Tips Mengatasi Efek Samping Antipsikotik

Salah satu kata kunci yang masuk ke blog saya adalah mengenai “efek samping Luften”.

Luften (Clozapine) adalah golongan atypical antipsychotic yang sebelumnya umum digunakan dalam perawatan Skizofrenia. Namun kemudian setelah penelitian lebih lanjut digunakan pula dalam perawatan Bipolar karena memiliki efek menstabilkan mood. – Pyschcentral

Selain Luften antipsikotik lain yang banyak dijumpai adalah Seroquel (quetiapine), Abilify (aripiprazole), Risperdal (risperidone) dan Zyprexa (olanzapine).

anxious-irritableBeberapa efek samping antipsikotik ini antara lain lemes, ngantuk, sluggish/lembam (melempem), kecemasan (anxiety), ketegangan hingga mudah marah atau kesal.

Ketika efek-efek samping ini menguasai memang sangat nggak menyenangkan terutama ketika kita harus berada dalam situasi sosial. Seusai beraktivitas kita bisa jadi merasa tegang hingga mudah kesal.

Salah satu jalan yang terpikir oleh saya itu seringkali “Udah deh abis ini pause dulu minum obatnya” tapi hari berikutnya tetep aja diminum lagi supaya bisa tidur malem.

Sebenernya kita bisa mencoba mengatasi emosi dan mood yang kacau yang disebabkan efek samping antipsikotik ini. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Jalan-jalan cari udara segar. Cari tempat yang tenang dimana kamu bisa berpikir sesuka hati dan mengekspresikan perasaan tanpa takut terganggu atau mengganggu orang lain. Saya biasanya keliling-keliling naik motor di jalan-jalan yang cenderung sepi seperti jalan-jalan utama dekat perumahan elit hingga pelosok-pelosok gang (me-nyasarkan diri he he). Jangan lupa sediakan bensin yang cukup.
  2. Talk to someone. Ajak temen ngobrol atau chatting. Dengarkan cerita sehari-hari dari dia. Mendengarkan teman yang memiliki lebih banyak energi darimu bisa menularkan sedikit optimisme dan energi positif.
  3. Silahkan menangis atau berteriak jika memang terasa perlu dilakukan. Cari tempat yang sepi, atau menangislah di pelukan pacar atau sahabat yang kamu percayai. Setelah itu jangan lupa ungkapkan bahwa kamu sudah merasa lebih baik dan percaya serta aman bersamanya.
  4. molor dengan gantengRilekskan diri dengan istirahat dan tidur. Minum air mineral yang banyak. Setelah keringetan ngadem deh tuh pake AC atau kipas, trus usahakan tidur atau setidaknya berbaring santai. Dengarkan musik favorit atau yang menenangkan. Pikirkan bahwa kamu sedang berusaha menguasai perasaan yang nggak enak ini, karena kamu tahu ini bisa dihilangkan dan dikendalikan. Tidurlah dan mudah-mudahan setelah bangun pikiran dan perasaanmu akan lebih baik.
  5. Hindari konsumsi kafein seperti kopi yang bisa memicu kecemasan dan ketegangan. Salah satu efek samping lain dari obat-obatan antipsikotik adalah berat badan naik. Maka sebisa mungkin jaga pola makan. Jangan terlalu banyak makan apalagi yang cepat meningkatkan kadar gula darah karena bisa bikin kita berasa lamban dan berat.
  6. Belajar sesuatu setiap hari. Asah otak dengan pengetahuan-pengetahuan baru yang menarik minat kamu. Tapi jangan biarkan otak terlalu lelah juga supaya nggak memicu ketegangan. Seimbangkan dengan sajian yang ringan, menghibur dan merilekskan seperti menonton film atau melihat gambar-gambar yang lucu dan menyenangkan.

Demikian beberapa tips dari saya pribadi. (Maaf kalau kurang bersesuaian dengan anjuran terapis he.) Semoga sedikit-banyaknya bermanfaat.

Iklan

Satu pemikiran pada “Tips Mengatasi Efek Samping Antipsikotik

  1. Halooo..cerita nya sama bgt kaya aku.oiya apa skrg msh konsumsi luften?ak nyaman bgt tdr dgn luften.tp ada beberapa hari pas bangunnya kurang segaran gitu 😦

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s