Bahasa Jawa Yang Mbledos!

Mamak saya nampaknya bangga dengan bahasa Jawa warisan leluhur.

Saya lagi nyeduh kopi pas Mamak saya melipir ke dapur mengecek masakan. Dengan isengnya minyak mendidih di wajan meletup dan Mamak saya spontan berkomentar, “Didatengi kok mbledos!” Lantas Mamak nanya ke saya, “Bahasa apa itu, tong, mbledos?”

Saya cuma ketawa geli dan jawab, “Entah…”

“Bahasa Jawa itu kan keren, tong. Mbledos, wani piro…”

Jos gandos…,” saya menambahi menggunakan referensi dari artis Soimah.

“Lebih keren dari bahasa Inggris. Yes, suwes, swes…

Saya cuma ketawa garing mendengar komentar si Mamak. Tapi dalam hati sebenarnya saya setuju juga kalo bahasa Jawa, khususnya ‘jawa halus’ itu memang keren.

Meski satu-satunya bahasa jawa kuno yang saya tahu ya di kidung durmo dari film Kuntilanak itu.๐Ÿ˜† Jinsetan kang tak utusi…dadyo sebarang… Ojo lelalyu…sebet… Terjemahannya aja saya juga nggak yakin. Tapi menurut saya bahasa jawa, apalagi yang lama dan kuno begitu memang keren. Apalagi aksara(tulisan)nya.

gambar: Wikipedia

Apa bahasa favorit yang menurutmu keren dan patut dipelajari semua orang?

19 pemikiran pada “Bahasa Jawa Yang Mbledos!

  1. Saya USA (Urang SUnda Asli) hehe… Menurut saya semua bahasa daerah keren & perlu dilestarikan, ini mejadi salah satu budaya, salah satu kekayaan Indonesia. Bahasa Jawa memang memiliki kehasan tersendiri.
    Salam.

  2. Hampir rata2 bahasa daerah di indonesia mempunyai tingkatan seperti bahasa jawa. Nah lo, belajar satu bahasa daerah lain aja belum beres, indonesia punya bahasa daerah yang begitu banyak๐Ÿ˜€

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s