Menulis, Obat Depresi Yang Mujarab

story on textKetika chit-chat soal topik yang random dan emosional-related dengan seorang kawan, dia berucap bahwa dia berharap bisa melarikan diri dari kehidupan yang nggak sempurna ini. Saya spontan merespon mengatakan betapa saya beruntung bahwa saya suka menulis.

Ya, saya benar-benar meyakini itu sekarang. Terutama mungkin setelah saya sempat puasa online selama sebulanan lebih dan menghabiskan waktu dengan menulis. Meski hanya tulisan hasil dari ide-ide random yang berseliweran saat pikiran nganggur karena nggak bisa online dan mati lampu.

Tapi selama itu saya merasakan peningkatan dalam mood dan perkembangan emosional (serius ha ha). Saya belajar merasakan berbagai emosi dan menerimanya sebagai sesuatu yang manusiawi, bukan kelemahan (orang yang depresif sering punya keyakinan-keyakinan negatif dan keliru tentang standar bersikap yang ‘sempurna’). Saya belajar bahwa manusia butuh proses untuk menjadi kuat untuk orang lain dan dirinya sendiri, bahwa kita saling membutuhkan dan membantu satu sama lain untuk mencapai berbagai tujuan. Bahwa setiap orang punya misi kecil terhadap orang lain, baik itu dilakukan secara sadar maupun tidak.

Intinya, kamu bisa melawan depresi dengan 1. bicara pada seseorang dan 2. menulis hal-hal yang positif. Bicarakan perasaanmu pada teman. Tapi jangan kebanyakan curhat dong, hehe. Bicarakan juga hal-hal lain yang berkaitan dengan kehidupan kalian masing-masing, entah itu pekerjaan, sekolah, pacar, dan sebagainya. Semakin lama kamu akan mulai menganggap depresimu hal yang biasa dan sederhana.

Yang kedua adalah menulis. Nggak perlu khawatir soal ‘nggak pinter nulis’ karena disini kita bukan menulis untuk jadi bagus. Coba saja menggambarkan suasana dan situasi yang menyenangkan dan memuaskan hati. Ciptakan karakter-karakter yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan-tujuan sederhana seperti berteman, bermain, berlatih untuk kejuaraan olahraga, atau bahkan merayu gebetan dengan cara-cara kreatif he he.

Depresi hanyalah reaksi kimiawi di otak. Kamu selalu bisa menguasai dan mengubahnya menjadi kebahagiaan sederhana. Selamat menulis.

3 pemikiran pada “Menulis, Obat Depresi Yang Mujarab

  1. Ping balik: Prompting Your Way Out of Galau Episode | The Moon Head

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s