begitu ngeh.😛

Kalau kamu juga terkena Google Dance tapi merasa nggak melakukan kesalahan apa-apa, maka bisa tenang karena hal ini biasanya akan terjadi untuk  sementara saja.

Tapi saya nggak tahu apa yang akan terjadi sama blog ini karena saya udah nebar-nebar link sebelumnya. Saya takut juga kalau dipenalti, atau jangan-jangan udah dipenalti (karena setelah mencoba beberapa keyword yang biasa masuk blog saya nggak nongol😦 ), dan harus mengulang blog dari awal. Kan repot juga.

Tipsnya tetaplah bikin konten yang orisinil, unik, nggak copas, dan jangan terlalu banyak menebar link/spamming.

Adakah yang mengalami hal sama?

39 pemikiran pada “Berdansa Dengan Google

  1. Hari ini biasa aja ko trafikku, low biasa di sabtu & minggu, mungkin karena sebagian besar pengguna internet aktif dari kantor🙂 . Di wp memang tidak boleh bermain dg SEO sih, jadi ya pasrah aja😀 .

  2. Sejauh ini memang trafik sedikit berkurang ham, tapi itu karena sedikit jarang nulis lagi beberapa waktu lalu.

    Google dance ya, gak paham juga.😐

  3. Namanya hidup pasti ada hambatan Ham, mrk bs memblok media, tp mrk ga bs memblok ide n pemikiranmu, ibaratnya Bill Gates kl hr ini semua asetnya (rumah, kendaraan, uang, dll) dibakar, bsk dia akan bisa kaya lagi, why?It’s all about creative ideas n brilliant stuffs from his brain. SO, keep writing !

  4. Terimakasih infonya. Aku tidak pernha co past, dan selalu mencantumkan link tertentu buat “usaha”. Apa itu berpengaruh ?

    Eh… tapi kan aku menulis bukan untuk dilihat orang atau untuk mas google. Aku menulis buat diri sendiri…

  5. trafikku juga menurun..tapi udah beberapa bulan terakhir.. Aku ngga tahu penyebabnya Il.. rasanya aku sih tak pernah masang SEO apa-apa..wong nggak ngerti juga he he.. tapi ya biarin aja deh.. emang mungkin karena nulisanya ngga teratur juga kali, Il..

    • coba tunggu aja mas Maskur, siapatahu berubah dalam waktu dekat. sementara itu tetap update postingan seperti biasa. saya juga hits baru naik lagi akhir bulan februari kemarin.

Tulis Komentar

