Fun With The Cards

monopoly deal card game hasbroAda dua jenis kartu permainan yang belakangan ini saya mendapat kesempatan mempelajarinya (lagi) dan menemukan kesenangan baru dari keduanya.

Yang pertama ada permainan kartu Monopoly Deal keluaran Hasbro punyanya temen saya nih pas reunian kemaren. Prinsipnya agak berbeda tapi sama dengan monopoly yang menggunakan papan.

Kita mendapat giliran mengambil kartu, mendapatkan uang dan kesempatan berinvestasi, mengambil properti orang lain, dan menang jika set properti yang kita punya mencapai jumlah tertentu.

Contoh gambar di sebelah yang menunjukkan tiga set kartu properti. (Sumber gambar: hasbro.com)

Permainan kartu ini sangat seru terutama kalau kamu suka permainan-permainan strategi yang menantang. Kita dituntut pintar-pintar mengelola apa yang kita miliki sambil berusaha merangkai set properti.

Walaupun jujur aja saya nggak ‘jodoh’ sama permainan-permainan strategi yang membutuhkan kinerja logika kayak gini. =.=’ Dari beberapa kali putaran malam itu, saya menang satu kali, itu juga karena dibantuin temen kosnya temen saya wakaka.

Saya cukup puas ngeliat dua temen yang lain mainnya pada bersemangat dan bernapsu wakaka.

8 of wandsSetelah diperkenalkan si temen dengan monopoly versi kartu ini, giliran saya nunjukin to my buddy my Tarot cards. Saya pernah cerita sedikit soal Tarot yang bisa dibaca disini.

Untuk urusan Tarot, tanpa merendah atau apapun, jujur saya masih jauh dari mahir. Saya belum terlalu lancar membaca kartu yang tegak, dan sama sekali belum lancar kalo ngebaca reversed cards atau kartu yang posisinya terbalik.

Pas ngebacain temen pun saya sampe harus ngeliat contekan lagi di bukletnya haha. Paling nggak kita bisa ketawa-ketawa dan have fun dengan kartu-kartu yang konon sudah ada sejak zaman Mesir kuno ini.

Kita ngebaca soal masa lalu, masa depan, masalah mantan sampai upcoming love intereset (eaak eaak). Dan untunglah saya punya semua contekannya di laptop jadi kita sama-sama nyontek buat ngebacain kartu-karut temen saya ha ha.

Sedikit berlawanan dengan kartu monopoly yang tadi, saya bisa lebih ngeh sama kartu Tarot karena, apparently, saya selalu suka mencoba menerjemahkan simbol-simbol dan bahasa yang asing. Apalagi pakem-pakemnya di-sistem sama orang-orang jaman bahela yang intuisi dan kreativitasnya masih berkibar jaya tanpa pengalihan oleh Internet dan teknologi modern.

Ada banyak cerita kehidupan yang bisa kita tangkap dari kartu-kartu Tarot, mulai dari yang sederhana dan sehari-hari sampai yang mencakup kehidupan secara luas dan mendalam.

Seperti The Death yang, walaupun berkonotasi serem, bisa menceritakan tentang prosesmu move on dari mantan (ciee) atau tempat tinggal dan pekerjaan lama. The Lovers bisa menceritakan ketika kamu baru ngeliat sepatu atau baju keren yang bikin mupeng di etalase mall. Atau The Magician yang bisa menceritakan bahwa pasangan potensial kamu adalah seorang dokter atau guru.

Eits ini bukan mengiming-imingi lho. Walau saya akui saya senang mempromosikannya ha ha. Saya hanya mau (sekali lagi) sedikit menawarkan gagasan bahwa Tarot itu bukan mistis. Kita bisa dapat banyak sekali wawasan dan inspirasi dari menggunakan Tarot sebagai alat proyeksi bawah sadar dengan pendekatan yang lebih psikologis. Karya-karya yang sudah diciptakan untuk membuat dek-dek Tarot hingga hari ini juga menjadi penawaran lain bahwa Tarot juga layak dikoleksi sebagai benda bernilai seni.

Adakah permainan kartu favoritmu? Bagaimana dan seberapa sering kamu memainkannya?

Iklan

10 pemikiran pada “Fun With The Cards

  1. aku udah buka toko tarotnya, Ilham. terus gambar-gambarnya stunning gitu dan jadi… pengen beli. ada rekomendasi gak sih kalau buat beli tarot itu yang mana? hehe *langsung nanya ke orang yang suka aja*

    • iya biasanya sih dianjurin pilih yang gambarnya paling kita suka. biar lebih mudah nanti mempelajari dan ‘connect’ sama kartunya hehe. kalo mau, beli satu tarot rider-waite buat belajar dasar2nya kayak saya. trus beli juga dek lain yang gambarnya disuka. shadowscape itu juga cukup populer, warna2nya dari cat air yang lembut cocok buat cewek ataupun cowok.

  2. Saya suka kartu remi, ha ha ha
    Main tanpa uang tentunya, dengan berbagai macam permainan, yang kalah pakai HELM atau dibedakin atau dicoretin atau yang skor jg bisa, yang kalah traktir bakso deh….kan fun juga 😀

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s